Macam-macam Passing Bola Basket Lengkap dengan Gambar

Macam-macam Passing Bola Basket - Bola basket atau jika dalam bahasa inggris disebut basketball adalah olahraga bola yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggota lima orang pemain.

Hand off Pass

Kedua tim akan bertanding di lapangan dengan luas yang telah ditentukan. Setiap tim akan berusaha memasukkan bola kedalam keranjang atau ring lawannya untuk mencetak angka.

Kebanyakan olahraga bola basket dilakukan di lapangan tertutup. Namun tidak jarang juga kita dapati lapangan basket dengan model terbuka atau outdoor.

Dalam olahraga bola basket setiap pemain memiliki perannya masing-masing. Seperti Forward yang tugasnya mencetak poin, Defense yang tugasnya menjaga pertahanan, dan Palaymaker yang tugasnya adalah mengatur strategi dalam timnya.

Setiap pemain juga harus menguasai teknik-teknik dasar basket, seperti teknik Passing. Passing sendiri adalah teknik yang dilakukan untuk memberikan umpan kepada rekan satu tim. Berikut 7 jenis passing bola basket yang perlu Anda kuasai. 

1. Passing Dada (Chest Pass)

Jenis Passing Chest Pass

Jenis passing dalam bola basket yang pertama adalah chest pass atau operan dada. Cara melakukan teknik ini cukup mudah, yaitu dengan mengangkat bola setinggi dada menggunakan kedua tangan. 

Kemudian posisikan kedua telapak tangan yang memegang bola ke arah depan, pastikan posisi tangan Anda sejajar. Jika sudah dorong bola dengan kekuatan secukupnya ke arah rekan yang ingin Anda beri umpan.

Kelemahan passing dada adalah mudah diprediksi lawan, sehingga besar kemungkinan passing Anda akan di ganggu lawan. Oleh karena itu, para pemain sering melakukan passing dada dengan cepat.

2. Passing Pantul (Bounce Pass)

Jenis Passing Bounce Pass

Seperti namanya, pasing ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai. Untuk memantulkan bola tidak boleh asal-asalan, pemain harus memantulkan bola kira-kira pada titik 2/3 dari jarak si penerima, tujuannya adalah agar bola mengarah tepat ke pinggul penerima.

Gerakan awal bounch pass kurang lebih sama dengan chest pass yaitu mengangkat bola setinggi dada sebelum dipantulkan. Teknik ini sering dipakai ketika pemain tidak memiliki celah passing, atau ketika rekan melakukan backdoor cut.

3. Passing Atas (Overhead Pass)

Jenis Passing Overhead Pass

Jenis passing bola basket selanjutnya adalah overhead pass atau passing atas. Jenis passing ini dilakukan dengan cara mengangkat bola ke atas kepala menggunakan kedua tangan, kemudian melemparkannya kepada rekan yang tidak di jaga.

Teknik operan ini baik digunakan untuk menghindari musuh yang ingin merebut bola di hadapan kita. Overhead pass sangat menguntungkan ketika pengoper dan penerima mempunyai postur badan yang lebih tinggi dari lawan.

4. Passing Baseball (baseball Pass)

Basket Baseball Pass

Baseball pass adalah teknik operan jarak jauh. Operan ini sering digunakan untuk serangan balik cepat, saat para pemain lawan belum bersiap di daerah pertahanannya kita akan melakukan lemparan jauh layaknya teknik melempar baseball.

Untuk melakukan teknik baseball pass kita hanya perlu memakai satu tangan saja, namun kelemahannya adalah arah bola tidak cukup akurat. Oleh karena itu diperlukan latihan secara rutin agar terbiasa melakukan operan ini dengan akurat.

5. Passing Belakang (Back Pass)

Teknik passing back pass

Jenis passing bola basket yang satu ini cukup unik, dimana pemain akan mengoper bola kepada rekan timnya dari belakang punggungnya sendiri. Pada umumnya back pass dilakukan memakai satu tangan dengan gerakan yang cepat yang tujuannya adalah untuk mengelabuhi pemain lawan.

Untuk melakukan teknik back pass kita perlu jarak yang dekat dengan rekan kita. Selain itu komunikasi dan kekompakan antara si pemberi passing dan penerima adalah kunci utama dari keberhasilan teknik ini.

6. Underhand Pass

UnderHand Pass

Underhand pass adalah teknik passing bola basket dengan cara melemparkan bola dari bawah. Untuk melakukan teknik ini pemain harus memposisikan tangannya kebelakang dengan sedikit menekuk, kemudian mendorongan bola kedepan.

Teknik ini sangat bagus jika dikombinasikan dengan shot tipuan, tujuannya agar musuh melakukan gerakan blocking dan pertahanan bawah pun terbuka. Saat inilah waktu yang tepat melakukan underhand pass.

7. Hand off Pass

Hand off Pass

Jika jenis-jenis passing bola basket sebelumnya diharuskan melakukan lemparan, maka passing yang satu ini justru tidak usah melempar bola. Teknik hand off pass dilakukan dengan cara memberikan bola secara langsung dari tangan ke tangan rekan kita. 

Demikian pembahasan mengenai macam-macam teknik passing bola basket. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam belajar permainan basket. Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul "Macam-macam Passing Bola Basket Lengkap dengan Gambar" dan baca juga artikel lain seputar olahraga di sini.

0 Response to "Macam-macam Passing Bola Basket Lengkap dengan Gambar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel