Ukuran Lapangan Tenis dengan Gambar dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Tenis - Tenis lapangan adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua orang yang saling berlawanan di lapangan yang dibatasi dengan net. Layaknya seperti bulu tangkis, olahraga tenis juga bisa dimainkan dengan cara berpasangan atau ganda.

lapangan tenis lapangan

Untuk bermain tenis pemain membutuhkan bola karet dan raket untuk memukul bola. Cara memukul bola dalam permainan tenis cukup unik, dimana bola harus dipukul kearah permukaan daerah sendiri, sehingga bola tersebut memantul ke atas dan mengarah ke daerah lawan.

Di negara-negara bagian Eropa, olahraga tenis cukup populer dan perkembangannya cukup pesat, terutama di Amerika. Karena permainan tenis sudah menjadi bagian olahraga yang mendunia dan masuk dalam olahraga Olimpiade, maka dibuatlah standar Internasional dalam bermain tenis.

Salah satu standar yang perlu penggemar tenis ketahui adalah ukuran lapangan tenis dan tinggi jaring atau net. Selain itu ukuran raket atau bet dan ukuran bola juga harus di pahami, karena semua ini adalah pengetahuan dasar dalam olahraga tenis.

Pertama-tama mari kita bahas lebih dulu berapa ukuran lapangan tenis? Berapa ukuran lapangan tenis standar internasional? Berikut kita akan ulas ukuran lapangan tenis lengkap dengan gambar dan penjelasannya. 

Ukuran Lapangan Tenis Nasional Internasional

Ukuran lapangan tenis

Jika diperhatikan secara seksama, lapangan tenis memiliki kemiripan dengan lapangan badminton atau bulu tangkis. Keduanya mempunyai bentuk persegi panjang dengan dua garis batas di pinggir dan pada bagian tengah terdapat net yang memisahkan daerah pemain, namun lapangan tenis memiliki ukuran yang lebih besar.

Lapangan tenis nasional dan internasional mempunyai ukuran yang sama. Pada pertandingan tenis tunggal pemain akan memakai batas garis pinggir bagian dalam, dan pada pertandingan tenis ganda akan memakai garis pinggir bagian luar.  

Berikut ini adalah detail ukuran lapangan tenis menurut standar yang berlaku di semua negara: 
  • Panjang lapangan tenis : 23,77 meter
  • Lebar lapangan tenis pertandingan tunggal : 8,23 meter 
  • Lebar lapangan tenis pertandingan ganda : 10,97 meter
  • Jarak antara garis servis dengan net : 6,40 meter 
  • Jarak garis luar dengan garis dalam bagian samping : 1,37 meter

Ukuran dan Tinggi Net Lapangan Tenis

Ukuran net tenis lapangan

Net atau jaring pada lapangan tenis memiliki ketinggian yang cukup rendah. Fungsi net di permainan tenis sama saja dengan di permainan bulu tangkis dan voli. Berikut detail ukuran standar net pada permainan tenis.
  • Tinggi tiang : 1,07 meter
  • Tinggi net bagian samping : 1,07 meter
  • Tinggi net bagian tengah : 0,914 meter
  • Diameter kawat pengikat : 0,8 cm
  • Lebar kawat pengikat : 5 cm
  • Tebal pita net pinggir : 5 - 6 cm
  • Jarak tiang net dengan garis : 0,914 meter  

Pada umumnya jaring-jaring net harus berwarna gelap atau hitam, dan pada bagian bibir net atas berwarna terang atau putih.

Jenis-jenis Lapangan Tenis

Jenis lapangan tenis

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis lapangan tenis yang dibedakan berdasarkan bahan permukaannya? Jika belum patut anda ketahui beberapa jenis lapangan tenis berikut ini dengan kelebihannya masing-masing.

1. Lapangan Semen
Yang pertama adalah lapangan tenis yang permukaannya terbuat dari semen atau biasa disebut hard court. Jenis lapangan ini paling banyak dijumpai dimana-mana karena pembuatannya cukup terjangkau.

Lapangan ini akan membuat bola memiliki karakter pantulan cepat dan sedang. Bila permukaannya menggunakan bahan semen maka karakter pantulan menjadi cepat, dan jika menggunakan batu kecil dan pasir yang di aspal, karakter pantulan akan menjadi sedang. 

2. Lapangan Tanah Liat
Selanjutnya ada lapangan tenis yang pembuatannya menggunakan tanah liat. Tanah liat yang dipakai biasanya berasal dari batu bata yang dihancurkan kemudian dipadatkan hingga keras.

Karakter bola yang dihasilkan dari lapangan tanah liat adalah lambat, sehingga seringkali dipakai untuk memainkan bola lama dengan rally yang panjang.

3. Lapangan Indor
Seperti namanya lapangan ini sangat disarankan untuk dibangun di dalam ruangan, karena permukaan lapangan biasanya dilapisi menggunakan karpet atau rumput sintetis

4. Lapangan Rumput
Yang terakhir adalah lapangan tenis yang permukaannya dilapisi rumput. Rumput akan ditumbuhkan di atas tanah yang telah dipadatkan sebelumnya untuk menjaga pantulan bola tetap cepat. Lapangan jenis ini memiliki harga yang mahal dalam pembangunan dan perawatannya.

Karakter pantulan bola di lapangan rumput akan cepat, dan di lapangan ini pemain akan merasakan pengalaman bermain tenis yang berbeda.

Itulah beberapa jenis lapangan tenis yang berbeda berdasarkan bahan pembuatan permukaan. Di Indonesia sendiri kebanyakan lpangan tenis terbuat dari bahan semen.

Ukuran Bola Tenis Lapangan

ukuran bola tenis

Olahraga tenis merupakan olahraga yang sudah mendunia. Mulai dari lebar lapangan, ketinggian net sampai ukuran dan bahan bola tenis sudah ada aturannya sendiri, dan semua itu harus dipenuhi agar memenuhi standar.

Bola tenis harus dibuat dengan bahan karet yang lentur, pada bagian permukaan dilapisi dengan benang lembut namun kuat meskipun dipukul dan dipantulkan berulang-ulang kali.

Diameter bola tenis adalah 65,41 mm sampai 65,58. Dalam satuan inchi ukuran bola tenis sekitar 2,5 sampai 2,7 inchi. Sedangkan berat bola harus 56 gram sampai 54,9 gram agar memiliki pantulan yang cukup.

Ukuran Bet/Raket Tenis Lapangan

ukuran raket tenis lapangan

Setelah mengetahui ukuran bola tenis lapangan, maka anda harus mengetahui ukuran bet atau raket pemukul bola tenis yang memenuhi standar permainan.

Ukuran grip atau pegangan raket untuk orang dewasa adalah 10 sampai 12 cm. Sedangkan panjang raket atau bet adalah sekitar 69 cm atau setara dengan 27 inchi.

Untuk ukuran kepala raket pada umumnya sekitar 684-761 cm2 dengan panjang 27 inchi atau setara 69 cm. Dalam memilih raket pastikan bagian kepala lebih berat dan untuk pemula pilihlah kepala raket yang memiliki ukuran lebih besar.

Sedangkan untuk ukuran senar atau string raket tenis harus memiliki anyaman yang rapat (close string) dengan ukuran sekitar 18x20. Sedangkan untuk anyaman terbuka (open string)harus berukuran 16x18.

Teknik Memukul Bola Tenis Lapangan

teknik tenis lapangan

Dalam permainan tenis lapangan, terdapat beberapa jenis pukulan yang dibagi menjadi 7. Kamu harus mengetahui semua teknik tersebut, jika kamu ingin memulai belajar dunia tenis lapangan dan cara memainkannya dengan benar.

1. Pukulan Lob
Teknik pukulan ini juga sering disebut dengan teknik pukulan melambung, di mana pukulan dilakukan sedikit pelan tapi bola akan melambung melewati lawan dan akhirnya jatuh di bagian garis belakang. Pukulan ini sering dipakai untuk membuat lawan terlambat untuk mendekati net.

2. Pukulan Voli
Jenis pukulan ini juga merupakan salah satu teknik dasar bermain tenis yang perlu kamu pelajari, di mana sebelum bola jatuh ke lapangan kamu bisa melakukan pukulan ini. Pada dasarnya, pukulan voli ini dianggap menguntungkan bagi pemain apabila dilaksanakan di posisi yang dekat dengan net. Pada pukulan voli dan juga lob, kamu bisa memakai backhand atau forehand.

3. Pukulan Overhead Smash
Banyak dari pemain tenis yang menggunakan pukulan ini, di mana tujuan utamanya adalah untuk mematahkan bola lambung yang berada di dekat net. Jika dibandingkan antara pegangan dan pelaksanaannya, maka memang dapat dikatakan mirip ketika melakukan servis, tapi kamu tak perlu mengayunkan raket ke bawah lebih dulu dan bawa ke belakang kepala raket secara langsung.

4. Pukulan Chop
Teknik pukulan Chop ini perlu dilakukan oleh pemain dari atas ke bawah sehingga memang bola kemudian bisa berputar ke belakang. Akibatnya, bola berjalan lebih lambat dan melambungnya pun tak tinggi sesudah terpantul lantai. Pukulan ini dapat memberikan manfaat yang tak terduga jika dilakukan secara benar.

5. Pukulan Backhand
Dalam melakukan pukulan backhand ini, anda perlu melakukan pegangan forehand eastern dan setelah itu lanjutkan dengan memutarnya ¼ lingkaran ke kiri. Raket harus dipegang kuat-kuat supaya pukulan dapat terkendali dengan baik. anda bisa mengubah posisi raket ketika raket dibawa ke sisi kiri tubuh.

6. Pukulan Forehand
Pada teknik pukulan forehand dan bakchand, selalu pastikan bahwa kamu memutar tubuh ke arah pinggul ketika bola telah dipukul oleh lawan. Posisi bahu kiri arahkan ke net dan arahkan raket ke samping. 

Ketika bola yang dipukul lawan telah melewati net dan sebentar jatuh ke lapangan sisimu, segera kaki kiri langkahkan ke depan dan mulailah turunkan raket hingga tingginya sepinggang dan akhirnya menuju ke lapangan. 

Sesudah bola memantul, tumpukan berat badan ke kaki kiri dan bola bisa dipukul tepat di depan pinggul kiri. Lanjutkan pukulan dengan gerakan lengan lurus ke arah net walau pukulan bola bermaksud pelan.

7. Pukulan Drop Shot
Pada pukulan satu ini, kamu bisa melakukannya dengan backhand maupun forehand. Untuk forehand drop shot, awali dengan berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan letakkan tangan kanan pada sisi kanan tubuh, barulah bola bisa dipukul dari atas ke bawah. 

Sementara untuk backhand drop shot, bisa diawali dengan mengambil posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Tumpukan berat badan di bagian kaki kiri dan letakkan tangan kanan di sisi kiri tubuh. Ketika memukul bola, pastikan tangan pemegang raket gerakkan dari kiri ke arah depan bawah.

Sejarah Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan olahraga yang dipopulerkan oleh negara Inggris, sejak tahun 1988 tenis lapangan sudah menjadi olahraga Olimpiade di Seoul. Sampai saat ini tenis masih menjadi olahraga yang populer terutama di Amerika.

Banyak orang yang bilang olahraga ini sudah ada sejak zaman Yunani kuno, dan ada yang bilang sudah dimainkan sejak zaman Mesir kuno.

Namun nyatanya di negara Prancis pada abad ke 12 masehi terdapat olahraga menyerupai tenis namun cara mainnya tidak memakai raket melainkan memakai tangan kosong.

Sampai puncaknya pada abad 19 masehi permainan tenis lapangan mulai dikenal banyak orang, dan mulai populer di dunia hingga mengalami kemajuan pesat dan mendapat perubahan dimana sekarang cara memukul bola tidak memakai tangan kosong lagi, namun memakai bet atau raket.

Demikian pembahasan tentang ukuran lapangan tenis sesuai standar nasional dan internasional. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa terus berlatih agar kamu kelak menjadi atlet tenis yang hebat.

Baca Juga:

0 Response to "Ukuran Lapangan Tenis dengan Gambar dan Keterangannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel