Ukuran dan Gambar Lapangan Bulu Tangkis Nasional Internasional

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis - Badminton atau yang biasa di sebut bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang banyak dimainkan oleh masyarakat. Bagaimana tidak, pasalnya untuk bisa bermain bulu tangkis tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Cukup bermodal sebuah raket dan satu shuttlecock saja kita sudah bisa bermain bulu tangkis.


Namun sebelum memulai olahraga ini alangkah baiknya kalau kamu mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran lapangan bulu tangkis yang tepat. Karena untuk permainan bulu tangkis tunggal dan ganda akan menggunakan luas lapangan yang berbeda.

Mengetahui luas dan panjang lapangan bulu tangkis juga berguna ketika kamu ingin membuat lapangan pribadi di halaman rumah. Berikut ini adalah gambar dan contoh ukuran lapangan bulu tangkis berdasarkan standar nasional dan internasional.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Nasional dan Internasional

Ukuran lapangan bulu tangkis

Lapangan yang dipakai untuk bermain bulu tangkis tingkat nasional dan internasional pada dasarnya sama saja. Yang membedakannya adalah setiap kategori tunggal dan ganda akan menggunakan garis lapangan yang berbeda sehingga luas lapangan menjadi berbeda pada setiap kategori.

Untuk lebih detail dan jelas tentang ukuran lapangan bulu tangkis silahkan lihat pada gambar dibawah. Berikut ukuran lapangan badminton/bulu tangkis dengan ukuran dan gambar. 

Ukuran lapangan bulu tangkis tunggal

Ukuran lapangan bulu tangkis tunggal

Pada umumnya dalam cabang olahraga bulu tangkis terdapat dua kategori permainan, yaitu kategori tunggal dan ganda. Kedua kategori ini sebenarnya bisa menggunakan lapangan yang sama namun dengan garis yang berbeda. 

Lapangan yang digunakan untuk kategori tunggal akan menggunakan garis lebar bagian dalam dengan garis panjang bagian luar lapangan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar diatas dan lebih detail ukurannya seperti berikut:
  • Panjang bidang lapangan permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang lapangan permainan : 5,18 m
  • Panjang bidang servis : 4,72 m.
  • Lebar bidang penerima servis : 2,59 m.

Ukuran lapangan bulu tangkis ganda/campuran

Ukuran lapangan bulu tangkis ganda

Dalam permainan bulu tangkis kategori ganda atau campuran akan ada dua pasang atlet yang bertanding. Karena itulah lapangan yang digunakan akan lebih besar atau luas dibanding lapangan yang dipakai kategori tunggal.

Ukuran lapangan bulu tangkis ganda atau campuran akan memakai garis panjang dan lebar bagian luar lapangan. Berikut detail dari ukuran lapangan untuk kategori ganda dalam bulu tangkis:
  • Panjang bidang lapangan permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang lapangan permainan : 6,10 m
  • Panjang bidang servis : 3,96 m
  • Lebar bidang penerima servis : 3,05 m 

Bagaimana, apakah sudah melihat perbedaan dari lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis tunggal dan ganda? Benar sekali ada beberapa ukuran yang berbeda dan membuat lapangan untuk kategori ganda lebih besar. Namun untuk panjang lapangan keduanya masih sama yaitu 13,40 m.

Ukuran garis lapangan bulu tangkis

Bukan hanya ukuran lapangan saja yang ada standarnya, namun ukuran atau tebal garis lapangan bulu tangkis juga ada aturannya tersendiri. Ukuran garis lapangan bulu tangkis yang standar adalah 40 mm dan berwarna terang atau mencolok agar mudah dilihat.

Ukuran dan tinggi net bulu tangkis 

ukuran net bulu tangkis

Setelah kita membahas ukuran lapangan dan ukuran garis lapangan sesuai standar nasional dan internasional. Kini berlanjut mengulas tentang syarat dan ukuran standar net yang digunakan bermain olahraga bulu tangkis atau badminton.
  • Warna jaring harus gelap.
  • Bibir jaring berwarna terang atau putih dengan ketebalan 75 mm.
  • Lebar net : 0,75 m.
  • Panjang net : 6,10 m.
  • Tinggi tiang 1,5 m.

Lantai lapangan bulu tangkis

Selain ukuran lapangan dan net, bahan pembuatan lantai atau permukaan lapangan juga harus diperhatikan, hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan luka dan cidera pemain saat terjadi insidan terjatuh di lapangan.

Standar lantai lapangan bulu tangkis harus terbuat dari bahan yang lunak dan pada umumnya terbuat dari kayu. Sangat dilarang memakai bahan keras seperti beton atau semen karena dapat membahayakan atlet yang bermain.

Demikian pembahasan tentang ukuran lapangan bulu tangkis atau badminton. Pada dasarnya ukuran lapangan nasional dan internasional sama saja. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan informasi anda tentang olahraga bulu tangkis.

Baca Juga:

0 Response to "Ukuran dan Gambar Lapangan Bulu Tangkis Nasional Internasional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel