Ukuran Lapangan Bola Voli Mini Anak SD

Ukuran lapangan bola voli mini - Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang banyak dimainkan orang-orang untuk menjaga stamina tubuh. Di Indonesia sendiri permainan ini bisa di bilang cukup populer, terbukti dengan diadakannya liga pertandingan-pertandingan besar seperti Proliga.

voli mini

Permainan bola voli kini juga sudah menjadi kurikulum dan mata pelajaran disetiap sekolah. Setiap sekolah dasar rata-rata menerapkan olahraga voli menjadi ekstrakurikuler juga. Dan juga sering diadakan pertandingan bola voli tingkat anak-anak usia 9 - 13 tahun.

Bola voli anak-anak dan senior berbeda, dari mulai jumlah pemain dan ukuran lapangan yang di pakai untuk bertanding semua berbeda. Bola voli anak-anak akan memakai lapangan bola voli mini dengan jumlah pemain 4 orang.

Sudah tahukah kamu berapa ukuran lapangan bola voli mini? Jika belum mari kita bahas secara detail mulai dari luas dan panjang lapangan sampai tinggi net untuk anak usia 9 sampai 13 tahun.

Baca Juga:

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

lapangan voli mini

Sudah saya katakan di atas, bahwa bola voli anak atau mini mempunyai ukuran lapangan pertandingan yang lebih kecil dari yang digunakan para senior. Pada umumnya lapangan voli mini tidak memiliki garis serang. Berikut rincian dari ukuran lapangan voli mini anak-anak.
  • Panjang lapangan bola voli mini : 12 m
  • Lebar lapangan bola voli mini : 6 m
  • Luas keseluruhan : 72 m
  • Area servis : 2 m
  • Ukuran garis lapangan : 5 cm

Seperti yang saya sampaikan bahwa pada umumnya lapangan voli mini tidak mempunyai garis serang. Namun jika anda ingin menambahkannya untuk latihan anda bisa memberikan garis serang yang memiliki jarak 2 meter dari garis net.

Ukuran dan Tinggi Net Bola Voli Mini

Bukan hanya ukuran lapangan bola voli mini saja yang di perkecil, namun tinggi net atau jaring juga harus di rendahkan. Sudah jelas karena anak-anak memiliki memiliki tubuh yang kecil dan tinggi badan tidak seberapa. Berikut ketinggian net untuk lapangan voli mini.
  • Tinggi net putra : 2,1 m
  • Tinggi net putri : 2 m
  • Panjang net : 6 m

Pemain Bola Voli Mini

Bola voli mini adalah olahraga bola voli yang dimainkan oleh anak-anak. Lapangan voli mini memakai lapangan yang lebih kecil, yaitu 12 x 6 meter dengan tinggi net kurang lebih 2 meter. Tim bola voli mini yang bertanding harus memiliki 6 orang pemain, dimana 4 orang pemain inti dan 2 orang cadangan.

Pola permainan bola voli mini juga hampir sama dengan voli senior. Ada pemain smasher dan setter di depan dan ada pemain bertahan sekaligus servis di belakang.

Itulah pembahasan tentang berapa ukuran lapangan bola voli mini. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan juga bermanfaat serta menambah informasi dan pengetahuan tentang olahraga voli, bahwa bukan hanya ada voli normal saja, melainkan ada juga voli mini.

0 Response to "Ukuran Lapangan Bola Voli Mini Anak SD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel