Teknik Smash Bola Voli yang Baik dan Benar

Teknik smash bola voli - Pada dasarnya setiap olahraga atau permainan memiliki teknik-teknik khusus tersendiri dalam upaya melakukan serangan untuk mencetak angka/poin. Pada permainan voli, teknik serangan ini merupakan salah satu teknik dasar bola voli dan sering disebut dengan smash.

Cara smash voli

Teknik smash bola voli adalah teknik memukul bola dengan kuat, cepat, dan tepat agar bola masuk dan jatuh kedalam area lapangan lawan tanpa terbendung dan mencetak poin. 

Untuk melakukan teknik smash voli bukan perkara mudah, selain membutuhkan passing yang bagus dari Setter, anda juga diharuskan melompat tinggi dan memukul bola dengan kencang dan tepat. Jika tidak maka bola akan mudah di kendalikan lawan, dan mereka akan menyerang balik.

Adapun kegagalan/kesalahan yang sering dialami oleh Smasher (pemain yang sering melakukan smash) baru saat melakukan smash. Karena minimnya pengetahuan dan kurangnya melatih teknik smash bola voli. 

Dari kesalahan tersebut diantaranya adalah:
  • Bola tidak terpukul sehingga bola jatuh dalam area sendiri.
  • Bola menabrak net dan jatuh di area sendiri. Ini biasanya disebabkan karena lompatan telat atau kurang tinggi. Namun bisa juga karena passing yang buruk.
  • Berhasil memukul bola namun bola melenceng atau terlalu jauh sehingga jatuh diluar daerah lawan.
  • Pukulan terlalu lemah dan tidak bertenaga.
  • Smash sudah benar namun berhasil di block pemain lawan dan akhirnya bola jatuh di area sendiri.
  • Salah dalam teknik memukul membuat jari tangan cidera.
  • Melanggar aturan net.

Itulah beberapa kegagalan atau kesalahan yang cukup sering dilakukan para pemain voli baru dalam melakukan smash. Kesalahan tersebut tentunya akan menguntungkan tim lawan, karena mereka bisa mendapatkan poin.

Supaya anda tidak mengalami nasib buruk karena gagal melakukan smash, tentunya harus mempraktikkan teknik smash bola voli yang benar terlebih dahulu. Apa saja sih teknik smash dasar bola voli? Berikut kami akan merangkumnya untuk anda.

Baca Juga:a

Cara Smash Bola Voli+Teknik 



1. Persiapan
Teknik pertama untuk melakukan smash adalah melakukan persiapan diri terlebih dahulu dengan cara mencari tempat dan ancang-ancang untuk melangkah dan melompat. Biasanya tempat ancang-ancang tersebut ada 2 sampai 4 meter di belakang net. Tentunya ini tergantung situasi dan kondisi dalam lapangan.

2. Mengamati Lawan
Dalam permainan apapun, sebuah pengamatan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melepaskan serangan. Sebelum anda melepaskan smash, ada baiknya anda melihat posisi lawan dan blocker terlebih dahulu secara cepat/singkat.

Jika kamu sudah tahu dimana posisi blocker dan berapa orang yang akan melakukan block, maka kamu bisa menentukan kemana arah smash kamu. Upayakan untuk menghindarkan bola dari tangan-tangan blocker dan arahkan ke celah kosong yang kamu lihat.

3. Melangkah dan Melompat
Berikutnya kamu harus melangkah dengan cukup lebar. Sampai di dekat net ayunkan kedua tangan kebelakang dan hentakkan dua kaki anda bersama untuk melompat.

4. Memukul Bola
Saat masih melompat di udara tegangkan punggung kebelakang dan angkat tangan anda kemudian pukul dengan keras dan tepat bolanya mengarah kebawah (menukik).

5. Mendarat
Setelah melompat dan memukul bola tentunya badan kamu akan mendarat. Saat mendarat usahakan kaki dalam keadaan sejajar dan sedikit di tekuk untuk menjaga keseimbangan.

Itulah teknik smash bola voli dasar yang harus anda kuasai. Smash merupakan serangan pamungkas yang di bangun dari passing tim dan berakhir di smash. Pastinya tidak mudah untuk melakukan smash yang tepat dan sempurna lantaran memang sulit kenyataannya.

Selain membutuhkan kekuatan tangan, teknik smash juga butuh konsentrasi agar bola tidak melenceng begitu saja.

Untuk melatih skill dan kekuatan smash kamu harus berlatih dengan sungguh-sungguh. Berikut kami sajikan cara membuat smash voli menjadi kuat.  

Cara Memperkuat Smash Bola Voli


cara smash bola voli

Melakukan serangan smash bukan hanya mengandalkan perhitungan saja, namun juga kekuatan fisik sangat dibutuhkan untuk membuat smash semakin kuat dan tajam. Berikut ini beberapa metode berlatih yang dapat meningkatkan kualitas smash kamu.

1. Push Up
Permainan bola voli sangat mengandalkan kekuatan fisik, itulah mengapa tips pertama ini anda di sarankan untuk melakukan push up secara rutin setiap hari. Push up sendiri bertujuan untuk meningkatkan daya tubuh anda dan menjaganya agar tetap bugar. Selain itu kekuatan tangan pasti akan meningkat pesat setelah berlatih push up.  

2. Berlatih Melompat
Yang dimaksud di sini bukan berlatih melompat jauh atau tinggi. Memang benar kalau lompatan yang tinggi juga penting dalam melakukan smash. Namun ada yang lebih penting lagi, yaitu timing dan tinggi lompatan kamu harus diperhitungkan.

Percuma saja jika bisa melompat dengan tinggi namun waktunya tidak tepat dengan bola. Berlatihlah melompat didepan net seolah-olah kamu akan smash. Konsentrasi penuh dan ukur serta ingat setiap lompatan kamu. Berapa kuat hentakan kaki dan berapa tinggi lompatan yang di hasilkan anda harus mengingatnya.

3. Melatih Pergelangan Tangan, Lengan, dan Bahu
Dalam satu ronde permainan bola voli setiap pemain mungkin akan melakukan smash berkali-kali. Setiap smash pasti akan menguras kekuatan tangan, apa lagi jika berkali-kali. Maka dari itu berlatih menguatkan tangan, lengan, dan bahu sangat penting untuk menjaga smash tetap kencang setiap saat.

Kamu bisa memperkuat bagian-bagian tubuh tersebut dengan cara push up, mengangkat beban, menggunakan alat-alat tertentu, dan ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat anggota tangan kamu.

4. Belajar Mengarahkan Bola
Smash yang kuat akan percuma jika arahnya tidak tepat, bisa-bisa malah merugikan tim sendiri kalau bola keluar garis. Oleh karena itu berlatihlah melakukan smash dengan mengarahkan bolanya ke titik tertentu. Latihan ini tentu membutuhkan bantuan bola, net dan operan dari Setter.

5. Belajar Menghadapi Blocking
Salah satu hal yang bisa menggagalkan smash adalah blocking musuh. Setiap pertandingan tentu anda akan menghadapi blocking yang beda-beda. Maka dari itu rajinlah melatih smash yang di halangi oleh block. Latihan ini membutuhkan bantuan Setter dan 2-3 orang blocking.

Saat melakukan smash berpikirlah cara untuk melewati block tersebut. Entah dengan cara melompat setinggi-tingginya atau mengarahkan smash menghindari block.

6. Berlatih dengan Setter Tim
Keberhasilan dari smash yang baik juga tergantung dari operan atau passing seorang setter. Maka dari itulah kamu harus sering berlatih dengan setter tim kamu. Jalin komunikasi yang baik dengan setter, sampaikan apa yang kamu inginkan mulai dari timing dan tinggi bola agar kamu bisa melakukan smash dengan nyaman.

Itulah beberapa teknik smash bola voli dan cara meningkatkan smash agar lebih kuat. Silahkan praktikkan latihan dan teknik di atas secara tepat untuk meningkatkan performa bermain voli anda.

0 Response to "Teknik Smash Bola Voli yang Baik dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel