Pengertian dan Teknik Passing Bola Voli

Teknik Passing Bola Voli - Bola voli merupakan cabang olahraga yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan jika banyak anak muda pecinta olahraga yang bercita-cita menjadi atlet voli profesional.

Teknik passing voli

Untuk menjadi atlet voli yang jago tentunya perlu latihan yang keras dan rajin. Bukan hanya soal fisik saja, teknik bermain voli juga perlu di latih. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya tentang belajar teknik smash dan cara memperkuat smash bola voli.

Selain teknik smash tentu ada banyak teknik bola voli lain yang tidak kalah penting. Seperti teknik servis bola, block, passing dan masih banyak lagi lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas teknik passing bola voli. Namun sebelum itu alangkah baiknya jika kita memahami lebih jelas apa yang dimaksud dengan passing dalam olahraga bola voli.

Pengertian Passing Bola Voli

Passing adalah sebuah teknik dalam permainan voli yang berfungsi untuk mengumpan bola kepada teman atau menerima bola dari lawan. Passing juga berfungsi untuk membangun serangan tim. Pada umumnya urutan pasing adalah passing 1 - passing 2 - kemudian smash.

Ada dua teknik dasar passing bola voli, yaitu passing bawah dan passing atas. Dari kedua passing tersebut berikut adalah penjelasan dan cara melakukannya.

Baca Juga:

Teknik Passing Bawah


teknik passing bawah

Passing bawah adalah sebuah passing yang biasanya dipakai untuk menerima serangan lawan yang tajam (smash) dan bola rendah. Passing bawah merupakan tahap awal dari pola serangan tim. Biasanya pemain yang sering melakukan passing bawah adalah pemain yang berada di belakang.

Meskipun terlihat sederhana, namun passing bawah juga perlu dilakukan dengan tepat dan akurat agar tidak ada kesalahan yang merugikan tim sendiri. Berikut ini adalah tata cara melakukan passing bawah yang baik dan benar dalam permainan bola voli.

1. Posisi siap 
Sebelum menerima passing bola dari teman, lakukan posisi siap terlebih dahulu. Posisi siap dalam permainan bola voli adalah dengan membuka kaki selebar bahu, lalu tekukkan kaki sedikit dan condongkan badan agak ke depan. Posisi siap seperti ini akan membantu menopang tubuh untuk menerima dorongan dari passing bola nantinya.

2. Posisi lengan
Selanjutnya adalah perhatikan posisi lengan. Rapat kan kedua lengan hingga kepalan tangan. Pastikan posisi kedua ibu jari sudah sejajar agar tangan siap menerima lemparan bola.

3. Menyambut bola
Posisi yang paling penting saat melakukan passing bawah adalah posisi ketika menyambut kedatangan bola. Pastikan kedua lengan tetap sejajar. Ayunkan kedua lengan ke arah datangnya bola dan pukul bola tepat di atas pergelangan tangan atau bagian prosimal lengan.

Tak hanya mensejajarkan posisi lengan, tapi juga pastikan kaki dalam keadaan lurus. Ubah posisi kaki yang tadinya sedikit ditekuk menjadi lurus ketika melakukan pukulan bola ke arah teman satu tim.

Selalu pastikan untuk memperhatikan gerakan bola saat melakukan pukulan passing bawah. Pukul bola agak jauh dari badan agar pukulan tepat mengenai lengan tangan. Lakukan pukulan atau passing dengan tetap mengepalkan kedua tangan dengan kuat.

Teknik Passing Atas

teknik passing atas

Passing atas adalah teknik pengambilan atau pengoperan bola yang dilakukan dengan cara tangan di atas depan wajah pemain. Teknik passing atas merupakan teknik yang wajib dikuasai oleh para pemain voli khususnya toser/setter.   

Seorang toser atau setter yang handal melakukan passing atas akan mempu memberikan umpan empuk dan bervariasi kepada rekan. Sehingga pemain smasher akan lebih maksimal dalam melakukan serangannya.

Meskipun kamu bukan pemain setter namu juga wajib menguasai passing atas. Karena dalam keadaan tertentu setiap pemain berkemungkinan harus memberi umpan yang baik kepada smasher.

Berikut ini adalah cara melakukan passing atas yang baik dan benar.

1. Posisi siap
Awali dengan posisi berdiri di mana kedua kaki kita buka selebar bahu. Pastikan untuk merendahkan lutut, yakni dengan menekuknya sedikit sampai tumpuan berat badan ada pada ujung kaki depan.

Sementara itu, khusus bagian lengan posisikan di depan badan dengan kedua telapak tangan sambil merenggangkan jari-jari sampai terbentuk seperti mangkok yang ada di atas wajah.

Carilah posisi dan usahakan agar arah datang bola bisa berada tepat di tengah atas wajah kita.

2. Gerakan mengoper bola
Sesaat sebelum bola datang turunkan lutut kamu sedikit. Kemudian ketika bola sudah menyentuh jari, gunakan tangan dan kekuatan jari jempol dan telunjuk untuk mendorong bola. Dalam waktu bersamaan angkat tumit sedikit dari lantai, lutut dan pinggul juga angkat sedikit.

Usahakan bola yang anda lempar dalam keadaan tenang atau tidak berputar. Hal ini agar pemain yang akan menerima bola dapat dengan mudah mengolah umpan anda. 

Setelah melakukan passing atas maupun bawah jangan langsung santai, namun kembali lagi melakukan posisi siap dengan menekuk sedikit kaki. Perhatikan bola yang akan datang lagi dari serangan lawan.

Itulah pengertian passing bola voli dan tekniknya. Hal terpenting agar bisa melakukan passing yang tepat adalah melakukan latihan rutin yang mampu melatih gerakan tangan agar terbiasa menerima dan melakukan pukulan passing atas maupun bawah. Dan tentunya dengan memakai metode teknik passing bola voli yang benar.

0 Response to "Pengertian dan Teknik Passing Bola Voli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel