Pengertian dan Macam Macam Teknik Servis Bola Voli

Teknik Servis Bola Voli - Dalam olahraga bola voli ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Seperti teknik smash yang harus dikuasai oleh pemain Smasher, dan teknik passing yang harus dikuasai dengan baik oleh pemain Setter.

Teknik servis bola voli

Dari beberapa teknik ada juga teknik voli yang harus dikuasai oleh semua pemain, yaitu teknik servis/sevice. Mengapa begitu? Karena pada saat rotasi setiap pemain akan melakukan servis secara bergantian.

Meskipun terlihat sederhana, namun dalam melakukan servis tidak boleh asal-asalan. Jika servis bola tidak dilakukan dengan benar maka bisa merugikan tim sendiri dan malah menguntungkan tim lawan.

Pada permainan bola voli ada beberapa teknik dalam melakukan servis. Pada artikel kali ini kita akan membahas macam-macam servis bola voli. Namun sebelum itu alangkah baiknya jika memahami terlebih dahulu apa pengertian servis bola voli.

Pengertian Servis Bola Voli

Servis bola voli adalah tindakan untuk mengawali pertandingan dengan cara memukul bola dari garis belakang kearah area lawan melewati jaring net. Sebuah servis bisa juga digunakan untuk serangan awal, oleh karena itu para pemain yang melakukan servis biasanya memukul bola dengan keras dan tajam yang di arahkan ke titik atau pemain tertentu.

Servis harus dilakukan dengan baik, jika gagal melakukannya maka pemain sudah membuang satu kesempatan untuk mencetak poin dan jika kesalahan fatal malah bisa menguntungkan pihak lawan.

Kegagalan melakukan servis terkadang dikarenakan faktor teknik dan kurangnya latihan. Seperti saat bola gagal/tidak melewati net atau saat bola terlalu jauh dan keluar dari garis lapangan lawan.

Untuk menghindari kegagalan tersebut tentunya latihan servis sangat diperlukan. Namun latihan saja tidaklah cukup, adapun macam-macam servis bola voli dan tekniknya yang harus diketahui dan dipelajari agar servis bisa maksimal. 

Baca Juga:

Macam Macam Servis Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat 3 macam servis yang berbeda, yaitu servis bawah, servis atas, dan jump servis. Berikut penjelasan dari servis bawah dan servis atas berserta dengan cara melakukannya.

Servis Bawah

Servis bawah voli

Servis bawah adalah servis dengan cara memukul bola dari bagian bawah. Servis ini biasa digunakan oleh para pemula karena cara melakukannya cukup mudah dan jarang terjadi kegagalan, berikut ini adalah contohnya:

  • Ambil posisi servis dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang jika ingin memukul dengan tangan kanan. Namun jika memukul dengan tangan kiri posisikan kaki sebaliknya.
  • Pegang bola menggunakan tangan kiri dan angkat tangan setinggi dada.
  • Lemparkan bola dengan sedikit tenaga.
  • Pada saat bersama ayunkan tangan kanan kebelakang untuk mulai memukul bola.
  • Pukul bola dengan tangan yang menggenggam.  

Servis Atas

Servis atas voli

Servis atas adalah teknik servis yang dilakukan dengan cara memukul bola yang dilambungkan keatas kepala. Untuk memukul bola menggunakan telapak tangan dengan jari-jari yang terbuka. Untuk cara lebih detailnya adalah seperti berikut:
  • Ambil posisi servis dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. 
  • Pegang bola memakai tangan kiri.
  • Lemparkan bola keatas dengan cukup tinggi.
  • Lalu pada saat bersamaan angkat tangan dan pukul bola dengan kuat.
  • Gunakan telapak tangan dengan jari-jari terbuka atau rapat saat memukul bola.
Adapun 5 teknik servis atas berdasarkan cara memukul bola, yaitu:

1. Servis atas top speand
Servis ini bertujuan agar pukulan menghasilkan bola yang berputar kedepan, dan membuat bola menukik kebawah. Cara melakukannya dengan memukul bola pada bagian atas.

2. Servis atas back speand
Teknik servis ini dilakukan dengan cara memukul bola dibagian bawah sehingga akan menghasilkan putaran bola kebelakang.

3. Servis atas inseat
Cara melakukan servis ini dengan memukul bola pada bagian pinggir kanan, sehingga menghasilkan putaran bola kedalam. Servis ini bertujuan agar pemain lawan kesulitan saat menerima bola yang berputar. 

4. Servis atas outseat
Selanjutnya servis outseat yang memukul bola dibagian pinggir kiri sehingga akan menghasilkan putaran bola keluar.

5. Servis top speand
Servis atas yang terakhir ini dengan memukul bola tepat pada bagian tengah untuk menghasilkan bola tanpa putaran yang mengarah lurus kedepan.

Jump Servis

Jump servis bola voli

Seperti namanya, jump servis adalah teknik servis bola voli yang membutuhkan lompatan saat memukul bola. Jump servis bertujuan untuk menghasilkan servis yang kuat dan tajam layaknya smash. Cara melakukan jump servis adalah seperti berikut:
  • Ambil posisi servis dengan dua kaki sejajar.
  • Pegang bola menggunakan dua telapak tangan.
  • Lemparkan bola agak kedepan dengan tinggi kira-kira 3 meter.
  • Saat bola masih melambung di uadara, lakukan beberapa langkah untuk memulai lompatan.
  • Melompat setinggi mungkin dengan menarik punggung sedikit kebelakang dan memukul bola dengan keras dan tajam layaknya smash.
  • Usahakan bola dapat melewati jaring dan tidak melebihi garis lapangan.

Itulah macam-macam servis bola voli berdasarkan tekniknya. Servis merupakan awal mulainya pertandingan, namun servis yang baik dapat digunakan untuk mencetak angka untuk tim. Maka dari itulah penting bagi semua pemain voli menguasai teknik servis dengan baik dan benar.

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Teknik Servis Bola Voli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel