Penjelasan Lengkap Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya

Olahraga bola voli adalah sebuah cabang olahraga yang dimainkan olah dua group/tim yang saling berhadapan di lapangan pertandingan. Kedua group masing-masing memiliki enam pemain yang di batasi oleh net dengan ketinggian tertentu.

Poisi pemain Voli

Dalam pertandingan, para pemain/atlet akan di tempatkan pada posisi-posisi tertentu dan akan melakukan putaran/rotasi searah jarum jam. Posisi pemain bola voli merupakan faktor yang sangat penting, karena atlet dengan skill/role tertentu harus ditempatkan di posisi yang tepat.

Tim yang menerapkan posisi pemain/role mereka dengan tepat akan mempermudah untuk melakukan variasi serangan dan juga memperkuat dalam hal pertahanan.  

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan posisi pemain bola voli dan tugasnya, atau lebih tepatnya peran para atlet bola voli secara lengkap saat bertanding di lapangan. 

Oleh sebab itu mari simak dengan baik artikel ini agar kamu bisa menjadi pemain/atlet bola voli yang hebat dan professional nantinya.

Posisi Pemain Bola Voli

Dari gambar di atas terdapat nomor-nomor yang akan di isi para pemain bola voli dengan tugasnya sebagai berikut:
  1. Server atau pemukul bola pertama.
  2. Setter pemberi umpan matang kepada penyerang.
  3. Quicker penyerang yang akan melakukan smash cepat.
  4. Open penyerang kiri depan yang akan melakukan smash dari umpan lambung.
  5. Allround pemain yang memiliki beberapa tugas dan kemampuan sekaligus.
  6. Quicker/Open penyerang yang sedang berotasi dan ia bisa juga menyerang langsung dari tengah.
  7. Libero biasanya akan di masukkan pelatih ketika lawan akan melakukan service.

Tugas Pemain Bola Voli Berdasarkan Role


1. Server
Pemain ini bertugas melakukan servis atau memukul bola dari sisi belakang lapangan hingga jatuh di area lawan. Seorang server harus memukul bola dengan teknik tertentu dengan tujuan mencetak poin jika bola tersebut berhasil jatuh tepat di dalam lapangan lawan (lawan tidak bisa menerima bola).

Baca Juga: 

2. Setter/Tosser
Setter atau yang biasa di sebut Tosser adalah pemain yang sering berada di dekat net. Setter bertugas sebagai pengumpan bola yang akan di pukul oleh rekannya demi tujuan mencetak poin. Seorang setter harus mengumpan bola kepada teman yang memiliki kesempatan melakukan smash tanpa terkena block musuh.

3. Quicker/Middle Blocker
Quicker adalah penyerang tengah yang harus mempunyai kecepatan dan ketepatan pukulan, karena biasanya ia akan mendapat umpan bola cepat/1st tempo dari Setter. Postur tubuh Quicker biasanya tinggi dan ia juga handal melakukan blocking.

4. Open/Outside
Outside atau Open adalah pemain penyerang sayap kiri, dan biasanya ia handal dalam memukul bola open atau melambung. Pemain ini sebaiknya juga memiliki kemampuan passing yang baik, karena saat lawan melakukan service, maka pemain Outside akan sedikit mundur dan bersiap menerima bola service layaknya Libero.

5. Allround/Opposite
Pemain ini berperan sebagai penyerang sayap kanan, biasanya penyerang yang paling handal dalam melakukan spike dari sisi kanan, entah sebagai pemain depan atau pemain belakang (3 meter). Bukan hanya itu, Allround juga harus mempunyai kemampuan mengolah bola yang baik. Meskipun umum menyerang dari posisi kanan namun pemain ini dapat menyerang dari berbagai posisi.

6. Libero
Libero adalah seorang pemain yang bertugas membantu pertahanan bagian belakang tim. Libero biasanya memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi namun memiliki passing dan reflek paling baik untuk bertahan.

Libero dilarang melakukan smash dan block, namun ia dapat dengan bebas keluar masuk sesi serang. Contohnya saat service tim dapat di terima lawan dan lawan mencetak poin maka biasanya Libero akan di masukkan untuk mengganti pemain yang baru saja melakukan service.

Itulah beberapa posisi pemain bola voli dan tugas-tugasnya. Dengan mengetahui posisi pemain bola voli kini anda lebih paham alur permainan ini. Saat menonton bahkan bermain voli anda akan paham pergerakan dan tugas setiap role dalam tim anda. 

0 Response to "Penjelasan Lengkap Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel