Perbedaan Jaringan LAN, MAN, dan WAN

Antara jaringan LAN, MAN dan WAN, ketiganya merupakan jaringan komputer dengan fungsi yang berbeda. Namun ada juga kesamaannya, yaitu ketiga jaringan tersebut adalah sebagai media penghubung antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya.
 
perbedaan LAN MAN WAN

Namun ada beberapa perbedaan LAN, MAN dan WAN dalam cara kerja, penggunaan serta yang lainnya.

Lalu apa perbedaan dari ketiga jenis jaringan komputer tersebut? Mari baca lebih lanjut.
 
1. Jaringan LAN
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk jarak dekat. Dimana device yang digunakan pada LAN membutuhkan semacam router, kabel atau pun bridge. Sehingga memiliki jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja.

Jaringan ini dimanfaatkan untuk menggunakan alat secara bersamaan dan saling bertukar data. Pada umumnya LAN di pakai untuk kebutuhan rumah, warnet dan kantor kecil.

Pemasangan jaringan LAN memiliki harga yang cukup terjangkau lantaran biaya lebih murah dan perawatannya juga mudah. Anda hanya membutuhkan kabel ethernet yang akan dihubungkan ke adapter untuk memulainya.

Baca Juga:

2. Jaringan MAN
MAN (Metropolitan Area Network) adalah tipe jaringan yang memiliki cakupan wilayah yang cukup luas dari kota ke kota lain. Dalam pembuatannya akan memakan biaya yang mahal, lantaran jaringan ini membutuhkan operator ahli untuk menghubungkan antar komputer dan biaya perawatannya juga tidak murah.

Meskipun bertukar data menggunakan jaringan ini cukup aman, namun nyatanya MAN juga dapat di rusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang lama.

3. Jaringan WAN
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mempunyai cakupan lebih luas dari LAN dan MAN. Biasanya WAN memakai kabel Fiber Optik yang tentunya harga dan perawatannya sangat mahal.

Kelebihan dari WAN adalah mempunyai jangkauan yang lebih luas di bandingkan tipe jaringan lainnya sehingga dapat mengirim data kemanapun bahkan ke negaara lain.

Lalu manakah yang lebih baik?

Sederhananya, penggunaan LAN terbilang lebih cepat, namun dengan jarak yang terbatas. Sedangkan MAN dan WAN memiliki jangkauan luas namun tidak secepat jaringan LAN.

Dari segi biaya bisa di pastikan lebih murah LAN dan WAN menjadi yang termahal. Ketiganya mempunyai keunggulan serta kelemahannya sendiri. Tergantung mana yang lebih Anda butuhkan.

Kurang lebih itu sedikit penjelasan tentang perbedaan LAN, MAN dan WAN secara garis besar. Tidak hanya ketiga jaringan tersebut, bahkan setiap jaringan komputer juga memiliki perbedaan dari berbagai segi.

0 Response to "Perbedaan Jaringan LAN, MAN, dan WAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel