Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer

Deskripsi berikut merupakan rangkuman dari pengertian dan fungsi processor pada komputer. Ada penjelasan secara menyeluruh dengan konsep yang fleksibel.
Uraian ini akan jelaskan pengertian dan fungsi processor pada komputer  sedetail mungkin.

Pengertian Processor 


Pemgertian Processor

Processor merupakan salah satu dari beberapa komponen utama yang terdapat pada rangkaian komputer. Dimana processor atau IC disebut juga sebagai otak komputer yang mengontrol operasi sistem komputer secara keseluruhan.

Nantinya sebelum diproses, setiap data akan melewati processor untuk diolah. Kemudian pengolahan tersebut menghasilkan data yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pengertian processor menurut para ahli cukup beragam penyusunan kalimatnya. Namun pada intinya, processor adalah sebuah perangkat terpenting yang berfungsi sebagai tenaga pelaksana. Sekaligus mengontrol segala sistem operasi atau kinerja yang memproses informasi pada komputer.

Processor memiliki bagian-bagian terpenting seperti aritcmatics logical unit, memory unit dan control unit.

Baca Juga:

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Tugas utama unit ini melakukan proses perhitungan data berupa aritmatika atau angka dan logika. Seperti data statistika yang operasinya meliputi pengurangan dan penjumlahan serta logika AND dan OR. 

Sementara untuk menjumlah bilangan, ALU mempunyai rangkaian yang dinamakan Adder. Disebut juga sebagai rangkaian kombinasional aritmatika yang memproses operasi aritmatika. 

Fungsi lainnya adalah memutuskan operasi sesuai instruksi program. Operasi logika menggunakan operator logika untuk perbandingan dua buah elemen logika.

2. Memory Unit (MU)
Memory unit atau area kerja komputer yang difungsikan sebagai alat penyimpanan. Seperti penyimpanan data, informasi dan instruksi prosesor yang  sedang diproses. Meskipun bentuknya kecil, akan tetapi memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.

Bentuk fisiknya adalah berupa chip. Sementara jenisnya adalah memori komputer utama seperti RAM, ROM, CMOS dan Flash.

3. Control Unit (CU)
Control Unit disebut sebagai pengendali atau pengatur lalu lintas data output dan input. Semua peralatan komputer akan dikelola, diatur dan dikendalikan oleh unit kontrol.

Termasuk mengatur input menerima data, lalu mengolah sampai mengatur proses dan hasil data yang diolah. Kemudian hasil proses tersebut disimpan dengan memanfaatkan fungsi RAM sebagai memori utama.

Tingginya kecepatan kinerja komputer saat proses, dipengaruhi oleh besarnya kecepatan suatu prosesor. Hal ini merupakan pengaruh dari kapasitas dan macam-macam processor itu sendiri. Sementara satuan kecepatan yang digunakan adalah Mhz (Megahertz) atau Ghz (Gigahertz).

Fungsi Processor Pada Komputer

Secara umum fungsi dari processor dalam kinerja komputer adalah memproses data input hingga menghasilkan output.  

1. Menyalakan komputer
Prosesor berperan penting dalam membantu menyalakan keseluruhan komponen komputer. Sedangkan processor menyala karena mendapat suplai tenaga arus listrik dari power supply.

2. Otak atau pusat dari komputer
Otak merupakan komponen yang bersifat menyeluruh sebagai pusat kehidupan komputer. Seperti membantu berpikir, mengolah, menjalankan perintah dan melakukan apa yang harus dilakukan.

3. Pelaksana proses informasi pada komputer
Fungsi processor akan menghandle seluruh proses komponen informasi yang terdapat dalam susunan komputer.

4. Menjaga performa komputer
Spesifikasi dan kualitas processor berpengaruh pula terhadap kualitas performa dari sebuah komputer.

5. Sebagai pendukung tujuan spesifik dari komputer
Contoh tujuan spesifik yang digunakan oleh manusia adalah gaming, desain, arsitektur, server dan sebagainya.

6. Mengintegrasikan komponen internal komputer secara keseluruhan untuk saling bekerja

Komponen harddisk, VGA, chipset, RAM yang terhubung dengan processor akan diintegrasikan agar saling bekerja sama. Selanjutnya pasangkan komponen lain yang memiliki seri sama dengan komponen internal.

Apabila komponen internal tersebut terintegrasi dengan baik, maka dapat dipastikan kinerja komputer akan normal.

7. Menjaga stabilitas setiap komponen dalam komputer
Apabila stabilitas terjaga, maka arus listrik akan bekerja dengan baik tanpa khawatir terjadi overvoltage.

8. Mengolah perhitungan logaritma dalam menjalankan perintah
Seperti halnya mesin pencari, komputer juga mengandalkan perhitungan algoritma dalam setiap kinerjanya. Untuk itu komputer membutuhkan peran processor untuk menghitung data aritmatika. Sehingga komputer dapat memahami perintah user.

9. Mencegah agar tidak terjadi overlapping tugas pada setiap komponen komputer

Berdasarkan fungsinya terhadap komponen internal komputer, processor akan mencegah terjadinya overlapping. Nantinya processor akan memastikan kinerja komponen tersebut terhadap akses informasi yang diminta user.

Sudah jelas betapa pentingnya keberadaan processor dalam kehidupan sebuah komputer. Semoga pengertian dan fungsi processor pada komputer ini dapat memberikan pemahaman yang lebih bagi Anda.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel