Pengertian, jenis dan Fungsi VGA Card Pada Komputer

Bila pada sebelumnya telah dijelaskan bahwa Motherboard adalah sebuah papan sirkuit dimana tempat berbagai komponen elektronik PC terhubung, maka kali ini kita akan membahas perangkat keras komputer yang lain yaitu VGA Card.

Pengertian VGA Card

Pengertian - VGA (Video Graphics Array) adalah suatu perangkat keras yang bertugas mengubah sinyal digital menjadi grafis pada komputer. Fungsi VGA card yaitu mengolah grafis dan tampilan pada layar komputer. 

Grafik card juga memiliki sebuah prosesor yang diberi nama GPU (Graphics Processing Units). GPU memiliki tugas untuk membantu CPU dalam mengolah grafis dan melakukan rendering pada gambar, video dan animasi.

Laptop tanpa VGA tidak akan mampu bekerja dengan baik karena grafis yang dihasilkan tidak optimal. Selain mengolah grafis, VGA card juga memiliki berbagai fungsi lain yang cukup penting bagi komputer dan laptop.
Baca Juga:  Fungsi Motherboard

Berbagai Fungsi VGA Card Pada Komputer:


  • Mengolah grafik dan pixel pada gambar dan video di komputer
  • Mengatur tingkat brightness dan warna di layar monitor
  • Mengatur rendering grafis dan tampilan layar
  • Meningkatkan kualitas gambar dan animasi pada game
  • Menyuplai dan mentransfer data ke prosesor
  • Mengatur output dari sebuah program ke monitor
  • Mengoptimalkan kemampuan dari layar monitor
  • Mengolah dan mengatur tampilan 3D pada komputer

Selain berbagai fungsi di atas, kartu grafis juga memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. 

Berbagai Jenis VGA Card Pada Komputer

A. Jenis VGA Card Berdasarkan Bentuk Fisiknya

Menurut bentuknya VGA dibagi menjadi 2 jenis, yaitu VGA on-board dan add-on.

1. VGA On-Board
VGA ini disebut onboard karena bentuknya yang menempel pada papan motherboard komputer. Biasanya kartu grafis jenis ini sering ditemui pada VGA card laptop. Dalam menjalankan tugasnya, VGA on-board memanfaatkan RAM dan memori untuk membantunya dalam memproses data.

Kemampuan dari VGA jenis ini juga terbilang standar, yaitu melakukan olah data grafis pada kegiatan komputasi ringan. Seperti, mengatur warna background, mengatur wallpaper dan mengolah tampilan video.

2. VGA Add-On
VGA add-on banyak digunakan pada PC karena mudah untuk dilepas dan portable. Terdapat banyak jenis dari grafik card ini, salah satunya adalah VGA card gaming. Grafik card jenis ini juga membutuhkan port khusus untuk memasangnya pada komputer.

Adanya memori pada kartu grafis ini membuatnya tidak memerlukan RAM untuk mengatur data grafis. Sehingga kinerja PC akan tetap optimal karena setiap komponen bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing.

B. Jenis VGA Card Berdasarkan Slot Input/Output

1. VGA PCI
Kartu grafis ini memanfaatkan slot PCI sebagai sistem I/O nya. VGA ini mendukung serial bus antara 32 bit dan 64 bit. Kemampuan yang standar dari kartu grafis jenis ini membuatnya cocok dipilih bagi Anda yang hanya ingin melakukan kegiatan olah grafis ringan pada komputer.

2. VGA AGP
Grafik card dengan slot AGP cukup banyak digunakan pada saat ini. Hal ini dikarenakan kemampuan olah grafisnya yang mumpuni dengan kecepatan transfer data yang terbilang cepat. Biasanya tipe VGA ini memiliki tipe I/O antara 128 bit sampai 256 bit.

3. VGA ISA
Merupakan tipe kartu grafis yang mulai ditinggalkan karena kualitas gambar yang dihasilkan tidak begitu optimal. Bagaimana tidak, VGA ini hanya memiliki bandwidth berkisar 8 bit sampai 16 bit saja. 

4. VGA EISA
VGA jenis ini juga sudah jarang digunakan pada saat ini, hal ini dikarenakan langkanya slot ekspansi bertipe EISA yang sudah jarang ditemui pada motherboard keluaran terbaru. Kebanyakan motherboard saat ini telah menggunakan slot AGP untuk menempatkan grafik cardnya. 
 
Berbagai penjelasan mengenai jenis dan fungsi VGA card di atas dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin mengetahui dan memilih jenis kartu grafis pada komputer. 

Karena dengan mengetahui dan mengenal setiap komponen pada komputer, maka akan memudahkan Anda untuk mengoptimalkan setiap hardware agar pekerjaan komputasi Anda menjadi lebih optimal.

0 Response to "Pengertian, jenis dan Fungsi VGA Card Pada Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel