Jenis Jenis Jaringan Nirkabel dan Pengertiannya

Jenis jenis jaringan nirkabel dan pengertiannya dapat membuat Anda lebih memahami fungsi setiap jaringan

Seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi istilah jaringan nirkabel semakin sering terdengar. Lalu apa yang dimaksud dengan jaringan ini dan apa saja jenis jenis jaringan nirkabel dan pengertiannya? Dalam artikel ini semua pembahasan mengenai jaringan nirkabel akan dibahas. 


Jaringan nirkabel atau masyarakat umum sering menyebutnya sebagai jaringan wireless ( WI-FI). Sebenarnya jaringan nirkabel ini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan dua perangkat bertukar data tanpa kabel. 

Tidak dibutuhkan kabel untuk melakukan transmisi data sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan kabel. 

Di sekitar Anda terdapat berbagai contoh jaringan nirkabel yang memiliki fungsi berbeda. Berikut ini adalah berbagai jenis jaringan nirkabel yang perlu diketahui.

1. Wireless Personal Area Network (WPAN)


Contoh jaringan WPAN

Jaringan pertama yang akan dibahas ialah Wireles Personal Area Network (WPAN). Dengan adanya jaringan ini memungkinkan para penggunanya untuk membangun komunikasi tanpa kabel secara cepat. Berbagai perangkat dapat dihubungkan tanpa kabel seperti smartphone, laptop dan PDA. 

Jaringan ini memiliki jangkauan hingga 10 meter, contoh jaringan WPAN yang sering digunakan ialah bluetooth dan infrared. Bluetooth memanfaatkan gelombang radio untuk mengirim data dan dapat menembus berbagai media seperti dinding, dompet dan lainnya. 

Sementara untuk mengirimkan file diantara dua perangkat yang berjarak sangat dekat, maka Anda bisa menggunakan infrared. Penggunaan jaringan ini distandarisasi dengan pengembangan teknologi WPAN. Tujuannya adalah untuk menekan konsumsi daya yang digunakan serta menekan kompleksitas. 

2. Wireless Metropolitan Area Networks (WMAN) 

Contoh jaringan WMAN

Jenis jenis teknologi jaringan nirkabel selanjutnya ialah Wireless Metropolitan Area Networks (WMAN). Dengan adanya jaringan ini maka pengguna bisa menciptakan koneksi nirkabel pada sejumlah lokasi pada daerah metropolitan atau perkotaan. 

Biasanya jaringan ini digunakan pada beberapa gedung pada wilayah kampus, sekolah dan kantor. 
Keunggulan menggunakan jaringan WMAN ini adalah dapat menghemat anggaran karena tidak menggunakan kabel. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menambahkan jaringan berkabel sehingga WMAN digunakan sebagai cadangan jika jaringan dengan kabel mengalami gangguan. 

Saat melakukan transmisi data, WMAN memanfaatkan teknologi gelombang radio atau infrafred. Penggunaan jaringan ini juga bisa dikembangkan jangkauannya sehingga bisa meliputi radius kota bahkan provinsi. 

3. Wireless Local Area Network (WLAN)

Contoh WLAN

Jaringan selanjutnya yakni Wireless Local Area Network (WLAN) memungkinkan para penggunanya untuk membangun koneksi pada ruang lingkup tertentu. WLAN ini bisa digunakan pada kantor serta memiliki sifat sementara, Anda tidak bisa menambah kabel lain.  

Selain itu WLAN juga dapat digunakan untuk melengkapi jaringan LAN yang sudah ada. WLAN dapat berfungsi dengan dua cara yang berbeda yakni cara pertama dengan menggunakan infrastruktur WLAN atau stasiun stasiun nirkabel.

Lalu cara kedua adalah dengan menggunakan modem eksternal yang kemudian disambungkan ke titik akses nirkabel. Titik ini berfungsi sebagai penghubung stasiun dan network backbone yang ada.  

4. Wireless Wide Area Network (WWAN)

Perangkat jaringan nirkabel selanjutya ialah Wireless Wide Area Network (WWAN) yang memiliki jangkauan paling besar. Jaringan ini mampu menjangkau sebuah negara hingga benua dengan memanfaatkan teknologi satelit. 

Kecepatan dari teknologi ini beragam yakni mulai dari 2 Mbps, 155 Mbps dan selanjutnya. Penggunaan antena dan sejenisnya digunakan sebagai perangkat jaringan nirkabel untuk dapat beroperasi. 

Di Indonesia sendiri penggunaan jaringan WWAN sudah digunakan mulai dari sistem 2G lalu berangsur berkembang sampai ke 4G. Bahkan, saat ini juga sedang disiapkan untuk dapat menggunakan jaringan 5G. 

Itulah penjelasan mengenai jenis jenis jaringan nirkabel dan pengertiannya yang bisa Anda pahami. Sekarang Anda sudah tahu jaringan apa yang sebaiknya digunakan untuk keperluan dan berdasarkan jangkauan wilayahnya. 

0 Response to "Jenis Jenis Jaringan Nirkabel dan Pengertiannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel