Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer

Pada artikel sebelumnya telah membahas tentang Fungsi Power Supply pada Komputer maka kali ini kita akan membahas komponen lain pada komputer yang juga mempunyai peran penting yaitu Motherboard.

pengertian motherboard

Dalam sebuah komputer terdapat banyak sekali komponen seperti hardware dan software. Salah satu hardware yang memiliki fungsi penting dalam komputer adalah motherboard. Selain processor, motherboard juga memiliki fungsi penting pada komputer. 

Lalu seperti apa fungsi motherboard? Dan mengapa perangkat ini bisa di bilang bagian penting pada Komputer? Berikut ini pengertian dan fungsi motherboard pada komputer.

Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer

Fungsi motherboard

Ketika Anda membongkar komputer tentu Anda akan menemukan banyak komponen komponen di dalamnya. Jika Anda menemukan sebuah papan sirkuit dengan berbagai komponen maka itulah motherboard. 

Motherboard ini termasuk perangkat keras yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam komputer. Lalu, apa pengertian dari motherboard itu sendiri?
 
Pengertian Motherboard yaitu sebuah papan sirkuit yang merupakan tempat berbagai komponen elektronik PC terhubung. Motherboard sendiri sering dikatakan sebagai backbone atau tulang belakang komputer karena semua komponen dalam komputer terhubung pada motherboard. 

Jadi, motherboard merupakan komponen penting karena menjadi tempat penghubung seluruh perangkat keras dalam komputer.

Motherboard sendiri dibuat pertama kali pada tahun 1977 oleh Apple. Motherboard atau juga bisa disebut dengan mobo ini memiliki peran utama sebagai penghubung antar perangkat.

Istilah lain fungsi Motherboard laptop yaitu penghubung seluruh komponen hardware dalam komputer. Motherboard ini terdiri dari berbagai bagian yang memiliki fungsi tersendiri.

Fungsi dan Bagian Bagian Motherboard

Selain sebagai backbone, fungsi bagian motherboard lengkap yang pertama yaitu socket CPU. Socket CPU atau bisa disebut processor socket memiliki fungsi untuk menyisipkan processor pada komputer. 

Soket ini memiliki dua tipe yaitu tipe LIF ( Low Insertion Force) dan ZIF ( Zero Insertion Force). Untuk socket LIF adalah tipe lama sedangkan ZIF merupakan tipe baru yang dalam AMD disebut dengan socket A.

Selain itu ada bagian yang disebut North Bridge. North Bridge ini memiliki fungsi penting sebagai titik fokus atau sebagai penghubung antara slot processor, AGP dan slot RAM. 

Selanjutnya ada Southbridge yang memiliki fungsi untuk mengatur kerja dari peripheral seperti IDE, Modem, LAN, ROM, BIOS, mouse, USB dan lainnya.

Selanjutnya ada BIOS ( Basic Input Output System) yang merupakan bagian penting dalam motherboard yang terletak pada ROM dan berfungsi sebagai  pengatur komponen yang terhubung pada motherboard agar bekerja dengan baik. 

Lalu ada slot RAM yang merupakan tempat untuk menyisipkan atau meletakkan RAM. Lalu ada konektor power supply unit yang berfungsi sebagai penghubung antara power supply dengan motherboard.

Selain slot RAM masih ada slot lain yaitu slot PCI. Slot PCI ( Peripheral Component Interconnect) memiliki fungsi untuk meletakkan kartu Add On seperti Sound dan LAN. 

Selanjutnya ada Slot AGP yang terletak di sebelah PCL dan merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan kartu grafis atau AGP card.

Bagian motherboard yang lainnya yaitu ada CMOS yang merupakan baterai untuk memberikan daya pada memory dan berfungsi untuk menyimpan konfigurasi komputer. 

Lalu ada slot IDE yang berfungsi untuk mendukung IDE seperti DVD drive dan harddisk. Dan terakhir ada konektor SATA yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat ATA.

Selain processor, motherboard juga termasuk perangkat keras yang memiliki peran penting dalam komputer. Motherboard merupakan papan sirkuit untuk penghubung seluruh komponen dalam komputer. Ada banyak sekali bagian dari motherboard yang memiliki fungsi tersendiri dalam motherboard.

Itulah pengertian dan fungsi motherboard pada komputer yang perlu Anda ketahui agar Anda tahu bagian atau komponen dalam komputer beserta fungsinya yang bisa Anda jadikan pengetahuan ketika merakit komputer.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel