Cara Memotong Foto di Photoshop Menggunakan Pen Tool

Cara Memotong Foto di Photoshop. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan contoh tentang bagaimana caranya memotong foto di photoshop memakai Pen Tool.

Tutorial Photoshop CS dan CC

Photoshop memiliki banyak tool yang bisa di gunakan untuk menyeleksi dan memotong gambar, salah satunya adalah pen tool ini. Pen tool sangat di anjurkan untuk kebutuhan memotong secara detail dan rapi. 

Contohnya saja saat anda ingin mengganti background foto, tentunya anda harus menyeleksi bagian tubuh atau objek dengan rapi terlebih dahulu. Nah, di sinilah peran pen tool di butuhkan.

Berikut ini admin akan contohkan bagaimana caranya memotong foto/gambar menggunakan pen tool di adobe photoshop.

Baca Juga:

1. Buka aplikasi photoshop di laptop/pc anda.

2. Masukkan gambar yang akan di potong. Caranya pilih File - Open - lalu pilih gambarnya dan klik Open. Jika ingin cepat langsung saja drag and drop foto atau gambar kedalam photoshop.

3. Lepaskan kunci layer-nya. Caranya klik kanan layer bernama background (sebelah kanan) lalu pilih Layer from background dan tekan OK.

Membuka kunci layer

4. Pilih pen tool yang bertempat di baris menu kiri photoshop.

Menyeleksi menggunakan pen tool

5. Atur garis seleksinya agar nanti terlihat kecil. Caranya ubah pengaturannya sama dengan gambar di bawah ini. Pengaturan tersebut dapat anda temukan di bagian atas PS.


Sekarang saatnya menyeleksi.

6. Arahkan cursor mouse anda di bagian pinggir tubuh/objek lalu klik dan klik lagi hingga mengelilingi objek.

Tips menyeleksi dengan pen tool adalah ketika berada di bagian yang melengkung coba klik dan tahan mouse anda kemudian tarik keatas atau bawah, maka garis seleksi akan melengkung. 

Sesuaikan/pas kan lengkungan garis seleksi dengan lengkungan yang ada pada objek.

Lakukan seleksi mengelilingi gambar sehingga titik awal dan titik akhir seleksi bertemu. Sehingga hasilnya akan seperti ini.

Cara memotong foto dengan pen tool

7. Klik kanan pada gambar lalu pilih Make Selection.


Setelah memilih make selection maka seleksi yang anda buat akan berubah menjadi garis putus-putus seperti gambar di bawah ini.

Cara memotong foto di PS

8. Klik layer objek (layer 0).


9. Untuk memotong gambar silahkan pilih Eraser tool dan gosok pada bagian yang ingin di buang. Atau langsung saja tekan tombol Delete pada keyboard.

Untuk menghapus bagian luar garis seleksi silahkan pilih menu Selec lalu klik Inverse dan langsung hapus. Menu tersebut ada di baris atas.
 
10. Singkirkan bekas seleksi dengan cara tekan CTRL+D.

Sekarang anda sudah berhasil memotong gambar dan siap mengolahnya lebih lanjut. Disini saya memasukkan background lain kedalam gambar tersebut dan memberikan efek blur pada bekas potongan (pinggir) agar terlihat semakin real. Hasil akhirnya adalah seperti ini.

Cara memotong gambar di photoshop

Bagaimana, cukup mudah bukan cara memotong gambar di photoshop memakai pen tool? Terimakasih telah mengikuti tutorial kali ini, dan semoga ini dapat memberikan teman-teman manfaat. Jika teman-teman mencari tutorial belajar Photoshop lengkap silahkan klik link berikut Tutorian21.

0 Response to "Cara Memotong Foto di Photoshop Menggunakan Pen Tool"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel