Cara Memotong Gambar di Photoshop (CS dan CC)

Cara Memotong Gambar di Photoshop - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas cara membuat poster di photoshop. Kali ini admin akan mengajarkan beberapa cara memotong gambar di photoshop. Ada beberapa tool seleksi yang dapat kamu gunakan untuk memotong gambar, diantaranya yaitu Pen Tool, Polygonal Lasso Tool, Magic Wand Tool, dan Crop Tool.

Tutorial Photoshop CS dan CC

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan contoh begaimana cara memotong gambar menggunakan tool-tool seleksi photoshop yang sudah saya sebutkan di atas. Jadi silahkan simak dan ikuti langkah-langkah yang saya berikan, karena ini adalah skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis.

Baca Juga:

1. Menggunakan Pen Tool

Teknik menyeleksi dan memotong menggunakan Pen Tool sangat cocok untuk memotong detail seperti background. Karena hasil potongan akan lebih rapi dari potongan tool lainnya. Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama buka aplikasi photoshop lalu buka gambar yang akan di potong. Caranya pilih File - Open lalu pilih gambarnya dan klik Open. Cara yang lebih mudah tinggal drag and drop saja gambarnya kedalam photoshop.

Membuka gambar photoshop

Buka pengunci layer gambar agar kita bisa mengedit gambar tersebut (jika memang terkunci). Caranya klik kanan layernya lalu pilih Layer from Background. 


Selanjutnya pilih Pen Tool yang tersedia di menu sebelah kiri.

Cara memotong dengan Pen Tool

Atur seleksi pen tool menjadi Path seperti gambar di bawah ini. Kamu bisa menemukan pengaturannya di menu bagian atas.

Potong gambar di PS

Seleksi gambar yang ingin di potong. Sebagai contoh disini saya akan memotong telinga kanan Mickey Mouse, maka saya akan menyeleksinya mengelilingi telinga kanan saja. Untuk membuat seleksi melengkung caranya klik dan tahan lalu geser mouse kamu untuk melengkungkannya.

Terus lakukan seleksi mengelilingi objek hingga titik awal seleksi dengan titik akhir seleksi bertemu.

Memotong di photoshop

Selanjutnya klik kanan pada bagian seleksi (telinga) lalu pilih Make Selection dan tekan OK. Hasilnya akan muncul garis putus-putus, tandanya seleksi sudah berhasil.

Cara seleksi gambar

Tips: ntuk membalik seleksi pilih menu Select lalu Inverse. Menu tersebut ada di bagian atas. Maksud dari membalik seleksi adalah saat saya menyeleksi telinga Mickey maka ketika di balik maka yang akan terseleksi adalah bagian luar telinga Mickey.

Sekarang tahap terakhir yaitu menghapus atau memindahkan objek potongan. Untuk menghapus kamu bisa memakai Eraser Tool atau menekan tombol Delete di keyboard. Sedangkan untuk memindahkan potongan gunakan Move Tool di bagian kiri atas.

Disini saya langsung menghapusnya memakai tombol Delete. Hasil akhirnya akan seperti ini, telinganya sudah hilang guys.

Cara memotong gambar di PS

Untuk menghilangkan bekas seleksi tekan CTRL+D di keyboard.

2. Menggunakan Polygonal Lasso Tool

Buka gambarnya lalu buka kunci layer. Klik kanan layer gambar lalu pilih Layer from Background.

Pilih Polygonal Lasso Tool. Kamu bisa mendapatinya di menu kiri Photoshop.

Polygonal Lasso Tool

Seleksi memutar objek yang ingin di potong sehingga muncul garis putus-putus.

Sekarang tinggal menghapus atau menggeser objek potongannya.

3. Menggunakan Magic Wand Tool

Sebelum menggunakan tool ini ada baiknya kamu mengetahui dulu apa fungsinya. Magic wand tool berfungsi untuk menyeleksi satu warna saja. sebagai contoh disini saya akan menyeleksi dan memotong background Mickey yang berwarna kuning.

Buka gambar kedalam photoshop. Di sini saya memasukkan gambar yang sama dengan di atas.

Pilih Magic wand tool yang tersedia di menu kiri Photoshop.

Magic wand tool

Klik pada bagian warna yang polos. Di sini saya klik di warna kuning yaitu bagian background. Dengan sekejap maka seluruh warna kuning akan terseleksi.

memotong dengan magic wand tool

Sekarang tinggal menghapusnya saja tekan Delete. Dan hapus seleksinya tekan CTRL+D.

Memotong background di photoshop

4. Menggunakan Crop Tool

Open gambar yang ingin di crop/pangkas. Kemudian open kunci layer agar gambar bisa kita edit. Caranya sama seperti di atas.

Pilih Crop Tool yang berada di baris menu kiri. Kemudian atur lebar pemotongan gambar dengan cara menarik garis atau sudutnya.


Jika sudah yakin silahkan tekan Enter pada keyboard anda.

Crop Gambar di Photoshop CS

Seperti itulah beberapa teknik pemotongan gambar di Photoshop yang bisa saya ajarkan kepada teman-teman. Bagaimana? Cukup gampang bukan? Menurut saya yang paling bagus hasilnya adalah memakai cara pertama yaitu Pen Tool. Memang sedikit merepotkan saat menyeleksi namun semua akan terbayar dengan kerapihan hasil potongannya.

Namun tetap saja semua itu tergantung dengan ketelitian dan kerapihan kita saat menyeleksi. Jika kamu sabar dan tekun maka hasilnya juga akan bagus. Sampai di sini pembahasan kali ini, jika anda ingin mencari artikel lain tentang belajar photoshop silahkan klik tautan berikut ini Tutorian21.

0 Response to "Cara Memotong Gambar di Photoshop (CS dan CC)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel