Cara Membuat Tabel di Photoshop CS dan CC

Cara Membuat Tabel di Photoshop - Tabel adalah sebuah susunan baris atau kolom yang berisi data. Pada umumnya tabel di buat menggunakan aplikasi komputer seperti Microsoft Word dan Excel. Namun bagaimana jika anda ingin membuat tabel dalam desain grafis sebuah poster dalam photoshop?

Tutorial Photoshop CS dan CC

Perlu anda ketahui dulu bahwa Adobe Photoshop tidak menyediakan tool khusus untuk membuat tabel. Namun jangan khawatir dulu, karena di photoshop tersedia beberapa tool pembuat garis yang dapat kita manfaatkan untuk membuat tabel yang lurus.

Intinya kita akan membuat tabel secara manual dengan cara membuat garis-garis sendiri melalui tool yang tersedia. Bagaimana caranya? Baiklah tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai cara membuat tabel di photoshop. Oh iya, dalam pembuatan di photoshop CS dan CC caranya sama ya guys.

Baca Juga: 

Membuat Tabel di Photoshop

Pertama silahkan buka aplikasi photoshop anda dan buatlah dokumen baru. Caranya pilih File - New - lalu pilih halaman sesuai kebutuhan dan tekan OK.

Kemudian munculkanlah Grid. Caranya arahkan mouse anda ke menu di baris atas lalu pilih View - Show - Grid. Garis-garis yang muncul akan membantu kita membuat tabel dengan lurus dan lebar yang sama.

Cara membuat tabel di Photoshop
 
Pilih Rectangle Tool di baris menu kiri. Kemudian samakan setingannya dengan gambar di bawah ini. Stroke: warna hitam dan 2pt adalah warna garis dan lebar garis yang saya buat, semakin tinggi nilainya maka garisnya akan semakin tebal.

Cara membuat garis di photoshop

Selanjutnya kita akan membuat kotak besar untuk sisi tabel. Caranya pada halaman kerja klik dan geser sampai melebar sesuai keinginan anda.

Membuat tabel di photoshop

Pada menu baris kiri pilih Pen Tool dan gunakan pengaturan Shape, Fill dan Stroke dengan warna dan nilai yang sama seperti sebelumnya.

Sekarang buatlah garis, namun tentukan dulu lebar kolom yang akan kamu buat. Kemudian klik pada tepi garis, lalu klik lagi di garis sebrangnya sambil menekan tombol Shift.

Tabel di photoshop

jika garis terlalu panjang tekan  CTRL+T kemudian tarik ujungnya dan pas kan.


Untuk membuat garis lagi silahkan atur dulu menjadi Combine Shape. Caranya bisa kamu lihat di gambar berikut.

Shape Photoshop

Kemudian buatlah Layer baru. Caranya pilih Create a new layer di menu pojok kanan bawah.


Sekarang buatlah garis lagi dengan klik dari sisi garis ke sisi yang lain.

Setiap akan membuat garis klik dulu Create a new layer (membuat layer baru) kamudian kamu buat garis.

Lakukan secara berulang-ulang sampai terbentuk sebuah tabel. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara membuat tabel di PS

Tambahkan teks menggunakan tool icon "T" yang ada di kiri, dan juga berikan warna agar mempercantik tampilan tabel.

Setelah selesai matikan dulu Grid sebelum menyimpan dokumen. Caranya pilih View - Show -Grid maka ia akan nonaktif.

Sampai di sini pembahasan kita tentang cara membuat tabel di photoshop. Terimakasih telah mengikuti postingan ini, jika anda berminat silahkan baca tutorial photoshop lain di sini Tutorian21.

0 Response to "Cara Membuat Tabel di Photoshop CS dan CC"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel