Cara Membuat Poster Keren di Photoshop, Mudah dan Berkualitas

Cara Membuat Poster di Photoshop - Photoshop adalah software yang paling populer digunakan oleh para desain grafis. Aplikasi ini bukan hanya untuk mengedit foto atau memberikan efek saja, melainkan juga bisa dipakai untuk membuat desain poster, pamflet, banner dan masih banyak kegunaan lainnya. Nah bagi kalian yang mau membuat poster untuk acara tertentu bisa memakai Photoshop ya.

cara membuat poster di adobe Photoshop

Apa itu poster? Sebelum membuat poster ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dulu apa itu poster. Menurut Wikipedia poster adalah karya seni desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas. Poster biasanya di tempelkan di dinding atau media-media lainnya untuk menarik perhatian mata orang.

Sekarang kamu mengerti tentang poster. Jadi mari kita mulai tutorial cara membuat poster menggunakan aplikasi Photoshop. Silahkan simak dan ikuti tutorialnya berikut.

Baca Juga:

Cara Membuat Poster di Photoshop

1. Buka aplikasi Photoshop kamu dan buatlah dokumen baru dengan cara klik File dan pilih New.

2. Atur ukuran kertasnya sesuai kebutuhan kamu. Disini saya membuat dengan ukuran standar poster kecil yaitu A4.

tutorial membuat poster di photoshop

Pada umumnya ukuran standar poster adalah:
  • A0 = 118,9 x 168,2
  • B1 = 59,4 x 84cm
  • A1 = 59,4 x 84cm
  • B2 = 50 x 70cm
  • A2 = 42 x 59,4cm
  • A3+ = 32 x 48cm
  • A3 = 29,7 x 42cm
  • A4 = 21 x 29,7cm

3. Berikan warna pada background. Caranya klik Foreground Color lalu pilih warna yang kamu inginkan, kemudian tekan ALT+Delete pada keyboard kamu untuk menerapkan warnanya.


4. Sekarang tambahkan lingkaran untuk menghiasi background. Caranya pilih Elipse Tool dan buatlah lingkaran di tengah-tengah halaman. Untuk membuat lingkaran sempurna, tekan dan tahan tombol Sift saat membuat lingkaran.
.

5. Atur warna lingkarannya sesuai kebutuhan. Caranya tekan Fill dan tentukan warnanya.


6. Sesuaikan lebar dan posisi lingkarannya kembali. Caranya tekan tombol CTRL+T lalu sesuaikan dan geser sesuai kebutuhan kamu. Jadinya kurang lebih akan seperti ini.

Membuat poster di Photoshop

7. Sekarang saya akan menambahkan gambar PNG bumi. Untuk mendapatkan gambar PNG atau gambar tanpa background kamu bisa mencarinya di google dengan kata kunci Gambar PNG Bumi. Untuk cara memasukkan gambarnya tinggal drag and drop saja kedalam halaman kerja Photoshop.

8. Pastikan layer gambar bumi ada di atas layer backgroud dan lingkaran agar gambar bumi tidak terhalangi oleh apapun. Jika terlanjur ada di bawah tinggal tarik saja keatas menggunakan mouse.


9. Sesuaikan ukuran gambar yang kamu masukkan. Caranya tekan CTRL+T kemudian tarik sisinya menggunakan mouse kamu. 

Cara Membuat Poster keren di Photoshop

10. Selanjutnya saya akan menambahkan gambar PNG pulau-pulau indonesia. Posisi gambar pulau akan ada di bawah gambar bumi.



11. Karena warna pulaunya kurang sesuai maka saya akan menyesuaikannya agar menyatu dengan tema warna. Caranya klik layer pulau lalu tekan CTRL+U dan saya maksimalkan Lightness untuk mendapatkan warna putih.


12. Buat gambar pulau menjadi transparan. Caranya tekan layer pulau kemudian turunkan nilai Opacity sesuai kebutuhan.


13. Sekarang tinggal menambahkan teks. Caranya pilih icon "T" pada menu bagian kiri, kemudian klik di lembar kerja dan ketik teksnya. Untuk mengubah jenis Font dan ukurannya kamu bisa atur pada menu bagian atas. Namun pastikan kamu berada di layer teks saat akan mengaturnya.

Cara Membuat Poster di Photoshop

14. Sekarang sudah selesai dan tinggal menyimpannya saja. Tekan CTRL+Sift+S lalu pilih format gambarnya JPG untuk di cetak, dan simpan juga file Photoshop-nya.

Nah, seperti itulah cara membuat poster di Photoshop dengan cara simpel dan mudah namun hasilnya cukup memuaskan. Dalam membuat desain tentu yang paling penting adalah kreativitas sendiri. Mungkin hasil poster saya di atas sederhana, karena ini hanyalah sebagai contoh saja.

Untuk hasil yang memuaskan silahkan kerjakan dengan sungguh-sungguh, saya yakin kamu lebih hebat dari admin ini hehehe. Cukup sekian pembahasan cara membuat poster menggunakan Photoshop. Untuk tutorial Photoshop lainnya silahkan baca di Tutorian21

0 Response to "Cara Membuat Poster Keren di Photoshop, Mudah dan Berkualitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel