Contoh Susunan Acara Perpisahan Siswa Sekolah SD,SMP,SMA

Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah SD/SMP/SMA – Setiap akhir tahun pelajaran, sekolah pasti akan menyelenggarakan acara atau kegiatan perpisahan atau pelepasan siswa kelas VI,IX,dan XII yang telah lulus. Bagi parsa siswa, acara perpisahan akan menjadi momentum yang mengharukan, dimana mereka akan mengucapkan terimakasih kepada guru yang telah mendidiknya sekaligus mengucapkan salam perpisahan kepada teman-teman dan seluruh sekolah.

Perpisahan Sekolah SD,SMP,SMA

Acara perpisahan sekolah juga akan menjadi salah satu momen yang akan selalu di ingat oleh seluruh pihak sekolah termasuk guru dan adik kelas. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan acara ini dengan sangat matang, agar tidak ada kesalahan fatal yang akan membuat acara ini tidak berlangsung dengan baik.

Ada banyak hal yang perlu di persiapkan ketika akan mengadakan sebuah acara termasuk perpisahan/pelepasan, salah satunya kita harus mempersiapkan susunan acara tersebut. Susunan acara sendiri bisa di bilang cukup penting, karena dengan adanya susunan acara maka sesi-sesi acara akan berjalan dengan rapi dan teratur sesuai susunan yang kita buat. Nah, berikut ini saya akan memberikan contoh susunan acara perpisahan sekolah yang mungkin bisa kamu tiru.

Contoh Susunan Acara Perpisahan/Pelepasan Sekolah SD/SMP/SMA


1. Pembukaan

Pembukaan adalah sesi yang wajib ada disetiap acara formal. Untuk membuka acara akan dilakukan oleh pembawa acara atau MC yang telah disiapkan sebelumnya. Sebelum sesi pembukaan sebenarnya bisa di selipkan hiburan pembuka, seperti tarian atau lagu khas daerah setempat untuk menarik perhatian tamu/penonton.

2. Hiburan Pembuka

Hiburan pembuka merupakan hal yang cukup penting ada di awal acara. Karena dapat memberikan energi positif kepada para tamu/peserta. Hiburan pembuka bisa di isi dengan tarian adat atau nyanyian adat khas Indonesia.

3. Sambutan Panitia Acara

Selanjutnya ketua panitia akan dipersilahkan naik keatas panggung. Ketua panitia akan menyampaikan pidato singkatnya, dan berbicara tentang seputar sekolah, dan pengalaman mengajar siswa. Tidak ketinggalan juga semua jadwal kegiatan/sesi acara ini disampaikan kepada pemirsa/tamu, dan panitia harus mengungkapkan rasa terimaksihnya kepada tamu karena sudah hadir dalam acara ini.

4. Sambutan Kepala Sekolah

Berikutnya kepala sekolah akan di berikan waktu untuk berpidato di depan. Kepala sekolah juga boleh menyampaikan pengalaman, kesan dan pesan selama mendidik calon alumni.

5. Hiburan: Pembacaan Puisi dan Pertunjukan Tari 

Setelah mendengarkan pidato panjang lebar tentunya semua orang akan sedikit bosan. Nah dengan memberikan hiburan dapat memancing kembali semangat dan perhatian peserta acara ini.

Untuk jenis hiburan sebenarnya bebas, namun sebagai contoh disini kita bisa mengisinya dengan pembacaan puisi dan pertunjukan tari yang akan dilakukan oleh calon alumni.

6. Sambutan Perwakilan Calon Alumni

Calon alumni atau siswa yang akan lulus harus memberikan perwakilannya untuk maju dan berbicara di depan.

7. Sambutan Ketua Osis

Ketua osis juga akan sedikit berbicara di depan. Mengucapkan kebanggaanya atas kakak kelas yang akan lulus dan memberikan ucapan selamat kepada mereka.

8. Pengumuman Kelulusan

Sesi ini sebenarnya tergantung situasi, bisa ada dan tidak ada. Mengapa begitu? Karena terkadang pihak sekolah menyelenggarakan acara perpisahan sebelum hasil ujian keluar. Namun jika hasil ujian sudah keluar maka tidak ada salahnya untuk menambahkan sesi ini.

9. Istirahat dan Hiburan

Setelah menempuh sesi acara yang panjang kini tamu/peserta acara dipersilahkan untuk menyantap snack atau makanan yang sudah diberikan. Sambil istirahat penonton akan di hibur oleh pertunjukan dari siswa sekolah, misalnya pertunjukan band sekolah (SMA).

10. Penyerahan Kenang-kenangan

Pembagian piagam dan souvenir kepada calon alumni, namun jika jumlah siswa terlalu banyak maka penyerahan kenang-kenangan bisa di wakilkan.

11. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Dipenghujung acara MC akan mengajak semua orang yang hadir di acara ini untuk menyanyikan lagu kebanggaan Indonesia secara bersama. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia Raya.

12. Pembacaan Do’a

Pembacaan do’a akan di pimpin oleh kepala sekolah atau perwakilan dari guru.

13. Penutup

MC akan menutup acara dan mengucapkan terimakasih kepada peserta atau tamu acara yang sudah hadir. Kemudian acarapun dibubarkan.

Nah, demikian contoh susunan acara perpisahan sekolah SD/SMP/SMA. Semua sesi diatas dapat kamu tambah atau kurangi sesuai kebutuhan, dan tentunya atas keputusan rapat panitia acara. Terimakasih sudah menyimak artikel berjudul Contoh Susunan Acara Perpisahan/Pelepasan Siswa Sekolah SD,SMP,SMA apabila ada kesalahan mohon berikan komentar anda di bawah.

0 Response to "Contoh Susunan Acara Perpisahan Siswa Sekolah SD,SMP,SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel