Cara Mengembalikan Pengaturan Photoshop Seperti Awal (Default)

Bagaimana cara mengembalikan pengaturan Photoshop seperti semula / awal? Pertanyaan seperti itu sering saya dapatkan dari teman-teman pemula yang sedang belajar mengedit di Adobe Photoshop. Karena banyak pertanyaan yang sama dan saya sudah lelah menjawab, maka di buatlah artikel ini dengan tujuan menambah pengetahuan teman-teman yang belum tahu.

Tutorial reset pengaturan photoshop untuk mengembalikan seperti semula

Saat pertama kali mengedit di Photoshop kadang kita penasaran dan banyak mencoba-coba tool dan fitur-fitur yang belum pernah kita coba. Memang dengan cara seperti itu kita bisa menemukan hal baru dan dapat menambah pengetahuan kita akan fungsi tool dan menu di Photoshop.

Namun pernahkah saat anda menekan sebuah menu dan mendapati perubahan seperti tool atau panel yang berubah atau hilang? namun anda tidak bisa mengembalikannya. Sudah otak-atik kesana kemari namun tetap saja tidak bisa kembali seperti semula. Maka jalan satu-satunya adalah dengan mengembalikan pengaturan atau setelan Photoshop ke awal (Reset pengaturan ke Default).

Lalu bagaimana cara mengembalikan pengaturan (reset) Photoshop seperti awal? Nah, bagi kalian yang belum tahu caranya, berikut ini admin akan memberikan tutorial lengkapnya kepada kalian, jadi silahkan di simak.

Baca Juga: Membuat Tulisan Warna-Warni di Photoshop

Reset Workspace Photoshop

Sebelum melakukan reset seluruh pengaturan Photoshop coba lakukan reset workspace dulu. Cara ini bertujuan untuk mengembalikan panal dan tool box yang hilang sendiri. Seperti panel layer, mengganti warna, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan Reset Workspace Photoshop caranya adalah seperti di bawah ini:

1. Langkah pertama buka Photoshop anda.

2. Pada bagian atas, klik menu Windows -> Workspace -> Essentials (default).

Cara reset workspace photoshop sehingga tool box dapat muncul kembali

3. Sekarang panel dan tool box anda yang hilang sudah kembali seperti semula lagi.

Reset Pengaturan Photoshop CC

Jika cara di atas tidak menyelesaikan persoalan anda maka settingan Photoshop harus di reset ulang. Jika anda menggunakan aplikasi Photoshop CC maka cara untuk reset pengaturannya adalah seperti ini:

1. Buka aplikasi Photoshop anda lalu klik menu Edit -> Preferences -> General -> atau cara singkatnya bisa langsung tekan CTRL + K di keyboard.

Cara mengembalikan pengaturan Photoshop untuk mengatasi error atau sesuatu yang hilang

2. Jika sudah maka otomatis anda akan masuk ke menu Preferences. Pada menu tersebut cari dan klik Reset Preferences On Quit.

Cara reset pengaturan photoshop untuk mengembalikan setelan seperti bawaan pabrik

3. Jika ada peringatan seperti gambar di bawah ini tekan saja Ok.

Reset settingan photoshop untuk mengembalikan pengaturan ke awal

4. Sekarang tutup aplikasi Photoshop dan bukalah kembali, maka setelan atau pengaturannya sudah di reset / kembali lagi seperti semula.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Layer Photoshop

Reset Pengaturan Photoshop CS

Mengembalikan pengaturan Photoshop versi CS sebenarnya sama saja dengan versi CC, karena itu silahkan coba cara di atas untuk mereset Photoshop CS anda. Namun jika terjadi eror yang membuat tombol Reset Preferences On Quit tidak ada, maka ikutilah cara yang pasti work berikut ini:

1. Pertama bukalah laptop atau Pc anda namun tidak usah membuka aplikasi Photoshop.

2. Buka file Exploler kemudian masuk ke C:\Users\username\AppData\Adobe\Adobe Photoshop CS6\Adobe Photoshop CS6 Setting.

3. Jika sudah carilah file bernama Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp

4. Sekarang hapus file tersebut dan muat ulang laptop anda.

Baca Juga: Cara Membuat Pas Foto di Photoshop
Seperti itulah caranya, namun sebelum memakai cara kedua dan ketiga cobalah gunakan cara pertama jika yang hilang adalah penel atau tool box Photoshop. Namun jika belum berhasil silahkan gunakan cara selanjutnya dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah admin berikan.

Demikan artikel yang membahas tentang cara mengembalikan pengaturan (reset) Photoshop seperti semula. Jika anda menemui masalah silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, terimakasih.

0 Response to "Cara Mengembalikan Pengaturan Photoshop Seperti Awal (Default)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel