Cara Menggabungkan Beberapa Layer Photoshop Menjadi Satu

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop – Saat kita membuat sesuatu di Photoshop pasti akan memunculkan layer-layer yang banyak. Misalnya saat sedang membuat Vektor, pasti akan banyak layer yang menyimpan line-line dan warna yang berbeda.

Cara menggabungkan dan meringkas layer di photoshop

Mungkin tidak jadi masalah jika jumlahnya masih sedikit. Namun, jika sudah banyak tentu akan mengganggu dan bisa membuat anda pusing menentukan layer-layer tersebut. Nah jalan keluarnya adalah dengan menggabungkannya menjadi satu agar menjadi ringkas, atau membuatkannya grup.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menggabungkan layer di Photoshop menjadi satu. Atau lebih tepatnya meringkas layer agar ketika anda mengedit di Photoshop bisa lebih cepat karena tidak di pusingkan dengan layer-layer yang berserakan.

Baca Juga:  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

Cara Menggabungkan Leyer di Photoshop

1. Langkah pertama bukalah aplikasi Photoshop anda, kemudian buatlah beberapa layer seperti gambar atau coretan sebagai bahan praktik kali ini.

2. Kemudian tekan dan tahan tombol Shift / Ctrl pada keyboard anda lalu klik satu persatu Layer yang ingin anda gabungkan sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara menggabungkan banyak layer photoshop menjadi satu sehingga jadi ringkas

3. Tetap tekan tombol Shift anda, lalu klik kanan di salah satu layer tersebut dan pilihlah Marge Layer. Nah, sekarang layer-layer anda sudah berhasil di gabungkan menjadi satu.

Marge Layer adalah sebuah fitur untuk menggabungkan beberapa layer di photoshop menjadi satu

Cara lain untuk meringkas layer tanpa harus menggabungkannya adalah dengan memasukkannya kedalam sebuah Grup. Cara ini cukup efektif, misalnya saat membuat Vector anda bisa mengelompokkan layer-layer bagian wajah menjadi satu, begitu juga dengan layer lainnya.

Untuk membuat sebuah Grup layer caranya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Membuat Grup Layer Photoshop

1. Buka Photoshop anda dan buatlah sekitar 10 Layer untuk bahan praktik, atau memasukkan gambar dan coretan apapun.

2. Selanjutnya silahkan klik icon folder yang ada di bagian kanan bawah.

Cara membuat grup di photoshop untuk merapikan layer-layer yang cukup banyak

3.  Jika sudah maka dalam kolom layer akan muncul sebuah folder bernama Group 1.

Membuat grup di photoshop untuk meringkas layer-layer yang banyak

4. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu klik layer-layer yang ingin anda masukkan kedalam Group. Tetap tekan tombol Ctrl lalu drag and drop layer pilihan anda tadi kedalam Group.

Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Gambar di Photoshop Tanpa Peot
5. Untuk menampilkan dan menutup isi dari grup silahkan tekan icon segitiga di sampingnya. Oh iya, anda juga bisa mengganti nama-nama grup sesuai kebutuhan.

Membuat group di photoshop untuk menata layer yang berantakan

Tetap perhatikan posisi layer ketika memasukkannya kedalam grup. Jangan sampai salah posisi sehingga gambar anda tertutup oleh layer lain.
Sekarang layer-layer hasil pekerjaan anda di Photoshop sudah tertata cukup rapi. Silahkan gunakan cara meringkas layer di atas sesuai kebutuhan, bisa langsung di gabungkan atau di kelompokkan dulu kedalam grup dan menutupnya agar tidak mengganggu.

Cukup sekian artikel yang membehas Cara Menggabungkan Layer Photoshop Menjadi Satu, jika anda menemui kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

0 Response to "Cara Menggabungkan Beberapa Layer Photoshop Menjadi Satu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel