Bagaimana Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa di Buka?

Setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan, paling enak memang langsung bersantai dan mencari hiburan di Instagram. Namun tiada angin dan tiada hujan, tiba-tiba Instagram tidak bisa di buka. Itulah kejadian yang saya alami kemarin, sebelum akhirnya membuat artikel ini untuk sharing pengalaman saya kepada teman-teman semua.

Instagram tidak bisa dibuka

Bukan hanya Instagram tidak bisa di buka, tapi smartphone saya juga ikutan macet gara-gara problem ini. Mungkin ini semacam hang atau lag. Setelah di buat kesal, saya pun mencari cara di internet dan bertanya-tanya kepada teman agar masalah Instagram ini bisa di atasi.

Dari info yang saya dapatkan dari beberapa sumber, ada beberapa penyebab yang membuat Instagram tidak bisa di buka, di antaranya yaitu karena RAM smartphone yang tidak cukup dan cache aplikasi yang menumpuk sehingga menjadi sampah.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengatasi Instagram tidak bisa di buka. Namun kita harus mengatahui dulu apa penyebab dari masalah Instagram error ini.

Penyebab Instagram tidak bisa di Buka

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat IG anda tidak bisa di buka, diantaranya yaitu:
  • Karena RAM HP terlalu penuh.
  • Karena aplikasi usang atau belum di update
  • Karena cache data
  • Karena memori internal penuh
  • Karena HP panas
  • Karena susah sinyal
  • Karena OS Android ketinggalan zaman
  • Instagram MOD

Setelah mengatahui penyebab - penyebab Instagram tidak bisa di buka, selanjutnya kita akan membahas cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi IG Error

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa di Buka

1. Update Aplikasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika aplikasi Instagram bermasalah adalah memerikasa update aplikasinya di Google Play Store atau App Store jika memakai IPhone.

Jika belum di perbarui/update silahkan update dulu. Aplikasi yang sudah lama tidak di perbarui memang akan terkena masalah seperti error atau gagal sistem. Itu karena aplikasi lawas tidak memiliki fitur-fitur terbaru, karena itulah yang membuatnya bermasalah.

Cara updatenya juga mudah kok, buka aplikasi Play Store -> ketik Instagram di kolom search -> lalu pilih update/perbarui.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache adalah file sampah yang tersimpan di smartphone. File ini akan bertambah banyak jika kita tidak rajin membersihkannya setiap waktu. Hasilnya akan membuat memori kita sesak atau penuh, dan inilah yang bisa menyababkan aplikasi error.

Untuk membersihkan cache silahkan buka Pengaturan -> Aplikasi terinstal -> pilih aplikasi yang ingin di bersihkan -> kemudian pilih Bersihkan Cache.

Jika ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa memakai aplikasi pembersih cache dari Play Store. Aplikasi ini akan mempermudah anda untuk membersihkan cache dengan hanya sekali sentuh.

3. Kurangi pamakaian RAM

Cara ketiga untuk mengatasi Instagram tidak bisa di buka adalah dengan mengurangi pemakaian RAM.

RAM adalah tempat dimana semua aplikasi di jalankan. Jika banyak aplikasi yang berjalan maka RAM juga akan penuh. Karena itulah kamu harus menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Untuk menghentikan aplikasi caranya buka Pengaturan -> Aplikasi terinstal -> Pilih aplikasi yang ingin di hentikan -> pilih Paksa Berhenti.

Jika ingin lebih mudah gunakan aplikasi Greenify, aplikasi ini akan membantu kamu meng-hibernasikan aplikasi yang tidak terpakai.

Baca Juga: Cara Mengatasi IG Lemot

4. Hapus data di Memori Internal

Tempat penyimpanan data IG adalah di memori internal, dan jika memori tersebut penuh maka bukan hanya aplikasi saja yang error, namun Android juga akan lemot.

Karena itulah kamu harus menjaga memori internal agar tetap memiliki ruang. Silahkan hapus file-file foto dan video yang tidak penting agar kapasitas memori kembali longgar.

Solusi lain adalah dengan membeli Memory card untuk menampung file pribadi anda. Sehingga memori internal di khususkan untuk menyimpan data dari aplikasi.

5. Istirahatkan Smartphone

Smartphone yang di pakai seharian tentu akan lelah dan panas. Panas dari mesin ini akan memberi efek negative kepada sistem, sehingga bisa membuat beberapa aplikasi error sperti Instagram tidak bisa di buka.

Untuk memulihkan performa smartphone, kamu harus mematikan dan membiarkannya beberapa saat sampai panasnya hilang. Kemudian silahkan aktifkan lagi dan gunakan seperti biasa.

6. Cek Sinyal

Mungkin penyebab Instagram tidak bisa terbuka bukan dari hal lain, namun malah dari sinyal internet. Terkadang masalah yang sepele malah luput dari pengawasan kita, seperti sinyal internet yang buruk.

7. Update OS

OS Android adalah sistem operasional di smartphone, semakin tinggi versi OS maka akan semakin baik juga sebuah smartphone dalam mengolah aplikasi.

Jika anda memakai OS yang ketinggalan zaman maka segera update, biasanya setiap merk android akan memberikan update. Jika tidak ada, maka jalan lainnya adalah dengan membeli HP baru yang memiliki spesifikasi lebih baik.

8. Hapus Instagram MOD

Jika kamu memakai Instagram MOD maka masalah Instagram error memang akan terjadi. Ini karena aplikasi ini tidak resmi buatan pihak IG. Nah, jika kamu masih memakai IG MOD silahkan hapus saja dan ganti dengan Instagram yang original dari Play Store.

Baca Juga: Cara Download Story IG Orang
Itulah beberapa tips mengatasi Instagram tidak bisa di buka. Sekian dulu artikel kali ini, terimakasih sudah menyimak tulisan sederhana saya. Artikel ini saya buat dengan tujuan untuk membentu sobat memecahkan masalah Instagram error. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa di Buka?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel