Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka [Terbukti Work]

Mengatasi file PDF tidak bisa di buka - Portable document format atau yang biasa di panggil PDF adalah sebuah file ekstensi yang di kembangkan oleh Adobe System. Tipe file ini berbeda dengan doc Microsoft, dimana format PDF lebih fleksibel dan dapat di kunci oleh pemiliknya.

File PDF tidak bisa di buka

Pada dasarnya file PDF dapat di buka hampir di semua perangkat komputer. Biasanya para pengguna membuat file doc Microsoft Office terlebih dahulu baru dirubah menjadi file PDF dengan cara di convert.

Meskipun bersifat fleksibel dan aman namun file PDF juga bisa error. Error yang admin maksud di sini seperti corrupt atau rusak karena ada suatu problem yang mengakibatkan File PDF tidak bisa di buka dan di baca.

Jika masalah seperti ini menimpa anda tentu akan menjengkelkan. Apa lagi kalau di dalam PDF tersebut ada data dan informasi yang penting.

Memang masalah sih, namun tahukah anda apa penyebab file PDF error/corrupt? Rata-rata permasalahan ini di sebabkan oleh faktor pemindahan/download file yang tidak sempurna, file terkena virus, dan software komputer anda ada yang bermasalah.

Lalu apakah file tersebut masih bisa di perbaiki? Tentu saja bisa, asalkan file itu belum benar-benar corrupt. Oleh karena itu anda harus mencoba cara-cara di bawah ini untuk mengatasi file PDF yang tidak bisa dibuka.

Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

1. Update Software PDF Reader


Sebalum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika anda mengecek dahulu update software/aplikasi PDF Reader di website resminya seperti Acrobat Reader.

Biasanya pihak pembuat akan memberikan update dalam beberapa bulan. Silahkan upgrade aplikasinya PDF Reader ke versi terbaru, kemudian coba lagi buka file PDFyang gagal di buka tadi.

Tips ini cukup efektif, karena mungkin software pembaca PDF anda terlalu lawas yang mengakibatkan kegagalan saat membuka file PDF baru . Lihat Juga: Cek Spesifikasi Laptop/PC

2. Ganti Aplikasi PDF

Tips kedua untuk memperbaiki file PDF error adalah dengan membukanya di aplikasi lain. Lalu bagaimana caranya?

Anda tinggal mengunduh aplikasi lain, karena ada banyak aplikasi pembuka PDF yang bertebaran, seperti adobe reader dan foxit reader.

Saat sebuah file gagal di buka di satu aplikasi, maka belum tentu file tersebut juga tidak bisa di buka lewat aplikasi lain. Karena itulah admin menganjurkan untuk memakai aplikasi/software lain untuk membuka.

3. Membuka PDF di Chrome

Tahukah anda jika file PDF juga bisa di buka melalui browser. Ya benar, anda bisa membukanya di Chrome atau aplikasi browser lain.

Caranya juga tidak sulit, klik kanan pada file PDF -> Open With -> Browser Chrome dan tunggu prosesnya sampai terbuka.

Membuka PDF di Chrome

Trik ini bisa anda coba jika tidak memiliki aplikasi PDF reader di komputer maupun laptop. Tentunya sangat efektif jika di pakai mengecek file PDF yang error. Baca Juga: Your Computer is Low on Memory

4. Setting Adobe Reader

Jika masalah file PDF gagal di buka di laptop maka coba setting aplikasi Adobe Reader. Untuk caranya anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah…

  1. Buka aplikasi/software Adobe Reader, kemudian pilih menu edit pada bagian tab atas.
  2. Saat berada di menu edit, pilih “Preferences” yang berada di paling bawah. Kini anda menuju jendela lain dari setting Adobe Reader.
  3. Ada cukup banyak daftar pilihan di sini, anda pilihlah “Scurity (enhanced)” yang berada di bagian bawah.
  4. Sekarang anda sudah di pengaturan sandbox, silahkan aktifkan “Enable Protected mode at startup” dengan cara klik kotak kecil yang ada di sampingnya.

5. Mengubah File PDF

Dengan mengubah file PDF menjadi jenis file lain membuat anda bisa melihat isi dari file tersebut. Misalnya PDF dirubah menjadi file doc sehingga bisa di buka di Microsoft Word. Caranya merubahnya juga tidak sulit, anda bisa memakai situs penyedia convert PDF to Word.

  1. Pastikan anda terkoneksi ke internet. Dan buka browser anda lalu ketikkan “convert PDF to Word” di kolom pencarian, lalu tekan enter/cari.
  2. Tekan select PDF file kemudian pilih file PDF yang ingin di jadikan doc Word.
  1. Pilih “convert to Word” dan tunggu prosesnya selesai. Jika sudah pilih download Word, maka file PDF yang berubah menjadi Word sudah tersimpan di penyimpanan anda.

Itulah cara mengatasi file PDF yang tidak bisa di buka. Bagaimana, apakah sudah bisa mengatasi masalah anda? 

Jika sudah memakai semua tips di atas namun belum juga berhasil, kemungkinan file PDF anda sudah corrupt. Artinya itu sudah tidak bisa tertolong lagi dan mungkin sudah tidak akan bisa di buka lagi.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, apabila ada saran dan masukan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel lainnya.

0 Response to "Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka [Terbukti Work]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel