Cara Membuat dan Memasang Favicon Blogger Terbaru

Cara membuat favicon blogger – Favicon adalah sebuah gambar kecil yang terletak di sebelah kiri tab browser ketika anda sedang membuka sebuah halaman blog atau website. Saat pertama kali mendaftar blogger, otomatis blog tersebut sudah terpasang favicon defauld berupa logo “B” barwarna putih dan kuning.

cara membuat favicon blog

Karena icon “B” tersebut adalah icon yang umum, anda harus menggantinya dengan icon buatan sendiri agar blog / website anda memiliki ciri khas dan identitas. Pada umumnya orang-orang membuat favicon dalam bentuk logo atau singkatan dari nama websitenya.

Pada artikel ini saya akan mengajarkan cara membuat favicon blogger menggunakan aplikasi Adobe Photoshop di laptop. Jika anda tidak memiliki  aplikasi Photoshop, silahkan gunakan aplikasi editor lain, yang penting bisa di gunakan untuk menyesuaikan lebar dan tinggi gambar.

Baca Juga: Cara Menghapus Broken Link Blog
Oh iya, lebar dan tinggi Favicon blogger harus 100 x 100 Pixel, dengan ukuran file tidak lebih dari 100 KB. Ini adalah syarat wajib dari pihak blogger sendiri.

Cara Membuat Favicon Blogger

Sebelum memulai tutorialnya siapkan dulu gambar atau logo yang ingin di buat favicon blog. Jika belum mempunyai logo silahkan cari di website ini:
Jika sudah siap mari kita lanjutkan.

1. Pertama buka aplikasi Adobe Photoshop dan buatlah halaman kerja baru dengan cara memilih menu File -> New, atau gunakan CTRL + N agar lebih cepat.

2. Sekarang anda harus mengatur tinggi dan lebar halaman menjadi Width 100 Pixel dan Height 100 Pixel. Jika sudah pilih “OK” untuk melanjutkan.

Cara membuat favicon blog

3. Jika anda merasa halaman kerjanya terlalu kecil, silahkan zoom in menggunakan CTRL + (+) dan untuk zoom out gunakan CTRL + (-).

Cara membuat favicon di photoshop

4. Untuk mengubah warna latar halaman caranya klik “Set foreground color” yang berada di tool box sebelah kiri bawah (perhatikan gambar di bawah).

Cara membuat favicon di photoshop

Kemudian tentukan warnanya sesuai yang kamu ingin. Selanjutnya klik “OK” namun di sini belum terjadi perubahan color. Untuk mengubah warnanya tekan CTRL + Back Space pada keyboard.

Cara membuat favicon di photoshop

5. Langkah kelima cari gambar/logo yang sudah anda siapkan tadi, kemudian klik dan seret masuk kedalam Photoshop. Untuk menyesuaikan ukurannya tekan CTRL+T kemudian tarik sisi sudutnya. Ini sudah jadi dan tinggal save.

Cara membuat favicon blog di photoshop

6. Jika anda ingin membuat Favicon menggunakan teks singkatan nama website, silahkan klik tool “T” (teks) yang ada di sebelah kiri. Kemudian klik di halaman kerja lalu ketikan teks.

Baca Juga: Cara Menghapus Unit Iklan Adsense
Atur juga ukurannya menggunakan CTRL + T. Untuk mengubah warna blok dulu teks-nya baru pilih “set foreground color”.

Cara membuat favicon blog di photoshop

7. Nah, sekarang desainnya sudah jadi. Saatnya untuk menyimpan, pilih File -> Save AS -> dan ubah Save as Type menjadi JPG. Coba perhatikan gambar di bawah. Lanjutkan dengan memilih Save dan OK.

Cara membuat favicon di photoshop

Cara Memasang Favicon di Blog

Apakah anda sudah mempunyai Favicon yang memenuhi persyaratan? Yaitu tinggi dan lebar 100 Pixel dengan ukuran file di bawah 100 KB. Jika sudah, kini anda bisa memasangnya di website/blog.

1. Masuk ke akun blogger anda, jika belum login silahkan login terlebih dahulu memakai Gmail seperti biasa.

2. Pada menu blogger pilih tata letak -> favicon -> edit.

Cara memasang Favicon di blog

3. Pilih Coose File lalu cari dan buka Favicon yang telah anda buat tadi, jika sudah klik simpan.

Cara memasang Favicon blogspot

4. Tahap terakhir adalah dengan menekan Simpan perubahan. Selesai deh.

Cara memasang Favicon di blogger

Perlu di ingat bahwa Favicon tidak akan langsung berganti dengan yang baru. Memperlukan sekitar 1 sampai 3 jam agar sistem mendeteksi perubahan icon website kita. 

Untuk perubahan Favicon di pencarian artikel google memperlukan waktu yang lebih lama. Dari pengalaman saya bahkan sampa sekitar satu minggu baru berubah.

Demikian artikel yang membahas cara membuat favicon blogger terbaru. Untuk mendesain favicon bisa memakai aplikasi apapun, asalkan gambar yang di hasilkan memenuhi standar yang di buat pihak blogger (seperti yang saya katakan di atas). Terimakasih sudah menyimak sampai selesai dan baca juga artikel seputar blogging di bawah. Sampai jumpa...

0 Response to "Cara Membuat dan Memasang Favicon Blogger Terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel