5 Cara Mengatasi Your Computer Is Low On Memory di Semua Windows

Apakah di perangkat computer atau laptop anda muncul peringatan Your computer is low on memory? Pasti masalah ini sangat menyebalkan, karena peringatan error tersebut sering muncul tiba-tiba, dan bisa mengganggu pekerjaan kita. Namun tenang sob, karena admin punya cara buat mengatasinya.


Peringatan “your computer is low on memory” paling sering muncul di sistem windows 7, namun terkadang juga bisa menimpa windows 8 dan 10 juga. Namun, masalah error ini bukan semata-mata di sebabkan oleh windows, tapi bisa juga karena RAM komputer yang sedang bermasalah.

Sebagai buktinya, notifikasi error ini akan lebih sering muncul saat anda menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Aplikasi-aplikasi tersebut semuanya di proses di dalam RAM. Nah, jika RAM anda bermasalah atau tidak mempunyai cukup ruang, maka akan muncul pemberitahuan your computer is low on memory.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk mengatasi laptop yang sering mengalami masalah error seperti di atas. Baiklah silahkan ikuti tips-tips berikut ini.


Cara Mengatasi Your Computer Is Low On Memory

1. Setting Virtual Memory

1. Langkah pertama buka RUN dengan cara menekan tombol windows + R pada keyboard. Kemudian ketikkan sysdm.cpl dan tekan OK atau Enter.

2. Anda kini sudah masuk di menu system properties. Pada tab bagian atas pilih advanced kemudian pilih performance settings.

3. Kini anda berada di menu performance options. Silahkan klik tab advanced. Ceklist "program" lalu tap tombol change yang berada di bagian bawah.
Setting Virtual Memory Windows 10

4. Langkah berikutnya nonaktifkan automatically manage paging file size for all device. Kemudian kilk drive perangkat anda “C” dan klik “custom size” kemudian naikkan size (MB).
Setting Virtual Memory Windows 10

5. Jika sudah tekan saja OK. Lihat Juga: Cara Mengubah Cursor Laptop

2. Uninstall Software Yang Tidak Penting

Apa gunanya membiarkan software tidak penting tetap ada di laptop kita? Setiap software tentu mempunyai data dan membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin banyak aplikasi di laptop/PC anda, tentu akan membuat sesak perangkat dalam. 

Karena itulah aplikasi/software yang tidak penting sebaiknya di uninstal saja, agar tidak menyebabkan your computer is low on memory. Untuk caranya adalah seperti ini...
  • Pertama klik tombol windows kemudian masuk ke Kontrol Panel -> Programs (uninstall programs) -> klik kanan aplikasi-nya lalu pilih Uninstall dan anda akan di pandu oleh sistem. 
Cara uninstall software aplikasi laptop/pc

3. Upgrade RAM

Sudah saya singgung di atas, bahwa salah satu penyebab your computer is low on memory adalah karena RAM laptop. Kapasitas RAM yang minim tidak akan lancar jika di gunakan untuk menjalankan software yang berat, seperti Adobe Premiere, DOTA, Photoshop dan lain sebagainya.

Jalan keluarnya adalah dengan mengganti RAM dengan yang lebih besar. Apakah laptop bisa ganti RAM? Tentu saja bisa, bukan hanya komputer saja yang bisa upgrade RAM namun laptop juga bisa.

RAM Laptop dan PC

Namun jangan menggantinya sendiri, kamu juga harus mencari info dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada yang lebih ahli untuk menentukan merk RAM apa yang baik untuk laptop kamu. 

4. Bersihkan Laptop/PC

Bukan hanya ruangan anda saja yang butuh kebersihan, namun laptop dan PC juga. Yang saya maksud kebersihan di sini adalah bagian dalam (software) anda harus menghapus sampah-sampah dari bekas aplikasi seperti cache dan cookies. Caranya dengan melakukan langkah-langkah seperti ini…

1. Langkah pertama, klik tombol windows + R untuk membuka Run. Setelah terbuka masukkan %temp% lalu pencet Enter.

Sekarang kamu sudah masuk di Windows Exploler yang berisi kumpulan file-file temporary. Tugas kamu sekarang adalah menghapus semuanya. Untuk mempersingkat tekan saja CTRL+A kemudian CTRL+D lalu Enter.

2. Langkah kedua, buka Run lagi seperti cara di atas lalu ketikkan Temp lalu Enter. Kemudian seperti sebelumnya hapuslah semua data sampah yang ada. Jika muncul notifikasi hak akses klik saja Continue.

3. Langkah ketiga, silahkan buka Run lagi dan masukkan Prefetch maka anda akan di alihkan ke jendela baru. Tugas anda juga sama, yaitu menghapus semua sampah di Prefetch. Lihat Juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop


5. Install Ulang Windows

Tips terakhir untuk mengatasi persoalan your computer is low on memory adalah dengan melakukan install ulang windows. Namun tips ini hanya berlaku jika keadaan sangat parah. Misalnya sudah tidak bisa melakukan konfigurasi, mengalami crash terus- terusan, dan ada indikasi virus.

Namun untuk berjaga-jaga silahkan backup data pribadi penting anda terlebih dahulu. Bisa di pindahkan ke flash disk yang bebas dari virus agar tetap aman.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi komputer/laptop yang muncul notifikasi error “your computer is low on memory” di layar. Setiap cara di atas admin ambil berdasarkan pengalaman teman dan sahabat di forum oprek komputer.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga tips-tips di atas dapat memecahkan masalah anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Your Computer Is Low On Memory di Semua Windows"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel