Cara Bisnis dan Mendapatkan Uang dari Instagram

Apakah anda sedang mencari cara mendapatkan uang dari Instagram? Jika benar, maka sebentar lagi anda akan mengetahui caranya. Saya akan memberikan tips dan rekomendasi bisnis seputar Instagram.

Cara mendapatkan uang dari IG

Tahukah anda, saat ini Instagram atau IG adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Mulai dari artis internasional papan atas sampai masyarakat kelas menengah kebawah, semua mempunyai Instagram. Bahkan anda yang sedang membaca artikel ini pasti sudah punya akun Instagram bukan?

Mengutip dari The Next Web bahwa Indonesia menjadi negara dengan pemakai Instagram paling banyak di dunia nomor empat, dengan total pengguna sekitar 56 juta orang pada tahun 2018 lalu dan terus bertambah hingga saat ini.

Pencapaian tersebut membuat Instagram mulai di lirik para bisnisman untuk di jadikan ladang mencari uang. Apalagi sekarang bisnis online menjadi trending dalam dunia usaha.

Mengapa bisnis online semakin banyak peminatnya? Sebenarnya ada beberapa alasan, diantaranya yaitu:
  • Bisa di kerjakan di mana saja
  • Tidak membutuhkan modal banyak
  • Keuntungan lebih banyak
  • Promosi lebih mudah
Percaya atau tidak, bisnis ini akan memberikan anda keuntungan hingga 3 kali lipat atau bahkan lebih.

Mengapa bisa..?

Alasan paling sederhana adalah anda tidak perlu mengalokasikan pendapatan untuk menyewa tempat usaha. Jadi keuntungan anda akan benar-benar utuh.

Baiklah, mari kita kembali ke topik pembahasan, yaitu cara mendapatkan uang dari Instagram dan usaha apa saja yang recommended untuk anda jalankan.

Kita akan memulainya dari langkah-langkah awal dan utama yang harus anda lakukan agar bisa mendapatkan uang dari Instagram.

Langkah-langkah Memulai Bisnis di Instagram

1. Membuat Konten untuk Menyaring Followers

Apa yang anda jual? Jasa apa yang anda tawarkan? Setiap orang pasti memiliki bisnisnya masing-masing, entah itu fashion, food, penyedia jasa atau lain sebagainya.

Jika followers memiliki ketertarikan yang masih ada hubungannya dengan bisnis anda, maka produk atau jasa yang anda tawarkan akan lebih mudah laku. Masuk akal..?

Bagaimana cara menyaring para follower?

Caranya sederhana, yaitu dengan membuat konten yang konsisten. Misalnya kamu hobi naik gunung, maka upload foto atau video seputar gunung, entah itu foto sedang mendaki atau lainnya. Berikan caption yang berkaitan dan mengundang perhatian target followers.

Dengan begitu otomatis orang yang mengikuti akun Instagram anda adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama, yaitu hal yang berhubungan dengan gunung atau pendaki. Imbasnya jaket dan sepatu gunung yang anda jual akan mudah laku. 

2. Cari Follower yang Banyak

Tahukah kamu jika berbisnis di Instagram, maka pembeli produk atau pemakai jasa kebanyakan datang dari follower akun kita sendiri. Semakin banyak followers maka semakin luas jangkauan bisnis. Persentase penjualan pun juga akan meningkat.

Lalu bagaimana cara mendapat followers yang banyak?

Salah satu caranya adalah seperti poin pertama, yaitu membuat konten yang menarik dan konsisten. Jangan selalu terpaku dengan yang trending. Jika setiap ada konten trending kamu tiru dan unggah, maka isi Instagram kamu akan jadi acak-acakan.

Kecuali jika berita yang trending itu masih ada kaitannya dengan tema bisnis yang anda jalani, ini patut di coba. 

Lakukan juga interaksi dengan followers, seperti menjawab komentar dan DM mereka, atau melontarkan pertanyaan-pertanyaan di InstaStory. Dengan begitu mereka akan menjadi pengikut yang loyal.

Selain cara di atas, ada tips lain yang bisa di pakai untuk memperbanyak follower IG. Silahkan baca di sini: Cara Meningkatkan Followers Instagram

3. Membuat Postingan Berkualitas

Yang saya maksud postingan berkualitas adalah menyangkut gambar atau video yang di sajikan kepada follower. Apakah kamu sudah yakin bahwa postingan tersebut sudah memiliki kualitas yang baik?

Bagaimana cara menilai sebuah postingan berkualitas?

Setidaknya ada 4 persyaratan utama yang harus anda penuhi agar konten/postingan bisa di nilai berkualitas. Diantaranya yaitu:
  • Memiliki resolusi yang baik sehingga gambar bisa di lihat dengan jelas dan tidak blur
  • Gambar atau video enak di lihat (komposisi fotografi) 
  • Mengandung pesan dan kesan di dalamnya
  • Bermanfaat
Setidaknya jika keempat syarat itu sudah terpenuhi, postingan anda sudah siap menarik pengunjung. Cara ini cukup memberikan pengaruh, apalagi jika bisnis yang anda mainkan berhubungan dengan fashion, tentu hal ini sangat wajib di lakukukan.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas kini waktunya anda menghasilkan uang. Kita tahu bahwa cara mendapatkan uang dari Instagram ada banyak. Dibawah ini saya akan merekomendasikan bisnis yang cocok untuk di jalankan di Instagram.

1. Membuka Jasa Endorse 

Endorse adalah sebuah jasa iklan/promosi produk tertentu di akun Instagram seseorang, sehingga orang yang melihat akan tertarik untuk membelinya. Biasanya untuk menjadi seorang endorser, kamu harus mempunyai followers atau pengikut yang banyak.

Tugas kamu hanya mengiklankan produk atau jasa perusahaan yang mengendorse kamu. Sertakan juga caption yang berisi dukungan dan saran kepada pemirsa untuk memakai produk tersebut.

2. Menjual Produk atau Jasa

Anda mempunyai sebuah produk namun tidak memiliki tempat untuk berjualan? Jual saja produk atau jasa kamu di Instagram. Selain tidak memperlukan biaya sewa tempat, produk yang kamu jual akan menjangkau lebih luas masyarakat di Indonesia bahkan bisa sampai luar negri.

Produk yang paling laris di Instagram biasanya akan berkaitan dengan wanita, fashion, smartphone dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jasa paling laku seperti jasa edit foto, beli followers, dan membership.

Jika tidak mempunyai barang atau jasa, kamu masih bisa menjual barang dengan cara dropship. Dropship bisa di sebut bisnis menjual barang orang lain, kita hanya perlu menawarkan produk tersebut ke orang-orang, dan jika ada pembeli kita baru ambil barangnya dari penjual pertama.

Berikut adalah daftar barang dan jasa yang paling laku di Instagram belakangan ini:
  • Jual celana dan baju
  • Jual sepatu
  • Jual jam tangan
  • Jual softcase dan hardcase smartphone
  • Jual tas wanita
  • Jual makeup
  • Jual aksesoris handphone
  • Jual kue ulangtahun
  • Jasa endorse
  • Jasa penambah followers dan like
  • Jasa desain
Selain menjual produk, anda juga bisa membuka endorse jika pengikut sudah banyak. Dengan begitu pendapatan anda akan semakin banyak juga. Lihat juga: Cara Mengatasi Instagram Error

3. Membuat Fans Club

Jika anda mempunyai hobi yang juga banyak di sukai orang lain, maka buatlah akun Instagram sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang sehobi dengan kamu.

Misalnya kamu sangat suka menonton film-film Mervel, maka buatlah postingan yang berhubungan dengan Marvel, seperti video cuplikan atau fakta-fakta menarik yang jarang di ketahui banyak orang. 

Dengan begini, orang-orang akan otomatis mengikuti anda karena memiliki hobi yang sama. Mereka juga akan loyal dan selalu menunggu info yang kamu update.

Lalu bagaimana ini bisa menghasilkan uang? Caranya gampang, kamu hanya perlu menjual produknya, seperti aksesoris yang berhubungan dengan Marvel seperti poster super hero, baju dan lain sebagainya. Tentu ini akan mudah laku.

Nah itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa anda coba. Jadi jangan akun Instagram kamu jangan cuma buat mainan saja, tapi kalau bisa menghasilkan mengapa tidak di coba. Demikian artikel yang membahas cara bisnis dan mendapat uang di Instagram, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih. 

0 Response to "Cara Bisnis dan Mendapatkan Uang dari Instagram"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel