15 Permainan Untuk Anak SD Paling Seru dan Mendidik

Permainan untuk anak SD - Bagi orang tua yang mempunyai anak yang sudah memasuki jenjang sekolah dasar pasti mereka mulai di sibukkan dengan pekerjaan rumah (PR) dan belajar materi yang ada di buku. Namun si anak juga butuh waktu untuk refreshing, yang biasanya mereka lakukan dengan cara bermain dengan teman-temannya.

Permainan-untuk-anak-SD

Bagi anak kecil, bermain adalah aktivitas yang menyenangkan karena mereka dapat mengekspresikan setiap perasaannya. Selain itu, bermain juga membuat si kecil lebih mudah bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya. Nah bagi orang tua jangan melarang anak untuk bermain, kerena bermain justru dapat membantu anak untuk berkembang.

Orang tua juga harus tahu apa yang sedang di mainkan oleh anak-anak mereka, apakah permainan tersebut baik atau buruk bagi si kecil. Jika begitu alangkah baiknya sebagai orang tua memilihkan permainan yang baik dan dapat memberikan pelajaran bagi anak yang masih SD.

Berikut ini kami akan merekomendasikan 15 permainan untuk anak SD yang seru dan mendidik, agar para orang tua tahu dan dapat mengontrol apa saja permainan yang baik untuk di mainkan anak mereka.

Permainan Untuk Anak SD Paling Seru dan Mendidik

1. Permainan Mewarnai Gambar
Permainan-menggambar-mewarnai
Anak-anak mempunyai masa dimana mereka suka mencorat-coret dan mewarnai sesuatu, karena itu orang tua harus peka untuk menyediakan alat-alat yang di butuhkan untuk mewarnai dan buku gambar untuk si anak. Permainan ini juga dapat memancing kreativitas si kecil agar terus berkembang

2. Permainan Menyusun Puzzle
Permainan-puzzle
Puzzle atau mainan bongkar pasang atau menyusun potongan-potongan gambar menjadi utuh merupakan permainan yang baik untuk anak SD. Bermain puzzle mempu meningkatkan kecerdasan otak bagi orang yang memainkannya. Puzzle juga mudah di temuka di toko-toko mainan atau toko online dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Permainan Lego
Permainan-lego
Lego adalah permainan menyusun atau memasang, dimana pemaian akan menyusun bongkahan plastic kecil menjadi apa saja yang ia inginkan. Permainan ini sangat cocok di mainkan anak, karena dapat melatih kesabaran dan kreativitas mereka. Untuk mendapatkan Lego juga cukup mudah, Anda bisa membelinya di toko mainan atau toko online.

4. Permainan Peran Profesi
Permainan-peran-profesi
Peran profesi adalah permaianan yang harus di mainkan oleh beberapa anak, setiap anak akan mempunyai peran dan profesi mereka sendiri untuk di mainkan, sperti peran dokter, polisi, orang tua, pedagang, dll. Permainan ini bertujuan mengajarkan anak untuk aktif bersosialisasi dengan anak lain.

5. Permainan Monopoli
Permainan-monopoli
Monopoli adalah permaianan yang bertujuan untuk memiliki setiap petak yang ada di atas papan Monopoli. Pemain dapat membeli petak dan menukar properti dengan harga yang tertera. Permainan ini mengajarkan anak tentang ekonomi berteransaksi secara sederhana.

6. Permainan Bakiak
Permainan-bakiak
Bakiak adalah salah satu permainan tradisional yang di mainkan sebanyak kurang lebih 4 orang. Permainan ini sangat cocok di mainkan anak-anak SD. Mengajarkan anak tentang kerja sama dalam tim, karena untuk memainkan bakiak butuh kekompakan dengan melangkah secara bersama sama.

7. Permainan Petak Umpet
Permainan-petak-umpet
Petak umpet adalah permainan yang paling sering di mainkan anak, terutama anak SD. Permainan ini bisa di mainkan oleh 4 orang atau lebih, caranya satu anak akan bertugas mencari temannya yang bersembunyi. Permainan ini akan menambah kemampuan anak dalam bersosialisasi.

8. Permainan Bola
Permainan-bola
Bermain sepak bola bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik si anak, karena setiap orang pasti perlu olahraga. Nah dengan bermain sepak bola si anak akan meningkat kemampuan fisiknya, selain itu juga melatih kerja sama antara teman atau tim untuk memenangkan petandingan.

9. Permainan Lompat Tali
Permainan-lompat-tali
Permainan lompat tali akan meningkatkan kemampuan fisik anak, pemain akan melompati tali yang di putar-putar oleh dua anak lainnya. Dengan bermain lompat tali, daya tubuh anak akan meningkat karena terus berolahraga.

10. Permainan Berkebun
Permainan-berkebun
Salah satu permainan anak SD yang menyenangkan adalah berkebun. Permainan ini bisa di mainkan sendiri atau dengan orang lain, berkebun hanya membutuhkan alat-alat kecil untuk berkebun di halaman rumah. Permainan ini bertujuan untuk membuat anak peduli terhadap lingkungan dan alam.

Game Android untuk Anak SD Terbaik dan Mendidik

Pada zaman modern ini tentu akan sulit menghindarkan anak dari gadget atau smartphone. Jika begitu dari pada si anak memainkan game HP yang tidak jelas, lebih baik orang tua memilihkan game yang baik dan sekaligus memberikan pendidikan secara tidak langsung untuk anak SD.

Berikut ini kami akan merekomendasikan game terbaik untuk anak SD yang bisa di mainkan di smartphone Android. Semua game di bawah ini dapat anda download di Playstore.

1. Educational Game for Kids – Math
Game terbaik untuk anak SD yang pertama adalah Educational Game for Kids, game ini berisi permainan soal-soal matematika ringan dalam bahasa ingris yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitang sang anak SD. Selain mengajarkan berhitung, game ini juga mengajarkan bahasa ingris secara tidak langsung.

2. Educational Game – Memory
Jika anda mencari game untuk meningkatkan kemampuan mengingat maka game ini sangat cocok, terutama untuk anak SD. Game ini akan menyajikan permainan yang menarik, dimana pemain akan di minta mengingat gambar dan mencari barang. Game ini menawarkan level permainan yang berbeda yaitu easy, medium, dan hard.

3. Game soal ujian SD
Siswa sekolah dasar tentu perlu belajar untuk menghadapi soal dan ujian kenaikan kelas. Game ini akan menghadirkan soal-soal SD yang terus di update untuk membantu anak belajar. Dengan mendownload game soal ujian SD, anak bisa belajar dimanapun dan kapanpun tanpa repot membawa buku.

4. Toon Math - Endless Run and Math Games
Saat anak bosan belajar melalui game edukasi maka Toon Math - Endless Run and Math Games bisa menjadi pilihan. Game ini memiliki konsep permainan berlari di jalan dan mengumpulkan koin. Menariknya dalam game ini secara tidak langsung  memberikan pelajaran matematika, dengan cara menjawab soal yang ada di tengah perjalanan.

5. Kids Educational Games – Learn English
Kids Educational Games – Learn English adalah game edukasi yang baik untuk anak, terutama untuk anak SD. Dalam game ini, anak akan belajar mengenal macam-macam buah, mengenal angka, hingga belajar berhitung.

Itulah 15 permainan edukasi untuk anak SD yang kami rekomendasikan. Dengan memainkan permainan dan game tersebut di harapkan si anak dapat berkembang dalam kemampuan sosial dan akademis. Sekian sudah artikel ini, dan jangan lupa Share ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Permainan Untuk Anak SD Paling Seru dan Mendidik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel