Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Bermain Game Online

Cara mengatasi HP cepat panas saat main game. Smartphone sekarang bukan hanya di gunakan sebagai alat komunikasi saja, namun juga untuk bermain game online seperti PUBG. Namun kadang saat baru main selama 5 menit saja tiba-tiba HP terasa panas.

Cara mengatasi HP cepat panas saat bermain game

Hal ini sering terjadi saat kamu memainkan game online, dan anda pun akan mendapat masalah HP yang cepat panas. HP Android yang overhet menimbulkan rasa tidak nyaman saat di pegang, dan dampak paling buruknya adalah game menjadi patah-patah.

Ada bermacam-macam penyebab HP terasa cepat panas, diantaranya bisa anda baca di bawah ini.
  1. Memakai HP untuk bermain game online.
  2. Kapasitas RAM tidak mencukupi.
  3. Adanya aplikasi yang masih berjalan di latar belakang.
  4. Memakai setingan grafik HD.
  5. Baterai sudah tidak normal atau mulai rusak.
  6. Bermain game sambil charger HP.

Nah itulah beberapa penyebab dasar yang membuat HP anda terasa cepat panas. Dari poin-poin di atas, manakah yang menjadi persoalan anda?

Sekarang anda mengetahui apa saja penyebabnya, dan kini saatnya menuju ke cara memperbaiki smartphone yang cepat panas saat nge-game.

1. Hentikan Aplikasi Berjalan di Latarbelakang

Tahukah anda secara tidak sadar banyak aplikasi-aplikasi tidak penting yang masih berkerja di latar belakang saat anda bermain game. Hal ini tentu mempengaruhi kinerja smartphone. Apalagi jika kapasitas RAM anda kecil, tentu ini akan semakin memperpadat dapur pacu HP.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang, silahkan masuk ke menu Setelan atau Setting -> Aplikasi Manager -> pilih aplikasi yang ingin di hentikan -> kemudian tekan Paksa Berhenti atau Force Stop.

Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latarbelakang

Jika anda ingin cara yang lebih cepat tanpa masuk ke pengaturan, gunakanlah aplikasi cleaner RAM, jika belum punya silahkan download di Play Store dan install. Aplikasi ini tidak hanya membersihkan sampah cache saja, namun juga bisa memaksa aplikasi tidak penting yang berjalan di latar belakang.

2. Gunakanlah Jaringan Internet yang Setabil

Jaringan internet setabil untuk bermain game
Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa sinyal internet bisa membuat HP menjadi panas? Karena saat smartphone berada di jaringan yang lemah maka secara otomatis ia akan mencari sinyal secara terus menerus, hal inilah yang membuat HP anda cepat panas dan boros baterai.

Kasus seperti ini pernah saya alami sendiri, ketika saya berada di daerah pegunungan yang susah sinyal internet, tiba-tiba HP di saku saya terasa panas. Kemudian saya mencoba mematikan Data Seluler dan hasilnya HP saya kembali normal lagi.

Yang mungkin terjadi yaitu saat anda bermain game online, mungkin kualitas jaringan di tempat anda sedang tidak baik, karena itu HP anda terus berupaya mencari sinyal, dan inilah yang membuat handphone anda cepat panas.

3. Pilih Game Sesuai Spesifikasi Handphone Anda

Masih banyak orang yang tidak tahu akan spesifikasi handphone miliknya sendiri. Padahal ini sangat penting agar bisa memilih aplikasi atau game yang sesuai dengan kapasitas Android yang di miliki.

Jika anda memakai hp yang berspesifikasi rendah, tidak mungkin dong buat main game yang berkualitas tinggi. Ibaratnya anda hanya mampu mengangkat berat 20 kg, namun di suruh mengangkat berat 50 kg tentu akan kewalahan dong.

Untuk melihat spesifikasi hp caranya mudah, pilih Setelan -> Tentang Telepon maka akan muncul daftar spesifikasi apa saja yang di miliki HP anda. Coba perhatikan berapa RAM, kemudian pilihlah game yang bisa di mainkan dengan kemampuan RAM tersebut.

Misalnya RAM anda adalah 2 GB, maka carilah game yang bisa di mainkan di RAM 2 GB seperti Mobile Legends, AOV, PUBG, dan lainnya.

4. Hindari Bermain Game Sambil Charger

Bermain game sambil charger HP memang sering di lakukan para gamer. Namun hal ini adalah salah satu penyebab HP menjadi cepat panas. Aliran listrik yang mengisi daya baterai akan membuat suhu menjadi panas. Apalagi jika di tambah dengan main game malah bisa tambah panas lagi dong.

Dampak buruk dari ngecas HP sambil main game yaitu rusaknya IC charger dan baterai cepat drop. Karena itulah lebih baik menunggu baterai ponsel anda full dulu baru lenjut lagi bermain game lagi.

Lihat Juga: Game Battle Royale Offline Ringan

5. Ganti Baterai HP Lama dengan Baru

Jika handphone kamu masih baru mungkin ini tidak masalah. Masalahnya adalah jika HP anda sudah berumur cukup lama, maka bisa jadi baterai sudah mulai rusak dan inilah salah satu penyebab HP Android anda cepat panas ketika main game.

Maka dari itu periksa baterai anda, apakah masih layak pakai atau harus di ganti. Baterai yang rusak biasanya mempunyai tanda tiba-tiba cepat habis atau drop, dan saat mengisi daya membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya.

Kemungkinan bertahan baterai Android tanam adalah sekitar 2 tahun, selebih itu mungkin kualitasnya akan menurun dan kamu harus menggantinya.


6. Jangan Bermain Game di Ruangan Panas

Suhu ruangan atau tempat anda berada juga bisa mempengaruhi suhu smartphone. Ruangan yang panas akan menularkan suhu ke mesin ponsel anda yang sedang bekerja, hasilnya HP anda menjadi lebih cepat panas karena mendapat tambahan panas dari suhu ruangan.

Saat bermain game online, lebih baik anda mencari tempat yang adem, misalnya ruangan yang ada AC, atau minimal cari ruangan biasa yang nggak panas. Panas di smartphone juga bisa membuat baterai anda cepat habis loh.

7. Perhatikan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga bisa menyebabkan android cepat panas saat main game, baik itu game online atau offline. Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi menyebabkan baterai ponsel menjadi panas dan cepat habis.

Selain itu dapur pacu android juga akan terbebani oleh kinerja yang cukup berat. Tips-nya adalah gunakan mode kecerahan layar otomatis, ini akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar di tempat anda berada.

8. Istirahatkan HP Anda

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan istirahat, namun mesin juga butuh? HP yang cepat panas bisa di sebabkan karena terlalu lelah menjalankan game online yang cukup berat. Oleh sebab itu cobalah mendiamkan ponsel anda selama beberapa jam.

Anda bisa merestart atau mematikannya, kemudian biarkan saja selama beberapa waktu. Setelah mesin HP sudah dingin anda bisa kembali bermain game lagi.

Itulah beberapa penyebab dan juga tips mengatasi HP cepat panas saat bermain game. Semoga dengan menerapkan tips di atas HP anda tidak lagi mempunyai masalah panas berlebihan.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, baca juga artikel menarik lainnya seputar game dan android hanya di sini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Response to "Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Bermain Game Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel