Cara Mencari dan Menghapus Broken Link pada Blogger

Broken link pada blog adalah adanya sebuah link di dalam blog yang sudah rusak. Biasanya ini di sebabkan karena link tersebut sudah di hapus atau url telah di ganti oleh si pemilik. Jika ada pengunjung yang melakukan klik pada link yang rusak itu, maka ia akan menuju halaman page not found 404.

Cara menghapus broken link di blogger

Contohnya seperti ini, pada sebuah artikel saya meletakkan link yang mengarah ke artikel blog orang lain yang berjudul “Cara Menghapus Broken Link”. Suatu hari pemilik blog tersebut menghapus artikel itu, dan terjadilah link rusak di blog saya. Sampai di sini mengerti kan?

Dampak Buruk Broken Link terhadap Blog

1. Artikel Susah Masuk Page One.
Broken link juga bisa berdampak buruk terhadap SEO blog kita, hal ini bisa membuat nama domain kita jelek di mata google. Nah jika sudah begini bisa-bisa artikel kita susah di indeks dan masuk di page one.

2. Kehilangan Pengunjung.
Pengunjung akan kecewa jika link yang mereka buka ternyata isinya zonk alias 404. Mereka akan mencari artikel di blog lain yang lebih mudah di dapatkan, dan blog anda pun di tinggalkan.

3. Broken Link Menurunkan DA dan PA.
DA dan PA adalah nilai yang di berikan google kepada blog kita, semakin tinggi DA dan PA maka semakin bagus juga nama domain blog.

Bayangkan saja jika ada banyak link yang rusak di blog kita, hasilnya google akan memberikan nilai yang jelek kapada domain kita, dan DA PA pun akan susah naik.

Sekarang anda sudah tahu penyebab dan dampak buruk dari broken link itu sendiri. Selanjutnya kita akan mulai mencari dan menghapus broken link yang ada di blog kita. Caranya adalah sebagai berikut.

Lihat Juga: Cara menghapus unit iklan Adsense yang tidak terpakai

Cara Menghapus Broken Link Pada Blogger

1. Langkah pertama kita harus mencari dimana saja link yang rusak menggunakan bantuan dari website Brokenlinkcheck.com.

Cara menghapus broken link lewat website brokenlinkchecker.com


Masukkan URL blog yang ingin di cek kedalam kolom yang di sediakan.

Masukkan Scurity Code dengan mencontoh gambar di sampingnya.

Pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) untuk mendapat laporan setiap link yang mati.

Lalu tekan “find broken links now” maka akan muncul laporan semua broken link di blog anda.

2. Selanjutnya kita akan di perlihatkan semua link yang rusak, tugas kita sekarang adalah menghapusnya.

Cara menghapus broken link menggunakan situs brokenlinkchecker.com

Tekan “URL SRC” maka anda akan menuju dimana letak link tersebut berada. Misalnya link itu ada di sebuah artikel berjudul “Cara upload video di blogger”.

Maka bukalah akun blogger anda dan cari artikel “Cara upload video di blogger” lalu pilih edit dan hapus link yang rusak tadi.

Jika anda tidak menemukan link-nya di dalam artikel, cobalah cari di kolom komentar artikel. Mungkin ada pengunjung yang berkomentar dan memasukkan link yang mati.

3. Lakukan hal yang sama pada broken link atau link rusak lainnya, sampai situs anda bersih dari adanya broken link.

Untuk menghapus broken link di blogger kita memang harus melakukannya secara manual / satu persatu. Berbeda dengan Wordpress, dimana sudah di sediakan plugin khusus yang bisa menghapus link rusak secara masal.

Tahun lalu ada banyak sekali link mati di blog ini, mungkin ada sekitar 200 lebih link yang rusak. Kemudian saya menghapusnya satu persatu agar situs ini sehat dan terlihat baik di mata google.

Ada baiknya jika anda melakukan cek broken link ini dalam kurun waktu 6 bulan atau 3 bulan sekali. Jika anda rajin membersihkannya maka tidak akan ada link mati yang menumpuk banyak.

Cukup sampai di sini pembahasan tentang cara menghapus broken link. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Silahkan share ke teman-teman blogger lainnya agar tidak ada yang punya masalah broken link lagi. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mencari dan Menghapus Broken Link pada Blogger"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel