Tutorial Kinemaster, Cara Edit Video di Android

Tutorial Kinemaster - Kinemaster adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit video di Android, aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna smartphone khususnya bagi Selebgram dan Youtuber. Dengan aplikasi Kinemaster kini kita bisa mengedit video dengan sangat mudah, dengan kemudahan dan fitur yang lengkap kita dapat menghasilkan karya video layaknya editor professional.


Kinemaster mempunyai vitur yang cukup lengkap, tidak kalah dengan software edit video di komputer, viturnya antara lain memotong dan menggabungkan frame, pengaturan hue, menambahkan audio kedalam video, efek transisi, menyelipkan teks/gambar, dan masih banyak lagi lainnya.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara edit video di HP Android menggunakan aplikasi Kinemaster. Namun sebelum kita memulainya pastikan di HP Anda sudah terinstal aplikasi Kinemaster terbaru. Jika sudah silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Tutorial Menggunakan Kinemaster di Android

1. Membuat Project Video Baru
Sebelum kita bisa mulai menyunting video seperti mengedit backsound, memotong, menambahkan teks, dan lainnya. Kita harus membuat sebuah project kosong dulu, caranya buka aplikasi Kinemaster kemudian pilih logo gambar +, perhatikan gambar di bawah ini.

Tutorial Kinemaster

Selanjutnya akan terdapat pilihan Aspek Rasio, pilihlah sesuai kebutuhan. Terdapat tiga pilihan yaitu landscape (16:9), portrait (9:16) dan kotak (1:1). Kali ini saya akan mencoba memilih landscape, maka kita akan otomatis masuk kedalam project.

Tutorial Kinemaster 2

2. Menambahkan Video Kedalam Project
Setelah kita membuat project kosong, kita harus menambahkan video kedalam project tersebut untuk di kerjakan. Caranya pilih "Media".

Tutorial Kinemaster 3

Kemudian akan muncul media penyimpanan HP Anda, pilihlah video yang ingin di edit, selanjutnya klik centang di bagian pojok kanan atas, maka video yang terpilih kini sudah masuk kedalam project. Ulangi cara ini jika ingin menambahkan video lagi.

Tutorial Kinemaster 4

3. Cara Memotong Video di Kinemaster
Dalam  mengedit video kita harus memotong/membuang bagian yang tidak di butuhkan. Caranya klik pada video (bagian bawah), maka akan muncul tanda kuning pada video yang di pilih.

Tutorial Kinemaster 5

Geser dan posisikan garis warna merah pada detik yang di perlukan, jika sudah pilihlah logo "Gunting". Kemudian akan muncul 4 menu pemangkasan yaitu:
  • Pangkas ke kiri playhead - Artinya video yang berada di kiri garis merah akan hilang.
  • Pangkas ke kanan playhead – Artinya video yang berada di kanan garis merah akan hilang.
  • Bagi di playhead – Artinya video akan terbagi menjadi dua.
  • Bagi dan sisipkan bingkai beku – Artinya video akan terbagi menjadi dua, dan di tengah video akan terdapat gambar beku/tidak bergerak.
  • Jika Anda ingin membuang video bagian tengah caranya bagi video tersebut menjadi dua dulu (Bagi di playhead), kemudian hapus sisi yang tidak di perlukan. Karena pihak Kinemaster tidak menyediakan menu untuk langsung menghapus video di tengah, maka kita harus melakukannya secara manual.
Tutorial Kinemaster 6

4. Menghapus dan Menambah Audio Kedalam Video
Terkadang video yang kita ambil memiliki kualitas audio/suara yang buruk, solusinya kita harus menghapus suara tersebut dan menggantinya dengan audio lain seperti lagu.

Menghapus Audio - Cara menghapusnya, tekan video sehingga muncul tanda kuning, otomatis akan muncul menu baru, kemudian klik logo "Speaker".

Tutorial Kinemaster 7

Anda akan di alihkan ke pengaturan audio, untuk menghapus suara bawahan video klik logo speaker sehingga logo speaker jadi tersilang seperti gambar di bawah, lalu tekan tombol centang di kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Tutorial Kinemaster 8

Memasukkan Audio – Pertama posisikan garis merah ke detik yang di inginkan, garis merah tersebut akan menjadi awal munculnya audio/suara yang kita masukkan nanti.

Tutorial Kinemaster 9

Selanjutnya pilih “Audio” maka anda akan masuk kedalam menu. Pilihlah audio yang anda inginkan, lalu tekan tanda “+” untuk menambahkan audio kedalam video.

Tutorial Kinemaster 10

Memotong Audio – Kita juga bisa memotong audio yang kita masukkan, caranya hampir sama dengan cara memotong video. Caranya klik pada audio yang ingin kita potong sehingga muncul tanda kuning, lalu geser dan posisikan garis merah ke detik yang di inginkan.

Scroll kebawah dan pilih “Pangkas” kemudian akan muncul menu pangkasan seperti saat kita memotong video.

Tutorial Kinemaster 11

5. Menambahkan Teks Kedalam Video
Untuk menambahkan tulisan kedalam video, pertama posisikan garis merah di detik yang di inginkan, kemudian pilih “Lapisan” maka akan muncul menu baru, pilih icon “T” atau Teks kemudian ketikkan sesuatu. Jika sudah tekan centang pada bagian kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Tutorial Kinemaster 12

Anda bisa menyesuaikan besar teks, jenis font, warna teks, member animasi kepada teks, dan menentukan durasi teks muncul dalam video. Semuanya bisa Anda atur dengan fitur-fitur di bawah ini.

Tutorial Kinemaster 13

6. Menambahkan Gambar Kealam Video
Cara memasukkan gambar tidak jauh beda dengan cara memasukkan Teks. Caranya atur posisi garis merah dahulu, kemudian pilih “Lapisan” kemudian pilih “Media”. Pilih gambar yang ingin di masukkan lalu tekan centang pada bagian atas kanan.

7. Menambah Efek Transisi Kedalam Video
Efek transisi bertujuan untuk memberi animasi saat beralih dari video satu ke video berikutnya. Caranya klik pada icon yang saya lingkari. Kemudian akan muncul pilihan animasi transisi, pilihlah sesuai selera kemudian klik centang untuk menyimpan perubahan.

Tutorial Kinemaster 14

8. Menghapus Layer
Layer adalah semua file baik itu video,audio,  dan gambar yang terkumpul di bagian bawah. Jika ingin menghapus sebuah layer, caranya tekan layer tersebut sehingga muncul tanda kuning, kemudian kilik icon hapus yang berada di kiri.

Tutorial Kinemaster 15

Nah itulah tutorial menggunakan Kinemaster, cukup mudah bukan? Daripada aplikasi editing di komputer yang ribet, mending pakai Kinemaster saja sudah cukup. Munurut saya sih Kinemaster lebih baik dan lebih mudah di pakai daripada aplikasi editor Android lainnya. Kinnemaster juga menyediakan tool-tool utama sebagai aplikasi editor video ya, jadi gak perlu di ragukan lagi deh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel