Cara Menambahkan Teks ke Dalam Foto/Gambar dengan Adobe Photoshop

Menambahkan teks ke dalam sebuah foto atau gambar bertujuan untuk memberikan informasi dan keterangan tertentu bagi orang yang melihatnya. Biasanya cara ini di gunakan para desainer untuk membuat Poster, Banner, dan Pamflet.

Menambahkan Teks ke Dalam Foto/Gambar dengan Adobe Photoshop

Selain Photoshop, banyak juga software atau aplikasi lain yang bisa di gunakan untuk menambahkan teks ke dalam sebuah gambar. Namun, untuk mendapatkan hasil dan kualitas yang baik, sebaiknya menggunakan Photoshop sebagai alat pengeditannya.

1. Cara Menambahkan Teks

  1. Langkah pertama buka gambar yang ingin di berikan teks/tulisan. Caranya pilih File - Open - Pilih Gambar yang di inginkan. kemudian tekan Open.
  2. Setelah gambar terbuka pilih Type Tool yang ber-icon "T". Atau cara singkatnya kamu bisa langsung menekan huruf "T" yang ada di keyboard kamu.
  3. Klik di bagian gambar mana saja untuk mulai menulis. Sekarang cobalah ketikkan sesuatu.


2. Cara Setting Teks

Untuk mengatur teks kita harus tetap berada di Type Tool. Jika tidak, maka menu pengaturannya tidak akan muncul. Di dalam menu pengaturan teks sendiri terdapat berbagai macam.

Berikut saya akan menjelaskan satu-persatu dari settingan dasar yang ada, beserta dengan kegunaannya:


  1. Digunakan untuk mengubah jenis/gaya Font yang kita gunakan. Sudah terdapat banyak Font bawahan. Namun, jika ingin menggunakan font yang lebih keren silahkan download dan install font tambahan.
  2. Untuk membuat teks menjadi tebal, miring dan tebal miring sekaligus.
  3. Untuk mengatur ukuran font. Tersedia dari ukuran 6 pt sampai 72 pt. Jika masih kurang besar, tekan CTRL+T lalu tarik ujungnya sampai menjadi besar yang kamu perlukan.
  4. Mengatur kekuatan teks.
  5. Mengatur teks menjadi rata kiri.
  6. Mengatur teks agar berada di tengah.
  7. Mengatur teks menjadi rata kanan. 
  8. Digunakan untuk mengubah warna teks.
  9. Digunakan untuk mengatur gaya tulisan. Kamu bisa membuat tulisan melengkung ke atas, melengkung bawah, dan lainnya dengan ini.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips dari cara menambahkan Teks kedalam foto/gambar dengan menggunakan software editting Photoshop. Bagaimana, caranya mudah kan?

Trimakasih sudah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya tentang tutorial photoshop DISINI. Jangan menyerah untuk terus belajar ya. Karena para profesional berhasil karena mereka mau berkembang dan mempelajari hal-hal baru. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel