Cara Membuat Teks Melengkung di Photoshop CS6

Halo sobat desainer, kali ini saya akan membagikan cara membuat efek teks melengkung di Adobe Photoshop. Kemu bisa membuatnya di semua versi photoshop, mulai dari CS3 sampai versi terbaru saat ini.

Cara Membuat Teks Melengkung di Photoshop CS6

Sebagai seorang desainer kita di tuntut untuk selalu kreatif dan memberikan ide-ide baru untuk menarik minat klien. Kalau desain kita itu-itu saja orang tidak ada yang tertarik dong untuk memesan desain ke kita.

Membuat efek teks melengkung bisa di gunakan untuk membuat desain poster, pamflet, banner, dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat menjadikan desain kita terlihat lebih menarik dan tidak monoton.

Baiklah, langsung saja kita mulai tutorialnya. Di sini saya menggunakan Photoshop CS6, namun cara ini berlaku juga kok di semua versi. Jadi jangan khawatir ya.

1. Membuat Teks melengkung Menggunakan Pen Tool


Cara pertama kita akan menggunakan Pen Tool. Fungsi dari Pen Tool adalah sebagai garis penentu, yang nantinya teks yang kita tulis akan mengikuti alur dari garis yang kita buat dengan Pen Tool.

Baiklah, mari kita mulai tutorialnya dengan membuat lembar baru dengan menekan CTRL+N.

1. Setelah membuat lembar baru silahkan pilih Pen Tool dan buatlah satu garis lurus
2. Selanjutnya buatlah titik tambahan di tengah garis lurus tersebut. Caranya tekan dan tahan tombol ALT kemudian klik tepat di tengah garis yang sudah kita buat tadi. Maka tampilannya akan seperti di bawah ini.
3. Kemudian tarik titik tengah ke arah bawah sambil menekan tombol CTRL. Sampai di sini kita sudah mempunyai garis melengkung. Jika lengkungan di rasa kurang pas maka aturlah (geser) titik-titik Pen Tool sambil menekan tombol CTRL.
4. Saatnya kita memasukkan Teks yang akan di lengkungkan. Caranya pilih Type Tool yang memiliki simbol huruf "T".


Kemudian klik di titik awal Pen Tool yang kita buat tadi. maka akan muncul tanda gelombang yang berarti sudah siap di aplikasikan. Sebagai contoh saya mengetik "Tutorian21.com" dan hasilnya sebagai berikut:
Cara Membuat Teks Melengkung di Photoshop CS6
5. Selain membuat tulisan melengkung seperti gambar di atas, kita juga bisa membuat tulisan bergelombang. Caranya dengan membuat garis bergelombang menggunakan Pen Tool maka tulisan yang kita ketikkan akan mengikuti alurnya.
Cara Membuat Teks Melengkung di Photoshop CS6

2. Membuat Teks Melengkung Menggunakan Create Warped Text


Cara membuat tulisan melengkung selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Create Warped Text. Fitur ini di sediakan oleh Adobe Photoshop agar pengguna dapat membuat berbagai variasi tulisan dari melengkung sampai melingkar dengan cara yang mudah.

1. Pilih Type Tool dan ketikkan kalimat atau kata yang akan di lengkungkan.


2. Kemudian blok kalimat tersebut dan pilih Create Warped Text.


3. Setelah memilih Create Warped Text, kamu akan secara otomatis masuk di menu Warp Text. Di menu tersebut terdapat beberapa pengaturan Style teks. Sesuaikanlah dengan yang kamu perlukan.


4. Jika sudah tekan OK

Akhir Kata

Yap, itulah cara membuat efek tulisan melengkung menggunakan Photoshop. Dari kedua cara di atas yang paling sering saya aplikasikan adalah cara pertama. Meskipun caranya agak ribet namun kita bisa lebih leluasa berkreasi, dengan mengatur sendiri lengkungan-lengkungan sesuai yang di inginkan.

Sementara dari cara yang kedua, menurut saya tidak terlalu efisien, karena Style yang di sediakan dari pihak Photoshop terbatas.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel