Cara Membuat Pas Foto Sendiri dengan Adobe Photoshop

Tutorian21- Pas foto adalah sebuah foto dengan ukuran standar yaitu 2x3, 3x4, dan 4x6 Centimeter. Pas foto juga harus mempunyai background polos dengan warna merah atau biru.  Dimana background berwarna merah di gunakan untuk orang yang memiliki tahun kelahiran ganjil dan background warna biru di gunakan untuk orang dengan tahun kelahiran genap.


Cara Membuat Pas Foto Sendiri dengan Adobe Photoshop

Membuat pas foto sendiri bertujuan untuk menghemat uang kita. Jika kita pergi ke studio foto dan percetakan tentunya kita perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar jasa fotografer dan percetakan sekaligus. Namun, jika kita membuat pas foto sendiri kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk mencetak saja, karena bahan foto sudah ada.

Baca Juga: Cara membuat dokumen baru yang baik dan benar di photoshop

Untuk membuat pas foto sendiri terdapat beberapa persyaratan, agar foto yang di hasilkan berkualitas dan memenuhi standar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Siapkan foto setengah badan dengan pakaian yang rapi dan sopan. Usahakan juga rambut tertata rapi agar penampilan semakin oke.
  2. Foto boleh di ambil melalui kamera HP Android. Namun usahakan kualitas foto tetap baik dalam pencahayaan dan ketajaman yang mencukupi (tidak blur dan gelap).
  3. Untuk pengeditannya, di sini saya menggunakan software Adobe Photoshop.

Membuat pas foto di Adobe Photoshop sebenarnya tidak sulit, kita hanya perlu memotong foto dan mengganti warna background-nya sesuai kebutuhan. Untuk memotong foto bisa menggunakan beberapa Tool, diantaranya adalah Magic, Pan, Wand dan Lasso Tool.

Namun agar kita mendapat potongan foto yang bagus, saya sarankan menggunakan Polygonal Lasso Tool.

Oke, mari kita mulai saja tutorialnya. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini ya!


1. Pertama-tama silahkan buka Photoshop kemudian pilih File – Open – Pilih foto yang ingin di edit lalu tekan Open.



2. Setelah foto berhasil di buka, klik dua kali Layer “Background” maka akan muncul jendela baru dan ganti name menjadi “Saya”. Lihat gambar di bawah ini:



3. Selanjutnya kita akan memulai seleksi untuk motongan/cropping foto agar bisa mengganti warna background-nya. Untuk menyeleksi pilihlah Polygonal Lasso Tool yang memiliki icon seperti gambar di bawah ini:



4. Seleksi foto dengan cara klik-klik kiri mengelilingi objek yang ingin di hilangkan (Background). Lakukan ini dengan sabar dan teliti, usahakan memberikan titik yang banyak terutama di bagian lengkungan agar potongan yang di hasilkan rapi dan halus. 


Teruskan hingga titik akhir seleksi kita bertemu dengan titik awal. Sebagai contoh lihatlah gambar di bawah ini:


Cara Membuat Pas Foto Sendiri dengan Adobe Photoshop

Tips:
Agar mempermudah dalam menyeleksi objek, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Zoom In gambar dengan cara menekan CTRL + simbol “+”.
  • Zoom Out gambar dengan cara menekan CTRL + simbol “-”
  • Menggeser gambar dengan cara menekan Space + Klik mouse dan geser ke arah yang kamu mau.
  • Untuk menghapus  titik seleksi, kamu bisa menekan tobol Delete.

5. Jika penyeleksian sudah selesai maka tekan tombol Delete untuk menghapus Background. Kemudian tekan CTRL + D untuk menghapus bekas seleksinya.

Sampai di sini kita sudah memiliki foto tanpa background.


Cara Membuat Pas Foto Sendiri dengan Adobe Photoshop

6. Langkah ke-5 adalah membuat warna background Biru atau Merah tergantung kebutuhan. Caranya tekan tombol CTRL + SIFT + N lalu beri nama “warna merah” lalu tekan OK.



7. Jika sudah pindahkan Layer “warna merah” menjadi di bawah Layer “Saya”. Caranya klik dan geser saja ke bawah, lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.



8. Langkah selnjutnya klik pada layer “warna merah” lalu pilih Paint Bucket Tool yang berada di sebelah kiri Photoshop. Selanjutnya pilih warna yang di butuhkan sebagai contoh disini saya memilih warna Merah. 



Jika sudah memilih warna silahkan klik pada Foto maka hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Sampai di sini kita sudah berhasil megngubah warna background.



9. Agar foto semakin terlihat realistis silahkan klik Layer “Background” kemudian pilih Blur Tool. Atur ukurannya jangan sampai terlalu besar kemudian gosokkan pada bagian pinggir objek saja. Caranya tinggal klik+tahan kemudian gosok-gosok (jangan sampai terkena bagian tengah objek ya).

10. Terakhir adalah memotong foto agar sesuai ukuran setandar yaitu 2x3, 3x4, dan 4x6 Centimeter. Caranya pilih Rectangular Marquee Tool.



Kemudian ubah Style menjadi Fixed Size dan atur Width (lebar) dan Height (tinggi) sesuai kebutuhan. Sebagai contoh di sini saya memasukkan Width= 4 Cm dan Height= 6 Cm.



Sesuaikan posisi dan ukuran foto. Jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini:

Cara Membuat Pas Foto Sendiri dengan Adobe Photoshop

Akhir Kata:

Bagaimana, tidak sulit kan? Intinya kita hanya perlu mengubah warna background dan memotong foto sesuai ukuran pas foto yang kita inginkan. Dengan membuat pas foto sendiri kamu bisa menghemat pengeluaran kamu, karena tidak perlu membayar jasa fotografer.

0 Response to "Cara Membuat Pas Foto Sendiri dengan Adobe Photoshop"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel