Skip to main content

Cara Membuat Layer Baru di Photoshop beserta Pengertiannya

Halo para sobat desainer dimanapun berada. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sebuah teknik dasar yang wajib di ketahui oleh semua pengguna photoshop.

Teknik apakah itu? Seperti yang tertera pada judul artikel ini yaitu teknik membuat layer baru.


Apa sih layer itu? Layer adalah sebuah lembar lapisan yang dimana lembaran tersebut berisi gambar/coretan kita yang akan saling bertindihan. 

Dengan memanfaatkan Layer kita bisa memisahkan bagian-bagian tertentu desain kita. Misalnya kita sedang menggambar kucing maka kita bisa menggambar kepala, kaki, dan badan di layer yang terpisah.

Terus manfaatnya apa? Nah, manfaat jika kita menggunakan Layer adalah kita bisa mengedit bagian-bagian tertentu sesuai dimana bagian itu di letakan.

Contohnya jika kepala kucing ada di dalam layer A dan badan kucing berada di dalam layer B, maka jika kita ingin mengedit bagian kepala kucing kita tidak perlu kawatir akan mengganggu bagian badannnya karena keduanya saling terpisah.

Manfaat lainnya adalah kita bisa menutupi bagian tertentu tanpa harus mengubah gambar aslinya. Misalnya kita ingin menutupi wajah seseorang, kita cukup menambahkan layer baru yang berposisi di atas layer objek,

Seperti contoh gambar di bawah saya membuat Layer Baru di atas Layer Objek dan membuat penutupnya berada di Layer Baru. Seperti yang saya katakan di awal, layer adalah sebuah lapisan, jadi setiap lapisan akan menindih lapisan di bawahnya. 


Jika saya menempatkan layer baru di bawah layer objek maka penutup wajah tidak akan terlihat karena tertindih / terhalangi layer objek yang ukurannya lebih besar.

Jika saya menempatkan Layer Baru di bawah Layer Objek maka gembar penutup wajah tidak akan terlihat karena tertindih / terhalangi oleh Layer Objek.

Bagaimana, sekarang sudah paham kan manfaat dari membuat layer baru di adobe photoshop? Karena sudah tau manfaat dan pengertiannya mari kita lanjut ke tutorial membuatnya.

Cara 1: Cara pertama untuk membuat Layer adalah dengan klik icon "Creat a New Layer" yang berada di pojok kanan bawah. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
Cara Membuat Layer Baru di Photoshop

Cara 2: Cara kedua melalui menu Layer yang ada di bagian atas photoshop. Caranya pilih Layer->New->Layer.

Cara Membuat Layer Baru di Photoshop

Cara 3: Cara ketiga adalah dengan menekan tombol SHIFT+CTRL+N.

Bagaimana mudah kan? Untuk menggambar di dalam layer caranya cukup dengan klik layer yang di inginkan, kemudian kamu bisa langsung memulai menggambar.

Akhir Kata
Nah, itulah beberapa cara membuat layer baru di adobe photoshop. Cara ini wajib di ketahui oleh pengguna photoshop pemula. Untuk tutorial lainnya kalian bisa klik DISINI.

Trimakasih dan sampai jumpa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar