Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop Menggunakan Stroke

Memberikan garis tepi pada gambar/objek bertujuan agar objek tersebut lebih terliat mencolok. Biasanya para desainer menggunakan teknik ini saat membuat sebuah banner, pamflet, dan poster guna menonjolkan pesan atau sesuatu yang ingin di sampaikan.

Membuat Garis Tepi di Photoshop Menggunakan Stroke

Untuk cara membuatnya sendiri bisa di bilang mudah. Karena dari pihak Photoshop sendiri sudah memberikan fitur khusus untuk membuat garis tepi yaitu fitur Stroke.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mempraktekkan cara membuatnya. Silahkan di simak ya!

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop Menggunakan Stroke

1. Buatlah lembar kerja baru (CTRL+N). Kemudian masukkan gambar atau teks yang ingin di beri garis tepi. Sebagai contoh di sini saya memasukkan teks "Adobe Photoshop 2019".
2. Selanjutnya klik kanan pada Layer objek yang ingin di beri garis tepi. Kemudian pilih Blending Option.


3. Setelah memilih Blending Option secara otomatis kamu akan masuk di menu Layer Style. Lalu pilih dan centang Stroke.

Membuat Garis Tepi di Photoshop Menggunakan Stroke

Di dalam menu stroke terdapat beberapa pengaturan. Berikut adalah penjelasannya:
  1. Size: Berfungsi mengatur tebal dan tipisnya garis tepi yang kamu buat.
  2. Position: Berfungsi untuk mengatur posisi garis. Outside artinya garis akan berada di luar objek. Inside artinya garis akan berada di dalam objek. dan Center yang berarti garis akan berada tepat di tengah-tengah objek. 
  3. Opacity: Mengatur tingkat Transparasi dari garis tepi yang kamu buat. Semakin kecil nilainya, maka garis akan semakin tipis (transparan)
  4. File Type: Untuk menentukan type warna garis yang di buat. Color yang berarti garis hanya memiliki satu warna saja. Gradient membuat garis tepi dengan warna gradasi. dan Pattern untuk membuat warna berpola.
Jika sudah maka hasilnya kurang lebih akan seperti berikut:
Membuat Garis Tepi di Photoshop Menggunakan Stroke
Bagaimana, mudah kan? hanya dengan memanfaatkan fitur Stroke saja kita sudah bisa membuat garis tepi di Photoshop dengan mudah. Kamu juga bisa menggunakan teknik ini untuk membuat desain logo, nomer peserta, dan lain sebagainya.

Cukup sampai di sini tutorial kali ini, dan trimakasih juga sudah membaca artikel saya. Jika kamu ingin belajar menggunakan photoshop lanjut baca artikel saya lainnya DISINI. Selamat mencoba ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel