Skip to main content

4 Cara Membuat Foto Menjadi Hitam Putih di Photoshop

Halo teman-teman calon desainer masa depan. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara mengubah foto berwarna menjadi foto hitam putih. Sebelum ada kamera canggih seperti di zaman modern ini, dulu semua foto hanya memiliki warna hitam dan putih saja loh.

Membuat Foto Menjadi Hitam Putih

Meskipun sekarang semua kamera bisa menghasilkan foto berwarna, tapi terkadang para fotografer malah sengaja memberi efek hitam putih di foto hasil karya mereka, dengan alasan agar terlihat lebih jadul dan klasik.

Membuat foto hitam putih bisa langsung melalui settingan kamera. Namun, banyak juga para fotografer yang memilih mengedit-nya sendiri melalui software pengolah foto yaitu photoshop.

Untuk mengubah foto berwarna menjadi hitam putih lewat photoshop caranya mudah. Setidaknya ada 4 cara paling mudah yang biasa di lakukan para fotografer saat mereka ingin mengubah hasil gambarnya menjadi tidak berwarna.

Bagaimana saja caranya? Silahkan simak ulasan berikut ini!

1. Black and White

Cara Membuat Foto Menjadi Hitam Putih di Photoshop

Cara pertama adalah dengan mengatur Adjustment Layer menjadi black and white. Caranya pilih menu Layer yang berada di atas kemudian pilih Adjutsment Layer dan pilih Black & White.

2. Mengatur Hue/Saturation

 Cara Membuat Foto Menjadi Hitam Putih di Photoshop

Cara berikutnya adalah dengan mengatur pewarnaan gambar melalui fitur Hue / Saturation. Caranya pilih menu Layer kemudian pilih Adjutsment Layer dan pilih Hue/Saturation atau cara singkatnya bisa dengan menekan CTRL + U.

Setelah pengaturan warnanya terbuka silahkan kurangi tingkat "Saturationnya" dengan cara menggesernya ke kiri. Semakin kecil tingkatnya maka semakin hilang warnanya.

Selain bisa memngubah warna menjadi hitam putih, kita juga bisa mengubah menjadi warna lain dengan mengatur "Hue".

3. Photo Filter

Cara Membuat Foto Menjadi Hitam Putih di Photoshop

Cara ketiga adalah menggunakan Photo Filter. Caranya pilih Layer - Adjustment Layer - Photo Filter

Setelah memilih Photo Filter otomatis akan muncul menu pengaturan warna, Ubah Color menjadi hitam dan Density menjadi 100%.

4. Desaturate

Cara Membuat Foto Menjadi Hitam Putih di Photoshop

Terakhir adalah menggunakan fitur Desaturate. Caranya pilih Image - Adjustment - Desaturate. Setelah memilih Desaturate, secara otomatis gambar anda akan langsung berubah hitam putih seketika.

Akhir Kata
Yap, itulah beberapa cara untuk mengubah foto berwarna menjadi hitam putih menggunakan Photoshop. Sebenarnya ada banyak cara lainnya, namun saya mengambil cara-cara mudah dan paling sering di gunakan kebanyakan orang.

Trimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang Photoshop. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar