3 Teknik dan Cara Memindahkan Gambar dalam Adobe Photoshop

Kemarin saya mendapat pertanyaan dari salah satu teman di facebook. "Mas cara memindahkan gambar/objek dari halaman kerja satu ke halaman kerja yang lain gimana sih?" Begitulah kira-kira pertanyaannya yang di kirim lewat aplikasi pesan Messenger.

Cara Memindahkan Gambar dalam Adobe Photoshop

Saya cukup terkejut dengan pertanyaannya, karena saya pikir memindahkan sebuah objek atau gambar dalam photoshop itu adalah hal yang sangat mudah, namun nyatanya ada juga yang masih belum tau. Atau mungkin dia baru belajar juga.

Dari pertanyaan di atas munculah ide untuk membuat artikel ini. Harapan saya agar para desainer pemula bisa terus belajar dan berkembang lebih baik lagi.

Oke, mari kita bahas 3 cara memindahkan gambar di Photoshop. Cara ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda meskipun tujuannya sama yaitu memindahkan gambar / objek. Silahkan di simak dengan baik ya!

1. Menggunakan Move Tool

Pertama adalah dengan menggunakan Move Tool. Caranya adalah pilih Move Tool yang bertempat di bagian kanan atas (lihat gambar di bawah).

Cara Memindahkan Gambar dalam Photoshop

Kemudian klik dan tahan gambar objek yang ingin di pindah. Lalu geser dan letakkan gambar tersebut ke tempat yang di inginkan.

Jika ingin memindahkannya ke halaman lain, misalnya dari Dokumen A ke Dokumen B caranya tinggal klik dan tarik gambarnya  menuju halam B seperti gambar di bawah.

Cara Memindahkan Gambar dalam Photoshop

Jika gambar sudah berada di posisi yang di inginkan, tekan Centang untuk menempelkannya.

Cara Memindahkan Gambar dalam Photoshop

2. Memindahkan 2 Layer atau Lebih Sekaligus

Terkadang kita perlu memindahkan gambar dalam beberapa layer yang berbeda sekaligus. Untuk melakukannya masih menggunakan Move Tool.

Cara Memindahkan Gambar dalam Photoshop

Caranya blok terlebih dahulu layer mana saja yang ingin di pindah (bisa 2 layer atau lebih), kemudian tekan CTRL+T pada keyboard, maka otomatis akan muncul garis persegi yang mengelilingi objek.
Cara Memindahkan Gambar dalam Photoshop
Selenjutnya pilih Move Tool untuk memindahkan objeknya. Setelah berada di posisi yang di inginkan kemudian pilih Centang.


3. Menggunakan Seleksi Tool & Copy Paste

Cara ketiga adalah menggunakan teknik salin-menyalin atau copy paste. Bukan hanya di MS.Word saja teknik ini berlaku. Namun, di Photoshop juga loh.

Caranya seleksi dulu gambar tertentu, Sebagai contoh disini saya menyeleksi gambar lingkaran sebagai objek yang akan saya pindah. Untuk menyeleksi bisa menggunakan Tool seleksi apa saja sesuai yang kamu kuasai.

Cara Memindahkan Gambar dalam Photoshop

Setelah seleksi selesai pilih menu Edit - Copy, atau cara cepatnya bisa dengan menekan tombol CTRL+C.

Selanjutnya masuklah ke lembar kerja lain, kemudian pilih menu Edit - Paste, atau cara singkatnya bisa dengan menekan CTRL+V.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa teknik memindahkan gambar dalam photoshop. terdapat beberapa cara untuk melakukannya, kamu bisa memilih cara mana saja tergantung kebutuhan kamu.

Trimakasih sudah membaca artikel ini, jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui tombol sosial media di bawah.

0 Response to "3 Teknik dan Cara Memindahkan Gambar dalam Adobe Photoshop"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel