Skip to main content

3 Cara Mengatur Ukuran FONT/TEKS pada Photoshop

Halo sobat Desainer muda, jumpa lagi dengan saya di blog Tutorian21.com. Sebelumnya kita sudah membahas cara membuat teks melengkung di Photoshop yang artikelnya bisa kalian baca di SINI.

 Cara Mengatur Ukuran FONT/TEKS pada Photoshop

Nah, pembahasan kali ini masih berhubungan dengan Font/Teks, yaitu cara mengubah ukuran Font/Teks yang kita ketik di lembar kerja Photoshop.

Besar kecilnya Font sangat berpengaruh terhadap desain kamu. Misalnya font terlalu kecil atau terlalu besar, pastinya akan mengurangi kecantikan desain yang kamu buat. Maka dari itu di butuhkan ukuran font yang sesuai.

Mengatur ukuran Font/Teks di Photoshop caranya cukup mudah. Terdapat 3 cara yaitu melalui Option Bar, Free Transform, dan Unit and Rulers. Untuk caranya silahkan ikuti tutorial berikut:

1. Melalui Option Bar


Cara Mengatur Ukuran FONT/TEKS pada Photoshop

Pertama-tama ketikkan Teks/kalimat di lembar kerja Photoshop  Selanjutnya blok Teks yang ingin di ubah ukurannya, kemudian pilih Size Font dan atur ukurannya sesuai kebutuhan kamu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar di atas.

2. Melalui Free Transform


Kedua adalah melalui Free Transform, caranya ketikkan teks di lembar kerja photoshop. Jika sudah, masuklah ke menu Edit - Free Transform atau cara cepatnya kamu bisa langsung menekan CTRL+T.
Cara Mengatur Ukuran FONT/TEKS pada Photoshop

Selanjutnya akan muncul garis untuk mengatur ukuran. Klik dan geser bagian pojok garis tersebut sampai ukuran Teks berubah sesuai yang kamu inginkan.

Tips menggunakan Free Transform: Agar teks tidak berubah menjadi peot. Saat menggeser garis usahakan sambil menekan tobol Shift di keyboard. Ini bertujuan agar gambar/teks tetap presisi dan tidak berubah menjadi peot.

3. Melalui Unit and Rulers


Cara ke tiga adalah mengubah satuan ukuran Font. Di dalam Photoshop sendiri terdapat 3 satuan yaitu Pixel, Milimeter, dan Point.

Dari 3 satuan Font tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, yaitu Pixel digunakan untuk desain font Website sementara Milimeter di gunakan untuk desain font percetakan (untuk di cetak ukuran besar).

Cara Mengatur Ukuran FONT/TEKS pada Photoshop

Cara mengubahnya pilih menu Edit - Preferences - Unit and Rules. Selanjutnya secara otomatis kamu akan masuk di jendela pengaturan Preferences, ubah Type menjadi Pixel atau Milimeter tergantung kebutuhan kamu.

Akhir Kata

Cukup mudah kan cara mengatur ukuran Font pada Photoshop. Trimakasih sudah membaca artikel ini, jika kamu tertarik untuk belajar Photoshop silahkan baca artikelnya DISINI. Selamat belajar!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar