Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG di Photoshop

Dalam dunia desain grafis terdapat berbagai macam format gambar diantaranya adalah JPG, PNG, PSD, GIF dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kebutuhan desain grafis terkadang di perlukan merubah format gambar dari JPG ke PNG maupun sebaliknya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengubah gambar JPG menjadi PNG dengan menggunakan software Photoshop.

Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG

Sebelum ke tutorialnya alangkah baiknya kita mengetahui dulu pengertian dan perbedaan dari format gambar JPG dan PNG agar kalian tidak salah pengertian.

Baca Juga: 3 Teknik memindahkan gambar dalam photoshop

1. JPG (Join Photographics Expert Group)

Saat ini format gambar JPG sudah di jadikan standart gambar di internet, itu karena komposisinya yang ringan dan dapat di kompres atau di perkecil kembali hingga ukuran 100:1 tergantung settingan yang di berikan

Format JPG cocok di gunakan untuk gambar yang memiliki banyak komposisi warna di dalamnya, misalnya foto model, pemandangan. Bahkan kebanyakan fotografer profesional juga memilih menggunakan format JPG untuk menyimpan hasil fotonya sebelum di posting di sosial media.

2. PNG (Portable Network Graphics)

PNG sendiri adalah perkembangan dari format GIF (Graphics Interchange Format). PNG sendiri mendukung sifat transparansi / transparan yang dapat mempercantik sebuah gambar melalui transparansinya.

Dalam kualitas ketajaman PNG lebih unggul dari format JPG . Itu di karenakan sifat transparasi yang membuat gambar berforman PNG menjdi tidak pecah. Dan tentunya ukuran gambar PNG lebih besar dari JPG.

Kini kalian sudah tau kan perbedaan di antara keduanya. Oke sekarang kita akan lanjut ke tutorialnya cara mengubah gambar JPG menjadi PNG. Silahkan simak dengan baik ya.

Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG di Photoshop


1. Pertama buka aplikasi photoshop kalian dan buka gambar yang ingin di rubah menjadi PNG. Cara membuka gambar seperti biasa yaitu  pilih File - Open - Pilih gambarnya atau bisa juga dengan menekan CTRL + O.
Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG

2. Setelah gambar berhasil di buka kemudian hapus background gambar menggunakan Magic Ereser Tool atau bisa juga menggunakan tool lain sesuai yang kalian bisa.
Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG
  • Note: Foto yang sudah di hapus backgroundnya akan berubah menjadi kotak-kotak, namun tenang saja itu bukan eror tapi memang begitulah jika gambar tidak memiliki background contohnya seperti gambar di bawah ini.
Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG

3. Jika sudah selesai menghapus backgroundnya kemudian pilih Save As. Nah di sinilah kita akan mengubah formatny dengan cara pilih Format kemudian pilih PNG kemudian tekan Save untuk menyimpan.
Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG

Selamat sekarang kamu sudah berhasil mengubah format JPG menjadi PNG dan bisa juga di lihat perbedaanya gambar JPG memiliki background dan gambar PNG tidak memiliki background seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengubah Format Gambar JPG Menjadi PNG

Sampai di sini artikel cara mengubah format gambar JPG menjadi PNG di photoshop. Jika kamu menemukan kesulitan silahkan tulis pertanyaanmu di kolom komentar.

Baca Juga: 4 Cara membuat foto hitam putih di photoshop

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel