Cara Mengganti IP Address Android Secara Manual / Static IP

Apa itu IP Address? Menurut Wikipedia IP adress (internet protocol address) atau yang juga biasa di sebut "Alamat IP" adalah sebuah susunan angka biner yang berfungsi sebagai alamat identidas sebuah personal host komputer dalam sebuah jaringan internet.
 
 
 

Bukan hanya komputer saja yang membutuhkan IP Addres namun perangkat smartphone juga membutuhkan IP Addres untuk bisa terhubung ke internet.

Pengguna komputer dan android terkadang mendapat masalah berupa eror conection saat berinternet menggunakan WiFi. Masalah tersebut bisa jadi di sebabkan oleh IP Address pengguna bertabrakan dengan pengguna lain.

Masalah di atas bisa di atasi dengan mengganti alamat IP / IP Addres sehingga tidak terjadi tabrakan dengan pengguna lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan tentang bagaimana caranya mengubah IP Address pada smartphone android. Untuk cara mengubah IP Addres di komputer atau laptop bisa anda baca di sini: 

Cara Mengganti IP Address Android Secara Manual / Static IP

Cara mengubah IP Address pada android bisa di lakukan sendiri tanpa memerlukan jasa tukang servis karena caranya benar-benar sangat mudah. Oke langsung saja ini dia caranya:

1. Pertama aktifkan perangkat WiFi pada android kamu. Lalu pilih dan buka nama WiFi yang mengalami eror conection. Sebagai contoh di sini saya memilih WiFi dengan nama Repeater_Huawei
 
 
 

2. Selanjuitnya anda akan otomatis masuk di settingan WiFi Conection. Lalu pilih menu Setelan IP dan ubah DHCP menjadi Static
 
 
 

3. Setelah memilih IP Static maka anda akan di hadapkan pada beberapa kolom. Silahkan isi kolom IP Address dengan angka 192.168.100.30 (angka tersebut tergantung jenis provider WiFi) Untuk kolom Geteway biasanya akan terisi otomatis.
 
 
 

4. Simpan setelan dengan mengetuk tombol Centang ataupun OK.

Nah sekarang kamu berhasil mengubah alamat IP / IP addres android, selanjutnya coba hubungkan kembali perangkat anda ke jaringan WiFi. Jika masih terdapat eror cobalah mengganti dua susunan angka IP addres (100.30) dengan angka acak hingga tidak terdapat eror lagi.

Adapun cara untuk memastikan apakah IP Address kamu sudah benar-benar berubah, yaitu menggunakan aplikasi IPCONFIG yang bisa kamu dapatkan dengan gratis di Google Play Store.

Cukup sampai di sini artikel tentang cara mengganti IP Addres android secara menual. Semoga artikel ini dapat menjadi solusi dari masalah kamu, dan jika mendapati kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel