Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop Lengkap dengan Penjelasannya

Hai sobat desain grafis, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah dokumen baru di adobe photoshop.

Ini adalah pelajaran paling dasar yang harus di ketahui para sobat desainer pemula. Kerena jika tidak tau cara membuat dokumen baru gimana kita mau memulai editting?

Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop

Mungkin bagi para master yang sudah lebih dulu bermain PS (Photoshop) ini adalah hal paling mudah. Namun bagi para pemula pasti akan bingung saat ingin membuat dokumen baru dan menemui kolom-kolom yang harus di isi seperti Preset, Width and High, Resolution dan lainnya.

Nah, pada tutorial ini kita akan membahasnya secara lengkap beserta pengertian dari kolom-kolom yang harus di isi.

Oke, langsung saja kita mulai tutorialnya.

1. Cara Membuat Dokumen Baru (New File)
Caranya pilih File kemudian pilih New. Setelah itu secara otomatis kita akan di hadapkan dengan pengaturan / setingan lembar kerja.

Cara Membuat \Dokumen Baru di Photoshop

Kita harus mengisi kolom demi kolom yang tersedia sesuai dengan kebutuhan kita, agar kita mendapat lembar kerja dengan tinggi, lebar dan resolusi seperti yang kita harapkan.

Untuk mengisi kolom dengan benar kita harus mamahami istilah-istilah dari setingan tersebut. Agar kita tidak salah mengisi dan membuat dokumen kita berantakan. Untuk itu silahkan simak poin dua di bawah ini.

2. Isi Kolom Setingan Dokumen dengan Benar
Seperti yang saya katakan di atas, mengisi kolom settingan dengan baik dan benar tentunya akan membuat lembar kerja kita terlihat lebih profesional. Untuk membuatnya silahkan isi dan pahami item-item berikut:

Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop
  1. Name: Nama dokumen yang kita buat.
  2. Preset: Adalah ukuran lembar kerja. Dari Photoshop sendiri sudah menyediakan ukuran standar. seperti ukuran standar kertas, foto dan lainnya. Jika kita ingin membuat ukuran sendiri silahkan pilih Custom.
  3. Width: Ukuran lebar lembar kerja, di sampingnya kita bisa memilih satuan ukur seperti centimeters, inches, pixels dan lainnya.
  4. Height: Ukuran tinggi lembar kerja, di sampingnya kita juga bisa memilih satuan ukur.
  5. Resolution: Adalah sebuah kerapatan dalam sebuah gambar. Semakin besar nilainya maka semakin halus sebuah gambar.
  6. Color Mode: Setingan warna yang akan kita pakai. Pada umumnya orang-orang menggunakan RGB, namun jika gambar untuk kebutuhan di print lebih baik gunakan CYMK.
  7. Background Contents: Warna dasar / background kanvas kerja yang kita buat.
3. Membuat 2 Lembar Kerja
Untuk membuat 2 lembar kerja cukup dengan membuat dokumen baru lagi seperti cara di atas. Jika sudah maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop

Untuk beralih dari halaman satu ke halaman lainnya tinggal klik saja nama dokumennya, maka secara otomatis kamu akan di alihkan.

Akhir Kata
Nah, itulah beberapa tips membuat dokumen baru di photoshop. Kesimpulannya kita harus mengisi pengaturan tinggi, lebar, resolusi dan lainnya agar hasil yang kita dapatkan sesuai dengan keinginan.

Trimakasih sudah membaca artikel ini. jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share melalui tombol sosial media di bawah.

0 Response to "Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop Lengkap dengan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel