Skip to main content

5 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Tanpa Pergi ke Dokter

Ilusrasi Sakit Gigi

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Sakit gigi tak pernah pandang usia, dari anak-anak sampai orang tua bisa saja mengalaminya. Penyebabnya juga bermacam-macam di antaranya adalah sering mengkonsumsi makanan manis, gigi berlubang, hingga jarang membersihkan gigi (gosok gigi).


Saat sakit gigi menimbulkan rasa nyeri yang tidak karuan, mau makan dan minum pun rasanya nggak enak karena saat ada sesuatu yang menyentuh gigi malah membuat rasa nyeri semakin parah. Selain itu orang yang sakit gigi bisa mudah emosi/marah, karena terganggu suara- suara berisik yang bisa membuat gigi tambah sakit.


Untuk mengobati sakit gigi kamu bisa pergi ke dokter dan meminum obat sesuai resepnya. Tapi terkadang ada juga orang yang tidak ingin pergi ke dokter, karena alasan malu dengan penyakit yang di derita. Karena orang yang giginya berlubang seringkali di anggap sebagai orang yang jorok dan malas membersihkan mulut.


Selain dengan cara pergi ke dokter, kamu juga bisa mengobati sendiri gigi yang sakit dengan menggunakan bahan alami di rumah. Berikut adalah cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami sehingga kamu tidak perlu pergi ke dokter.
 

1. Berkumur dengan Air Garam
 
Sudah dari dulu air garam di percaya bisa mengurangi dan mengobati gigi yang sakit. Garam mempunyai kandungan disinfektan yang bisa meredakan rasa nyeri pada gigi. Selain itu menggunakan air garam untuk berkumur juga bisa membersihkan mulut dari kuman dan sisa-sisa makanan yang tertinggal.

Cara mengobati sakit gigi dengan air garam. Siapkan air hangat secukupnya kemudian masukkan garam sekitar 1 sendok saja, aduk hingga garam larut lalu gunakan air itu untuk berkumur. Lakukan secara teratur setiap selesai makan.

2. Mengunyah Daun Jambu Biji

 
Obat sakit gigi alami berikutnya adalah daun jambu biji. Daun jambu biji bisa menjadi obat ampuh untuk meredakan sakit gigi. Pasalnya di dalam daun jambu biji terdapat kandungan anti mikroba yang bisa memberantas kuman-kuman penyeban sakit gigi.

Caranya sediakan beberapa lembar daun jambu biji kemudian kunyah hingga lembut, diamkan beberapa saat di daerah gigi yang sakit sampa rasa nyeri berkurang.

3. Berkumur dengan Air Daun Sirih

 
Daun sirih memeng di kenal memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah bisa mengobati nyeri di gigi. Bahkan orang-orang zaman dulu sering menggosokkan daun sirih di gigi (nginang) guna menjaga kesehatan gigi mereka.

Caranya rebus beberapa lembar daun sirih hingga warna air berubah, lalu gunakan air hasil rebusannya untuk berkumur. Kandungan zat batlephenol dari daun sirih akan membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi sakit dan berlubang.

4. Mengompres dengan ES Batu

 
Sakit gigi bisa juga di sebabkan dari gusi yang bengkak. Untuk mengatasi pembengkakan tersebut kamu bisa mengompres pipi di daerah yang sakit menggunakan es batu. Caranya cukup sediakan pecahan es batu dan bungkus dengan kain bersih, lalu tempelkan di area pipi yang sakit.

5. Mengunyah Bawang Putih

 
Salain di gunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Kandungan alami dari bawang putih dapat membunuh bakteri dan meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. 

Caranya ambil satu siung bawang putih lalu kunyah mentah-mentah. Kamu juga bisa menambahkan garam agar hasilnya maksimal.

Itulah beberapa tips mengobati gigi yang sakit dengan bahan alami tanpa harus pergi ke dokter. Namun, apabila sakit tidak kunjung sembuh juga, alangkah baiknya jika melakukan pemeriksaan ke dokter. Agar di ketahui jelas penyebabnya dan juga cara mengobatinya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar