Skip to main content

Tak Terduga, 5 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Salah satu hal yang membahagiakan di dunia ini adalah bisa tertawa lepas bersama rekan, sahabat, dan juga keluarga. Dengan tertawa bersama juga dapat mempererat hubungan atara manusia (akrab).

Tertawa bisa juga di sebut bentuk ekspresi dari perasaan bahagia seseorang. Dan asal kamu tahu, tertawa juga bisa memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh kita loh. Mau tau apa saja manfaatnya? Berikut 5 manfaat tertawa bagi tubuh yang mungkin selama ini tidak pernah kamu ketahui.


1 Menghilangkan stres


Menurut penelitian, terbukti bahwa tertawa dapat menekan dan mengurangi hormon stres. Itulah sebabnya kamu bisa merasa lega setelah tertawa lepas, karena hormon-hormon penyebab stres hilang dari tubuh kita.

Nah, jika kamu sedang stres akibat tekanan sehari-hari, cobalah mencari teman untuk di ajak ngobrol dan tertawa lepas. Agar rasa stres dapat hilang dan membuatmu jadi lebih lega.

2. Menurunkan tekanan darah

Baru tau kan kamu, kalau tertawa ternyata bisa menurunkan tekanan darah? Tentunya tertawa bisa sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi, karena bisa menjadi obat yang manjur untuk menormalkan tekanan darah mereka.

Tak sampai disitu, tertawa juga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke. Nah, bagi kamu yang jarang tertawa atau bersenang-senang karena kesibukan pekerjaan, cobalah mulai sekarang luangkan waktu untuk menghibur diri bersama keluarga dan teman.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh (imune)

Dengan lepasnya hormon stres saat tertawa bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Tertawa dengan suasana hati yang bahagia juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh (imune). Dampaknya kita akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit karena sistem kekebalan tubuh kita kuat untuk melawan virus dan penyekit.

4. Membuat otot wajah menjadi rileks

Manfaat tertawa selanjutnya adalah bisa menurunkan tegangan otot wajah dan membuatnya semakin rileks. Bahkan bukan hanya pada otot wajah, reaksi tertawa juga bisa melenturkan semua otot di tubuh loh. Kerena itu jika kamu sedang letih banyak-banyaklah tertawa ya.

5. Membuat pikiran menjadi positif

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sedih, depresi, dan tertekan akibat aktifitas sehari-hari misalnya saat banyak pekerjaan di kantor, tugas kuliah yang menumpuk, bahkan depresi karena hubungan asmara.

Masalah tersebut seringkali membuat kamu pusing, stres, depresi dan sedih. Namun, dengan tertawa terbahak-bahak dengan teman atau keluarga bisa meringankan beban dan membuat pikiran kamu menjadi positif.

Ternyata tertawa dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, dan masih banyak lagi manfaat positif lain yang di hasilkan dari tertawa. Karena itu jangan lupa untuk tertawa ya.

Trimaksih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga hari-harimu selalu menggembirakan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar