Skip to main content

Cara Menyembunyikan File, Foto dan Vidio di HP Android Tanpa Aplikasi


Setiap orang pasti mempunyai sebuah file rahasia di dalam HP android yang tidak ingin di ketahui oleh orang lain, entah itu berupa foto, vidio, ataupun dokumen. Untuk mengantisipasi agar file tersebut tidak di buka oleh orang lain, maka haruslah di sembunyikan di tempat yang aman, agar privasi tetap terhindar dari bahaya tangan teman yang jahil.

Ada 2 cara untuk menyembunyikan file rahasia kamu, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi dan juga tanpa menggunakan aplikasi. Nah, untuk tutorial berikut ini aku akan mengajarkan kepada kalian cara menyembunyikan file foto, vidio tanpa menggunakan aplikasi. 

Kelebihan menyembunyikan file tanpa aplikasi pihak ke-3 adalah kamu dapat menghemat RAM dan juga ROM smart phone android kamu. Karena jika RAM dan ROM android penuh bisa-bisa HP android kamu menjadi lemot alias lambat. 

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial berikut.


Cara Menyembunyikan File di HP Android Tanpa Aplikasi 

Cara menyembunyikan file foto dan vidio di android tanpa aplikasi sebenarnya sangat mudah, di sini aku mempraktikkan dengan menggunakan HP xiaomi. Jika kamu menggunakan tipe HP yang lain seperti Oppo, Samsung, Vivo, maka caranya kurang lebih akan sama, hanya saja mungkin posisi tombolnya saja yang akan berbeda.
  • Buka Manager file di android kamu dan carilah foto atau vidio yang akan di sembunyikan.
  • Tekan dan tahan foto atau vidio yang akan di sembunyikan, kemudian pilih mana saja file yang ingin di sembunyikan.
  • Kemudian pilih menu lainnya / titik tiga, tergantung tipe HP.
  • Lalu pilih sembunyikan, maka kamu akan di suruh untuk memasukkan password agar privasi kamu semakin aman.
  • Untuk membuka file yang telah di sembunyikan caranya dengan pilih titik tiga / garis tiga yang ada di kiri atas, kemudian kamu akan di suruh memasukkan password untuk dapat mengaksesnya.
  • Untu menampilkan kembali file yang di sembunyikan caranya klik dan tahan file foto atau vidio yang di sembunyikan lalu pilih tampilkan, lalu letakkan di folder yang kamu inginkan.
  • Kamu juga dapat menyembunyikan folder beserta file yang ada di dalamnya sekaligus, caranya sama saja dengan cara di atas.
Bagaimana, cukup mudah kan? Kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3 untuk menyembunyikan file rahasia kalian. Nama aplikasinya adalah Secure Gallery, aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Playstore dengan gratis.

Cara menggunakannya-pun mudah dan simpel, kamu tinggal membuka aplikasi Secure Gallery. Lalu pilih file mana saja yang ingin di sembunyikan, setelah itu akan muncul pilihan untuk mengunci. Nah, dengan sekejap maka file kamu sudah tersembunyi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar