Skip to main content

Cara Membuat Struktur Organisasi dengan Microsoft Word 2007

Struktur Organisasi adalah sebuah susunan peringkat serta pembagian tugas dan tanggung jawab yang terdapat dalam sebuah perusahaan dan kelompok masyarakat. Struktur organisasi adalah salah satu hal penting yang harus di miliki oleh semua organisasi, karena dengan adanya struktur organisasi, pekerjaan akan mudah untuk di bagi sesuai jabatan dan tugas masing-masing. Lalu bagimana caranya membuat struktur organisasi?

cara membuat struktur organisasi di MS Word

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan mengajarkan tentang bagaimana caranya membuat struktur organisasi sendiri dengan menggunakan Microsoft Word 2007. Selain itu kalian juga dapat menggunakan Microsoft Ofice Viso dan Microsoft Exel untuk membuat struktur organisasi. Namun, kali ini aku hanya akan membuat tutorialnya menggunakan MS Word, karena mudah di pahami dan di terapkan khususnya untuk pemula.


Cara Membuat Struktur Organisasi di MS Word

1. Buka New File di MS Word atau buka dokumen yang ingin di beri gambar struktur organisasi.
2. Klik tab Insert yang ada di bagian atas.




3. kemudian pilih SmartArt.



4. Secara otomatis kamu akan masuk di jendela baru yang di dalamnya ada benyak pilihan SmartArt Graphic.
4. Pilih Hierarchy dan silahkan pilih struktur bagan sesuai kebutuhan.



5. Kemudian tekan Ok


Cara edit teks dan kolom adalah sebagai berikut.

1. Mengganti Teks dengan cara klik kanan dalam kotak dan pilih Edit Texs.
2. Mengatur besar kotak / bagan dengan cara kilik kotak yang ingin di atur, kemudian geser ukurannya sesuai keinginan.
3. Menambahkan kolom dengan cara klik kanan pada kolom yang ingin di tambahkan kotak, kemudian pilih Add Shape. Dalam Add Shape ada beberapa pilihan dengan keterangan sebagai berikut.


  • Add Shape After untuk menambah kotak di kanan
  • Add Shape Before untuk menambah kotak di kiri
  • Add Shape Above untuk menambah kotak di bawah
  • Add Shape Below untuk menambah kotak di bawah



4. Selain itu kamu juga bisa merubah warna kolom atau kotak bagan dengan cara klik  Change Color yang ada di bagian atas.
Namun, jika kamu ingin membuat struktur organisasi dengan banyak kotak atau bagan maka akan sedikit sulit jika membuatnya di MS Word. Untuk itu kamu bisa menggunakan MS Exel atau MS Viso agar lebih mudah.

Bagaimana, mudah bukan caranya? Cara di atas bisa kamu gunakan untuk membuat struktur organisasi kelas sekolah maupun struktur organisasi masyarakat dengan mudah hanya menggunakan MS Word saja. Jika kamu merasa kesulitan dan membutuhkan bantuan, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar