Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet di PC Lewat CMD


Koneksi internet di tempatmu tiba-tiba saja menurun atau tidak setabil? Tentu itu akan menjadi masalah yang menjengkelkan, dan bisa saja mengganggu pekerjaan dan aktifitas ber-internet kamu. Misalnya saja, saat kamu sedang mengunduh file atau sedang bermain game online pasti akan terganggu jika koneksi internet di tempatmu tiba-tiba menurun.

Alangkah baiknya jika kamu mengecek kecepatan koneksi internet terlebih dahulu sebelum kamu mengunduh file atau bermain game online, agar kamu mengetahui apakah koneksi internet kamu layak untuk melakukan aktifitas tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan berbagi tutorial atau cara mudah untuk mengecek kecepatan koneksi internet di tempatmu, dengan software yang bernama CMD (command prompt). Software ini adalah software bawahan dari laptop atau PC, jadi kamu bisa langsung membukanya tanpa harus repot-repot mengunduhnya.

Apa itu CMD?

Sebelum memulai tutorialnya, alangkah baiknya jika kita mengetahui dahulu apa itu CMD. Command prompt atau yang biasa di singkat CMD adalah sebuah perintah DOS yang terdapat di windows dan dapat di akses secara online maupun offline. CMD memiliki fitur dan fungsi yang sangat berguna, contohnya kamu dapat memindahkan file, mengecek kecepatan koneksi, bahkan kamu bisa meretas sistem dengan memanfaatkan CMD.

Cara cek kecepatan koneksi internet melalui CMD

1. Buka CMD (Command prompt)


Kamu bisa mencari CMD melalui kolom search di windows. Atau bisa juga dengan menekan tobol windows + R lalu ketik CMD kemudian tekan enter.

2. Masukkan Kode di CMD


Setelah berhasil membuka CMD, kamu harus memasukkan kode ini di CMD ping 8.8.8.8 -t -l 1000 lalu tekan enter. 

Jika sudah maka akan muncul kode-kode seperti gambar di bawah ini dan perhatikan kode Time.

Keterangan:
  • Kode time = Semakin kecil angka artinya kecepatan koneksi internet kamu baik, normalnya kecepatan internet yang baik biasanya 30ms.
  • Kode time = Semakin basar angka (misalnya 110ms atau lebih) artinya kecepatan internet kamu sedang buruk.
  • Kode Request time our artinya koneksi terputus.
Bagaimana, mudah kan? Dengan cara simpel di atas kamu bisa memantau kecepatan koneksi internet di tempatmu tanpa harus ribet menginstal software tidak jelas di luarsana. Karena cukup dengan memanfaatkan Command prompt / CMD saja sudah bisa mengatasinya.

Nah, sekian sudah artikel tentang cara cek kecepatan koneksi internet di PC lewat cmd. Dan bagi kalian yang masih bingung silahkan tinggalkan komentar di bawah.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel