Skip to main content

Cara agar Bisa Tidur Lebih Cepat di Malam Hari


Kebiasaan begadang di malam hari dapat menyebabkan seorang menderita insomnia. Menjadi susah tidur karena sudah terbiasa melek sampai larut malam atau bahkan sampai menjelang pagi. Sudah berusaha sebisa mungkin untuk tidur lebih cepat namun tidak membuahkan hasil. Yang terjadi malah mata tambah melek dan tidak ada rasa ngantuk sedikitpun yang terasa.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar kamu dapat tidur lebih cepat di waktu malam dan terhindar dari masalah insomnia. Tentunya tips kali ini tanpa menggunakan obat tidur, Karena perlu di ingat bahwa mengkonsumsi obat tidur berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.


Cara agar bisa tidur lebih cepat di malam hari


1. Matikan dan jauhkan HP / peralatan elektronik lainnya

Cara pertama adalah dengan mematikan dan menjauhkan hp pribadi dan juga peralatan elektronik lainnya seperti komputer, laptop dan tablet. Dengan menjauhkan segala macam barang elektronik yang kamu miliki, kamu akan lebih fokus untuk memulai tidur lebih cepat. 

Jangan pernah tergoda untuk bermain gadget atau berselancar di media sosial saat akan tidur, karena dengan tanpa sadar konten yang kamu lihat di sosial media malah akan memicu otak menjadi lebih aktif, dan berakibat ngantuk tidak kunjung datang.

2. Mandi dengan air hangat

Rasa letih, lelah, dan stres akibat aktifitas seharian bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari atau yang biasa di sebut insomnia. Nah, karena itu cobalah untuk mandi menggunakan air hangat 1,5 jam sebelum istirahat, agar otot-otot lebih rileks dan fikiran menjadi tenang.

3. Makan

Mengonsumsi makanan berat (karbohidrat) terutama 4 jam sebelum hendak tidur terbukti dapat lebih cepat memicu datangnya rasa ngantuk. Menurut penelitian makanan berkarbohidrat dapat meningkatkan hormon tertentu yang dapat membuat tubuh kita menjadi cepat ngantuk.


4. Hindari minuman yang mengandung kafein

Jangan sekali-kali mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein ketika hendak tidur. Karena kafein bisa merangsang sistem saraf termasuk otak, sehingga kamu akan sulit ngantuk dan malah merasa tubuh dan fikiran kamu semakin bugar.

5. Minum susu

Meminum susu terutama sesaat sebelum tidur di percaya bisa membuat seseorang mudah ngantuk. Di d
alam susu terdapat protein yang mengandung triptofan asam amino yang cukup tinggi dan menghasilkan melatonin yang dapat memicu datangnya ngantuk. Karena itulah jika kamu merasa sulit tidur, tidak ada salahnya mencoba untuk meminum susu agar cepat ngantuk.

6. Mengatur nafas 

Yang di maksud mengatur nafas di sini adalah mengatur agar kamu bisa bernafas dengan tenang dan pelan alias tidak grusa grusu. Caranya dengan menarik nafas sebanyak-banyaknya dari hidung dan mengeluarkannya pelan-pelan dari mulut, lakukanlah secara berulang kali hingga kamu merasa lebih rileks. Cara ini dapat mengurangi tekanan darah dan denyut jantung, sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Jika kamu sudah melakukan semua cara di atas namun masih juga kesulitan tidur, cobalah untuk periksa ke dokter agar di ketahui penyebab pastinya dan juga cara mengobatinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar