6 Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar Agar Tidak Mudah Rusak


Di zaman yang serba modern ini hampir setiap orang pasti mempunyai laptop yang di pakai untuk bekerja, mengerjakan tugas kuliah, bermain game, atau menonton film. Nah, kamu pasti nggak mau dong laptop kesayangan yang sudah kamu beli mahal-mahal bakalan cepat rusak. Dikarenakan kamu tidak tau cara merawatnya, atau bisa jadi cara perawatan yang kamu lakukan selama ini ternyata salah.

Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi beberapa tips merawat laptop yang baik dan benar, sehingga laptop yang kamu miliki terhindar dari kerusakan dan jadi awet bertahun-tahun. Bagaimana saja caranya? Mari kita simak tips berikut dengan cermat.


6 Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

1. Membersihkan Laptop


Cara pertama dan sekaligus cara yang paling mudah merawat laptop adalah dengan rajin membersihkannya minimal satu kali dalam 2 minggu. Adanya debu yang tidak pernah di bersihkan, bisa menjadi menumpuk dan membuat komponen-komponen laptop kotor. Tentu saja ini bisa jadi masalah karena banyak kotoran di laptop maka akan menyebabkan laptop cepat panas dan kinerja menjadi lambat.

2. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur


Menggunakan laptop dan menaruhnya di atas kasur bisa menyebabkan sirkulasi udara di laptop kamu menjadi terganggu. Ventilasi yang ada di laptop berfungsi sebagai jalur keluar udara panas yang ada di dalam. Nah, jika ventilasi tersebut tertutup oleh kasur maka udara panas yang seharusnya keluar malah tidak bisa keluar dan berputar-putar di dalam laptop dan menjadikan komponen-komponen cepat panas.

3. Jangan Mengangkat Laptop saat Keadaan Masih Menyala


Mengangkat laptop saat keadaan masih menyala memang terlihat seperti biasa saja. Namun, sebenarnya hal tersebut bisa berdampak buruk bagi laptop kesayangan kamu. Karena saat laptop menyala, otomatis piringan hard disk masih dalam keadaan berputar. Nah, jika piringan hard disk berputar dalam keadaan terguncang atau miring bisa menyebabkan hard disk tergores. Alhasil hard disk akan megelami bad sector.

4. Jangan Bermain Game Berat dalam Durasi Lama


Mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah jika laptop kamu berjenis ROG Gaming yang harganya mencapai puluhan juta, karena laptop tersebut sudah di desain sedemikian khusus untuk memainkan game berat. 

Namun, jika laptop kamu masih dalam kategori laptop standar dan ber-spesifikasi pas-pasan tentu bisa menjadi masalah serius, yaitu laptop bisa mengalami overheat atau panas berlebih. Dan kalau ini terjadi terus menerus processor laptop kamu bisa rusak.

5. Jangan Download File / Software Sembarangan


Mngunduh file atau software sembarangan dari situs yang tidak jelas bisa memperbesar kemungkinan laptop terkena virus. Sebaiknya kamu juga memasng anti virus terbaik, agar sistem keamanan laptop kamu meningkat dan terhindar dari virus.

6. Jangan Langsung Menutup Layar LCD Laptop Setelah di Gunakan


Sebenarnya menutup langsung layar laptop setelah di gunakan tidak akan menimbulkan masalah jika suhu laptop dalam keadaan normal. Namun, jika kamu menutup layar laptop dengan kondisi suhu panas, maka udara panas yang keluar dari sela-sela keyboard akan langsung mengenai layar LCD dan dapat berakibat buruk terhadap LCD laptop kamu.

Nah itulah beberapa tips tentang cara merawat laptop yang baik dan benar agar laptop yang kamu miliki tidak mudah rusak dan awet sampai bertahun-tahun. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel