Skip to main content

5 Cara Menghilangkan Panu di Tubuh dengan Bahan Alami

5 Cara Menghilangkan Panu di Tubuh dengan Bahan Alami

Panu adalah penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur (malassezia) yang dapat menimbulkan bercak-bercak berwarna putih, coklat, atau hitam pada bagian kulit yang terinfeksi. Selain itu, penderita juga akan sering merasa gatal-gatal pada bagian yang terinfeksi panu jika sedang melakukan aktifitas yang menimbulkan keringat atau berada di dalam ruangan yang panas.

Penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur malassezia ini sebenarnya tidaklah berbahaya, dan dari dulu sudah banyak di temukan pada kulit manusia. Biasanya, panu mulai tumbuh pada area tubuh yang sering berkeringat seperti leher, punggung, ketiak, perut dan paha. Memang panu pada dasarnya bukan penyakit yang berbahaya, namun jika panu muncul pada bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, tentu akan mengurangi penampilanmu dan bisa membuatmu tidak percaya diri.

Penyebab tumbuhnya panu antara lain:

  • Tingkat kebersihan tubuh yang kurang.
  • Tinggal di daerah yang panas dan lembab.
  • Keringat yang tidak di kontrol.
  • Kulit berminyak.
  • Tertular oleh teman.

Untuk mengobati panu sekarang bisa menggunakan obat-obatan berupa saleb maupun kapsul tertentu yang di jual di apotek. Selain itu kalian juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sudah turun-temurun terbukti dapat menghilangkan panu secara efektif dan cepat. Penasaran apa saja obat panu dengan bahan alami? Silahkan simak uraian berikut ini.

5 Cara Menghilangkan Panu di Tubuh dengan Bahan Alami 

1. Kunyit

Pada kunyit terkandung minyak Volatile yang berguna sebagai anti inflamasi. Selain itu kunyit juga terdapat Curcumin yang merupakan anti oksidasi yang dapat menetralkan radikal bebas. Nah, dengan kedua kandungan yang terdapat di dalam kunyit tersebut, dapat membasmi semua jamur penyebab panu jika dilakukandengan cara yang tepat.

Ada dua cara yang dapat di gunakan yaitu:

  • Potong dan kupas kunyit hingga bersih, lalu usap-usapkan pada bagian yang terinfeksi panu / jamur dan diamkan sekitar 10 menit.
  • Potong dan kupas kunyit lalu tumbuk hingga menjadi halus, oleskan hasil tumbukan kunyit pada bagian tubuh yang terinfeksi panu dan diamkan sekitar 10 menit.
  • Lakukan secara rutin.

2. Lengkuas (Laos)

Bukan hanya sebagai bumbu masakan saja loh, lengkuas / laos juga mempunyai banyak kandungan yang bagus bagi tubuh manusia. Antara lain Vitamin A, Vitamin C, Zat besi, Sodium dan masih banyak lagi lainnya. Karena itu, lengkuas bisa kamu gunakan sebagai obat pemberantas jamur penyebab panu. Caranya sebagai berikut:

  • Ambil lengkuas dan potong-potong menjadi beberapa bagian.
  • Agar hasil lebih maksimal kamu bisa menaburkan sedikit garam di potongan lengkuas.
  • Usapkan potongan lengkuas pada bagian kulit yang terinfeksi panu dan diamkan sekitar 15 menit.
  • Lakukan cara ini secara rutin agar panu cepat hilang.

3. Bawang Putih

Bahan dapur yang satu ini juga bisa kalian gunakan sebagai obat pemberantas jamur panu. Di dalam bawang putih terdapat berbagai kandungan bermanfaat seperti allicin yang berfungsi sebagai zat anti bakteri. Karena kandungan di dalam bawang putih itulah bawang putih sering di sebut anti bakteri, virus, dan jamur. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu::

  • Ambil satu siung bawang putih dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Usapkan secara merata potongan bawang putih ke bagian kulit yang ada panunya.
  • Diamkan beberapa saat lalu bersihkan.
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Belimbing Wuluh

Obat alami panu selanjutnya adalah dengan belimbing wuluh, Dalam blimbing wuluh terdapat asam divat, glukosid, tanin dan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Belimbing wuluh juga memiliki kandungan anti jamur yang bisa kamu manfaatkan untuk membunuh jamur-jamur penyebab panu di kulit kamu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan belimbing wuluh dan potong menjadi 2 bagian.
  • Usapkan potongan belimbing wuluh di bagian kulit yang terkena panu.
  • Diamkan sekitar 10 menit.
  • Lakukan secara teratur.


5. Minyak Kelapa

Obat panu alami yang terakhir adalah minyak kelapa. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu tubuh melawan serangan bakteri, virus, dan jamur. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa menghentikan pertumbuhan jamur. Cara mengobati panu dengan minyak kelapa juga sangat mudah. Kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang ada panunya dan diamkan hingga kering.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan panu dengan bahan alami. Bahan bahan alami di atas bisa kamu temukan dengan mudah dan dengan harga yang cukup murah, bahkan mungkin kamu bisa menemukannya di dapur rumah kamu. Lakukanlah tips di atas secara rutin agar panu bisa cepat hilang.

Jika sudah sembuh, tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, agar terhindar dari jamur dan juga penyakit lainnya. Dan trimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan share melalui tombol sosial media di bawah, agar semakin benyak orang yang tau.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar