2 Cara cek Spesifikasi Laptop dan PC Dengan Mudah

Bagi pengguna laptop atau komputer, mengetahui spesifikasi perangkat yang di gunakannya sebenarnya sangat penting. Agar ketika pengguna ingin menginstall software atau game dapat memastikan apakah spesifikasi laptop dan komputer sudah memenuhi persyaratan minimum software yang akan di install.



Selain itu, melakukan pengecekan spesifikasi juga berguna saat kamu hendak membeli laptop atau komputer baru/bekas. Agar setelah melakukan pembayaran dan membukanya di rumah kamu tidak akan merasa kecewa dengan spesifikasinya.

Bagi sejumlah orang, mengetahui spesifikasi laptop atau komputer terkadang di anggap tidak penting. Mereka sudah cukup puas kalau laptop dan komputer yang mereka miliki masih hidup dan bisa di gunakan dengan normal.

Namun, bagi kalian yang ingin mengetahui spesifikasi laptop atau komputer yang kalian miliki untuk menambah pengetahuan, aku akan memberikan 2 cara melihat / mengecek spesifikasi laptop dan komputer dengan mudah.

Manfaat Mengecek dan Mengetahui Spesifikasi Laptop / Komputer

Ada juga beberapa manfaat yang di dapatkan dari mengecek spesifikasi laptop / komputer yaitu:
  1. Mengetahui sistem operasi yang di gunakan.
  2. Mengetahui model moderboard dan processor.
  3. Mengetahui kapasitas RAM dan juga directX yang di gunakan.
  4. Mengetahui kecepatan dan kekuatan komponen-komponen yang di gunakan seperti processor, RAM dan VGA.
  5. Tidak akan tertipu saat membeli komputer atau laptop baru maupun bekas.


Cara Mengecek Spesifikasi Laptop / Komputer

1. Melalui My Computer

Cara yang pertama untuk mengecek spesifikasi laptop . komputer adalah dengan melalui My Computer. caranya adalah sebagai berkut:
  • Buka My Computer
  • Klik kanan pada mouse lalu pilih Properties, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

2 Cara cek Spesifikasi Laptop dan PC Dengan Mudah
Cara melihat spesifikasi laptop / PC melalui My Komputer
  • Nah, dari gambar di atas kamu sudah bisa melihat beberapa spesifikasi komponen dasar pada laptop / komputer kamu. Jika kamu ingin melihat spesifikasinya lebih detail maka pilih menu Device Manager, kemudian tinggal pilih spesifikasi perangkat apa yang ingin kamu lihat.

2. Melalui DirectX Diagnostic Tools

Cara yang ke dua untuk mengecek spesifikasi laptop / komputer adalah melalui DirectX Diagnostic Tools, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka menu RUN dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard..
  2. Jika sudah terbuka, masukkan kata Dxdiag pada kolom RUN kemudian tekan Enter / Ok.
  3. Kemudian dengan otomatis kamu akan beradi di jendela DirectX Diagnostic Tools.
  4. Perhatikan di bagian atas terdapat pilihan untuk mengecek spesifikasi Sistem, Display, Sound, dan Input. Silahkan pilih yang mana akan kalian lihat spesifikasinya.



Bagaimana, benar-benar simpel dan mudah bukan cara mengecek dan melihat spesifikasi laptop / komputer? Dengan cara di atas kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ke tiga, karena hanya dengan melalui My Computer dan DirectX Diagnostic Tools saja sudah bisa. 

Demikian tutorial kali ini, jika kamu mengalami kesulitan silahkan tulis pertanyaanmu pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di tutorial berikutnya.

0 Response to "2 Cara cek Spesifikasi Laptop dan PC Dengan Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel