Skip to main content

Penyebab Flashdisk Rusak Tidak Terbaca dan Cara Memperbaikinya

penyebab flash disk rusak dan cara mengatasinya
Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data portabel yang dapat di hubungkan melalui port USB komputer. Flashdisk dapat menyimpan data walaupun perangkatnya di cabut dari komputer, asalkan data tersebut sudah di masukan atau di copy ke dalam flashdisk. Ini terjadi karena Flashdisk mempunyai sebuah memori dan controller sehingga dapat menyimpan data secara permanen meskipun user telah memutus hubungan flashdisk dari komputer.

Namun flashdisk juga merupakan benda yang mudah rusak, entah itu karena virus atu karena kesalahan user. Masalah yang sering terjadi pada flashdisk antara lain:flashdisk tidak terbaca, flashdisk tidak bisa di format. Jika kamu mempunyai masalah tersebut ada baiknya jika kamu membaca artikel ini sampai bawah karena aku akan membahas cara memperbaikinya. Namun aku tidak menjamin flashdisk mu kembali normal karena keberhasilan cara ini adalah 50:50,

Baca Juga: Cara cek kecepatan internet melalui CMD

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Memperbaikinya


Sebelum kita membahas cara memperbaikinya lebih baik kita mengetahui penyebab dari kerusakan flashdisk itu sendiri.

1. Port USB Kotor



Jika kamu terbiasa menaruh flashdisk di tempat berdebu bisa saja lubang port USB kamu kotor, ini dapat memicu terjadinya flashdisk tidak terbaca karena aliran listrik terganggu oleh debu dan kotoran. Cobalah membersihkan lubang port USB dengan tisu yang halus dan jangan menggunakan tisu basah itu bisa bertambah buruk.

2. USB Driver Bermasalah



Terkadang masalahnya bukan ada pada Flashdisk namun juga bisa dari Diver USB komputer kamu yang bermasalah, biasanya ini juga menyebabkan flashdisk tidak terbaca oleh komputer. Kamu bisa mengecek Driver USB kamu dengan cara berikut ini:
  1. Tancapkan Flashdisk kamu yang tidak terbaca di komputer
  2. Selanjutnya pada komputer kamu, carilah Device Manager dan buka programnya, untuk mencarinya kamu tinggal ketikan saja Device Manager di kolom search komputer kamu.
  3. Selanjutnya carilah Universal Serial Bus controller lalu buka dan cari perangkat USB Mass Storage Device
  4. Klik kanan pada USB Mass Storage Device dan Uninstal
  5. Cabutlah flashdisk kamu lalu colokkannya lagi dan lihat apakah berhasil atau tidak
  6. jika masih belum berhasil silahkan restart komputer kamu.

3. Menggunakan Software HDD Low Level Format Tool

Jika kamu sudah melakukan cara di atas dan masih belum berhasil cobalah menggunakan software HDD Low Level Format Tool jika memang flashdisk kamu memang benar sulit untuk di perbaiki maka cobalah menformat flashdisk namun efeknya kamu akan kehilangan semua berkas yang ada di dalamnya. Kamu bisa mengunduh softwarenya di sini.

Nah, itu dia beberapa penyebab flashdisk rusak tidak terbaca dan cara memperbaikinya, perlu di ingat bahwa cara tersebut tidak bisa di aplikasikan pada flashdisk yang mengalami rusak fisik parah dan terkena air atau kehujanan. Sekian dari saya dan selamat mencoba, Semoga berhasil!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar